Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan Contoh Perilaku Sikap Kontrol Diri [Mujahadah an-Nafs] dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Apa Hikmah dan Manfaat Perilaku Sikap Kontrol Diri? ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan Jelaskan Contoh Perilaku Sikap Kontrol Diri [Mujahadah an-Nafs] dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Apa Hikmah dan Manfaat Perilaku Sikap Kontrol Diri? ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah.
Contoh Perilaku Mujahadah an-Nafs dalam Kehidupan Sehari-hari dan Manfaat Mujahadah an-Nafs
Pada postingan kali ini, sesuai judulnya kita akan membahas tentang Contoh Perilaku Sikap Kontrol Diri (Mujahadah an-Nafs) dalam Kehidupan serta Hikmah dan Manfaat Perilaku Sikap Kontrol Diri (Mujahadah an-Nafs).

Contoh Perilaku Mujahadah an-Nafs dalam Kehidupan Sehari-hari dan Manfaat Mujahadah an-Nafs

Betapa pentingnya Mujahadah an-Nafs (sikap kontrol diri);dalam kehidupan sehari-hari apalagi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Jika kita mampu mengontrol diri dengan baik maka akan banyak sekali dampak positif yang kita peroleh, bukan hanya dampak positif bagi kita sendiri, namun juga bagi orang lain di sekitar kita.

Contoh Perilaku Mujahadah an-Nafs dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak sekali contoh perilaku atau sikap Mujahadah an-Nafs atau kontrol diri yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, berikut ini adalah contoh-contoh konkrit perilaku kontrol diri dalam kehidupan sehari-hari.

a. Contoh Perilaku Mujahadah an-Nafs Dalam keluarga

1) Mengembangkan pola hidup sederhana, menghindari sifat tabzir (boros) dan israf (berlebih-lebihan)
2) Tidak menciptakan keributan dan pertengkaran dalam keluarga sehingga mengganggu ketenteraman anggota keluarga yang lain
3) Patuh pada nasihat dan perintah orang tua, terutama yang berhubungan dengan perintah agama.

b. Contoh Perilaku Mujahadah an-Nafs Dalam masyarakat

1) Menghindari konflik, menebarkan ukhuwah dan silaturahim dengan orang lain
2) Menghargai perbedaan, toleran serta menghormati orang lain
3) Patuh dan tunduk pada norma dan aturan yang berlaku di masyarakat, baik norma yang tertulis maupun adat istiadat yang berlaku.

c. Contoh Perilaku Mujahadah an-Nafs Dalam lingkungan sekolah

1) Disiplin, patuh dan taat pada aturan serta tata tertib sekolah
2) Menghormati guru dan karyawan sekolah serta menghargai teman
3) Menjaga perilaku hidup sederhana tidak sombong dan tidak gengsi dengan kehidupan dan kondisi serta kemampuan sendiri.

Hikmah dan Manfaat Perilaku Sikap Kontrol Diri

Banyak sekali hikmah dan manfaat Mujahadah an-Nafs atau kontrol diri yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun hikmah dan manfaat dari perilaku dan sikap kontrol diri dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah sebagai berikut ini:
a. Mampu menahan emosi dengan baik
b. Terhindar dari sifat rakus, serakah dan tamak
c. Terhindar dari kesalahpahaman yang tidak perlu
d. Sabar dalam menghadapi musibah dan cobaan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala
e. Mampu bergaul dan bersosialisasi dengan baik di masyarakat

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Contoh Perilaku Sikap Kontrol Diri (Mujahadah an-Nafs) dalam Kehidupan serta Hikmah dan Manfaat Perilaku Sikap Kontrol Diri (Mujahadah an-Nafs). Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Jangan lupa, baca juga:

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan Jelaskan Contoh Perilaku Sikap Kontrol Diri [Mujahadah an-Nafs] dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Apa Hikmah dan Manfaat Perilaku Sikap Kontrol Diri? ~ sekolahmuonline.com"

close