Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Bagaimana Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari? [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan Bagaimana Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari? [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan pembahasan ringkas, padat, dan jelas tentang Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari.
Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari

Implementasi Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai makhluk sosial, interaksi antara satu individu dengan individu yang lain tentu saja akan berjalan baik apabila dilandasi dengan nilai-nilai dan ajaran Islam. Sehingga dalam relasi sosial antara satu individu degan individu yang lain, seorang mukmin harus senantiasa mampu mengembangkan sikap kontrol diri agar senantiasa tercipta suasana yang nyaman, aman, saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam Buku PAIBP Kelas X SMA/SMK disebutkan dan dijelaskan beberapa cara untuk menerapkan dan mengimplementasikan sikap kontrol diri dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah cara untuk menerapkan dan mengimplementasikan sikap kontrol diri dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

a) Memikirkan risiko dan akibat dari setiap perbuatan

Seorang mukmin yang baik, akan senantiasa berfikir dan mempertimbangkan akhir dari setiap perbuatannya.

Dengan menahan diri sejenak, berfikir sebelum bertindak, menggunakan logika dan akal sehat untuk memikirkan akibat dari setiap tindakannya, akan membuat seorang mukmin terhindar dari perbuatan yang buruk. Hal ini Sebagaimana sabda Rasulullah Saw berikut ini:

عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللُّٰه عَنْهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللِّٰ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: اِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مَايَتَبَيَّنُ فِيْهَا يَزِلُّ بِهَا فِي النَّارِ اَبْعَدَ مَِّا بَيْنَ الْمَشْرِقِ . - رواه البخاري
Artinya:
Dari Abu Hurairah r.a.,ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba berbicara dengan suatu kata yang tidak dipikir (apakah ia baik atau buruk), sehingga dengan satu kata itu, ia terjerumus ke dalam neraka yang dalamnya lebih jauh daripada jarak antara timur” (H.R. Bukhari)

b) Bersabar dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan

Penerapan sikap kontrol diri dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dengan cara bersabar dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.
Tergesa-gesa adalah salah satu sifat setan, karena merupakan sifat gegabah, kurang berfikir dan hati-hati dalam bertindak.

Sifat tergesa-gesa dan kurang sabar akan menghilangkan ketenangan dan kewibawaan seseorang, mendekatkan pada keburukan dan sangat dekat dengan penyesalan.

c) Memperbanyak zikir kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan setiap muslim secara rutin adalah memperbanyak zikir untuk mengingat Allah Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Zikir adalah salah satu metode untuk meredam konflik dalam jiwa setiap mukmin.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh apabila kita gemar berzikir yaitu semakin mendekatkan diri kepada Allah Allah Subhanahu wa Ta'ala, menenangkan jiwa, menambah pahala serta menyejukkan hati yang sedang gundah, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Q.S. ar-Ra’d/13:28 berikut ini:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللِّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ  تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ 
Artinya:
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala hati menjadi tenteram.

d) Berdoa memohon perlindungan kepada Allah Swt

Salah satu implementasi dari sikap kontrol diri bagi seorang mukmin adalah dengan berdoa memohon kesabaran, ketabahan dan kekuatan kepada Allah Allah Subhanahu wa Ta'ala, supaya senantiasa sanggup menerima dan menghadapi cobaan sesuai dengan kadar kekuatan dengan cara-cara yang dibenarkan oleh syariat.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa menahan amarah dan mengendalikan diri ketika hati sedang bergejolak agar tidak hilang kendali.

Adapun lafal dari doa tersebut adalah:

 اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِي، وَأَعِذْنِي مِنْ مُضِلاتِ الْفِتَنِ
Allahummaghfirlii dzanbii, wa adzhib ghaizha qalbii, wa a'idznii min mudhillaatil fitani

Artinya:
“Yaa Allah, ampunilah dosaku, dan hilangkanlah murka hatiku, dan lindungilah diriku dari kesesatan fitnah”

Bacalah doa tersebut ketika sedang merasa marah, agar tetap dalam lindungan Allah Allah Subhanahu wa Ta'ala dan tidak kehilangan kendali serta dijauhkan dari halhal buruk yang tidak pernah kita inginkan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Jangan lupa, baca juga:

* Catatan:
Doa tersebut diambil dari doa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk isteri beliau Sayyidah 'Aisyah Radhiyallahu 'anha sebagaimana di sebutkan oleh kalemtayeb.com berikut ini:

مأخوذ من دعاء النبي (لعائشة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: ((اللهمَّ اغفرْ لهَا ذنبَهَا، وأذْهبْ غَيْظَ قَلْبِهَا، وأعذْهَا منْ مُضِلاّت الفِتَنْ)) أخرجه ابن عساكر بإسناده في ((الأربعين في مناقب أمهات المؤمنين))، ص 85 عن عائشة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، وقال: ((هذا حديث صحيح حسن، من حديث بقية بن الوليد))، وأخرجه ابن السني بنحوه في عمل اليوم والليلة، برقم 457 ، وفي نسخة أخرى لابن السني قال: ((وأجرني من الشيطان)) بدل: ((من مضلات الفتن))، وانظر تخريجه عند الألباني في الضعيفة، برقم 4207 .

وله شاهد عن أم سلمة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عند أحمد، برقم 26576 ، 44/2 بنحوه، ولفظه: ((قُولي اللَّهُمَّ رَبَّ مُحَمَّد النَّبِيِّ اغْفِرْ لي ذَنْبِي، وَأذْهِبْ غَيْظَ، وَأجِرْنِي منْ مُضِلَّات الْفِتَنِ مَا أحَيْيَتْنَا))، وحسنه الهيثمي في مجمع الزوائد، 10/27 ، وهو عند عبد بن حميد،
ص 443، برقم 1534، والطبراني في المعجم الكبير، 23/338 ، برقم 785 ، والدعوات الكبير للبيهقي، 1/ 485، بدون لفظة: ((ما أحييتنا)).

وله شاهد عن أم هانئ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قالت: يَا رَسُولَ الله عَلِّمْنِي دُعاءَ أدْعُو به، قَالَ: ((قُولي: اللَّهُمَّ اغْفرْ لي ذَنْبِي ...)) الحديث، أخرجه الخرائطي في اعتلال القلوب، برقم 52 ، ومساوئ الأخلاق، برقم، 323 . 

Wallahu a'lam bisshawaab. 

Posting Komentar untuk "Jelaskan Bagaimana Cara untuk Menerapkan dan Mengimplementasikan Sikap Kontrol Diri dalam Kehidupan Sehari-hari? [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com"

close