Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan apa Pentingnya Sikap Kontrol Diri [Mujahadah an-Nafs] dalam Kehidupan! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan apa Pentingnya Sikap Kontrol Diri [Mujahadah an-Nafs] dalam Kehidupan! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan pembahasan ringkas, padat, dan jelas tentang Pentingnya Mujahadah an-Nafs (Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari).
Pentingnya Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari
Pengertian Mujahadah an-Nafs (Kontrol Diri) dan Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri (Mujahadah an-Nafs) dalam Kehidupan Sehari-hari sudah kita bahas, kali ini kita akan membahas alasan pentingnya pengendalian diri atau kontrol diri (Mujahadah an-Nafs) bagi seorang muslim.

Dalam Buku PAIBP Kelas X SMA/SMK dijelaskan bahwa Mujahadah an-Nafs atau Kontrol Diri merupakan sikap, tindakan atau perilaku seseorang baik direncanakan maupun spontan untuk mematuhi norma atau aturan yang berlaku di masyarakat.

Pentingnya Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan

Mengendalikan diri termasuk salah satu aspek yang sangat penting dalam mengelola kecerdasan emosi (emotional quotient). Hal ini merupakan sesuatu yang perlu terus dilatih dan dibiasakan mengingat musuh terbesar manusia, bukanlah hal-hal yang terletak di luar dirinya, namun musuh terbesar manusia adalah nafsu dalam dirinya sendiri.

Kontrol diri (Mujahadah an-Nafs) mutlak diperlukan dalam membangun harmonisasi dan kehidupan sosial. Kontrol diri akan menuntun manusia untuk lebih bijaksana, menempatkan seseorang pada posisi yang layak dihormati dan menjauhi tindakan-tindakan agresif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Berikut ini merupakan alasan pentingnya pengendalian diri atau kontrol diri (Mujahadah an-Nafs) bagi seorang muslim, yaitu:

a) Menjaga kehormatan diri

Seseorang dengan sense of dignity atau kepekaan terhadap harga diri dan martabat dirinya yang rendah, biasanya juga memiliki kontrol diri yang rendah.

Seorang yang memiliki martabat yang tinggi, akan menjaga dan mengendalikan setiap tutur kata, perilaku dan tindakannya agar tidak menyakiti orang lain.

Dengan sendirinya, sikap tersebut akan melatih kita untuk menghormati orang lain, dan sebaliknya orang lain pun akan menghormati kita.

b) Terhindar dari perilaku yang dapat merugikan orang lain

Kontrol diri merupakan salah satu cara dari dalam diri seseorang untuk menahan dan mengendalikan keinginan untuk melakukan sesuatu yang dapat berakibat buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Seperti sifat serakah, tamak, rakus dan lain sebagainya.

Apabila seseorang mampu mengendalikan sifat-sifat buruk tersebut, maka ia akan terhindar dari hal-hal yang merugikan.

c) Menyelesaikan segala persoalan dengan pikiran yang jernih

Apabila seorang muslim mampu mengendalikan diri dan mengelola emosi dengan baik, maka ia akan terhindar dari perasaan stress, tertekan dan kesulitan untuk berfikir dengan jernih dan fokus. 

Untuk itulah, pentingnya konsep pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari, agar kita mampu mengelola kecerdasan emosional agar tidak mudah terbawa perasaan dan mampu menyelesaikan semua persoalan yang dihadapi seberat apa pun dengan pikiran yang tenang dan jernih.

d) Menjadi inspirasi dan teladan bagi orang lain

Seseorang dengan kontrol diri yang baik, biasanya akan memiliki emosi yang stabil dalam situasi dan kondisi apa pun.

Seseorang dengan kontrol diri yang baik tetap akan mampu bersikap baik kepada orang yang membencinya, tidak berlebihan dalam menyikapi kegagalan maupun keberhasilannya, menerima dengan lapang dada apa pun yang dialaminya, bersikap tenang meskipun berada di bawah tekanan, serta tidak keberatan untuk meminta maaf terlebih dahulu kepada orang lain.

Sifat seperti itu sangat sulit untuk dilakukan oleh semua orang, sehingga apabila seseorang mampu melakukannya dengan baik, maka hal tersebut tentu saja akan menjadi inspirasi dan teladan bagi orang-orang di sekitarnya.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Pentingnya Mujahadah an-Nafs [Sikap Kontrol Diri] dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Jangan lupa, baca juga:

Posting Komentar untuk "Jelaskan apa Pentingnya Sikap Kontrol Diri [Mujahadah an-Nafs] dalam Kehidupan! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com"

close