Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Prakarya dan Kewirausahaan

Contoh Soal Prakarya dan Kewirausahaan

1. Jelaskan pengertian Prakarya dan Kewirausahaan!

Jawaban: 
Prakarya: Prakarya berasal dari istilah pra dan karya, pra mempunyai makna belum dan karya adalah hasil kerja.  Prakarya memiliki pengertian Ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, atau keterampilan tangan. Bahan yang digunakan tersedia secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas.
Prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya atau konsumennya. Satu-satunya penggunanya mungkin si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian sebab yang penting bentuk dasarnya saja. Harga sebuah prakarya ditentukan sangat subyektif sebab belum tahu potensi pasarnya. Prakarya mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreatifitas dan mengembangkan menjadi sebuah inovasi baru.

Kewirausahaan: Kewirausahaan diidentikan dengan entrepreneurship. Kewirausahaan dapat didefinisikan proses kemanusiaan (human process) yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam memahami peluang, mengorganisasi sumber-sumber, mengelola sehingga peluang itu terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan laba atau nilai untuk jangka waktu yang lama. Definisi lain adalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
Kewirausahaan pertama dipopulerkan di Perancis sejak tahun 1990

2. Jelaskan kenapa pembelajaran Kewirausahaan digabungkan dengan pembelajaran Prakarya?!

Jawaban: 
Untuk mendukung keutuhan pemahaman peserta didik, pembelajaran Kewirausahaan digabungkan dengan pembelajaran Prakarya sehingga peserta didik bukan hanya mampu menghasilkan ide kreatif tetapi juga merealisasikannya dalam bentuk purwarupa karya nyata dan dilanjutkan sampai pada kegiatan penciptaan pasar untuk mewujudkan nilai ekonomi dari kegiatan-kegiatan tersebut.


3. Sebutkan nilai-nilai yang dapat dihidupkan melalui Prakarya dan Kewirausahaan!

Jawaban: Percaya Diri, Kreativitas, Tekun, Jujur, Pantang Menyerah, Kerjasama

4. Jelaskan maksud percaya diri dan pantang menyerah dalam nilai-nilai prakarya dan kewirausahaan!

Jawaban: Percaya Diri yaitu Perasaan positif terhadap diri sendiri, dan keyakinan akan kemampuan diri dalam melakukan suatu hal yang didasari atas kemampuan mengevaluasi dan pengenalan terhadap potensi diri sendiri. Kepercayaan diri dibutuhkan untuk memulai kerja dan usaha. Sedangkan Pantang Menyerah Sikap bertahan untuk mencapai tujuan, meski menghadapi tantangan dan kegagalan. Sikap tersebut didasari oleh motivasi dan keinginan yang kuat, serta kepercayaan diri.

5. Jelaskan pengertian wirausaha!
Jawaban:
Wirausaha berasal dari istilah Wira dan Usaha, wira artinya berani, utama, mulia atau sendiri, sedangkan Usaha berarti kegiatan. Wirausaha dapat diartikan sebagai hal-hal yang menyangkut keberanian seseorang untuk melakukan kegiatan secara mandiri. Kegiatan menemukan sampai mewujudkan peluang menjadi usaha yang menghasilkan disebut proses kewirausahaan.
Jadi wirausaha itu merupakan pelaku dari kewirausahaan, yaitu orang yang memiliki kreativitas dan inovatif sehingga mampu menggali dan menemukan peluang dan mewujudkan menjadi usaha yang menghasilkan nilai/laba.

6. Kreatif sangat dibutuhkan dalam kewirausahaan. Sebutkan ciri-ciri orang kreatif!

Jawaban: 

Ciri-ciri orang kreatif adalah:
a. Mandiri.
b. Terbuka terhadap yang baru.
c. Percaya diri.
d. Berani mengambil resiko.
e. Melihat sesuatu dengan tidak biasa.
f.  Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
g. Dapat menerima perbedaan.
h. Objektif dalam berpikir dan bertindak.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Prakarya dan Kewirausahaan"

Memuat...
close