Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK)

Sekolahmuonline - Contoh Soal Bab 1  Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal dan jawabannya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas XII SMA/SMK/MA/MAK kurikulum 2013. Kali ini kami sajikan contoh soal dan jawabannya Bab 1  Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir yang membahas tentang  Makna Iman kepada Hari Akhir, Periode Hari Akhir, Hakekat Beriman kepada Hari Akhir, Hikmah Beriman kepada Hari Akhir, Menyajikan Kaitan antara Beriman kepada Hari Akhir dengan    Perilaku Jujur, Bertanggung Jawab, dan Adil, serta Perilaku Mulia yang Mencerminkan Iman kepada hari Akhir..


1. Jelaskan pengertian hari akhir menurut bahasa dan istilah!

Jawaban:
Hari Akhir menurut bahasa artinya “Hari Penghabisan” (Q.S. al-Baqarāh/2:177), juga disebut “Hari Pembalasan” (Q.S. al-Fātihah/1:4). Adapun menurut istilah, Hari Akhir adalah hari mulai hancurnya alam semesta berikut isinya dan berakhirnya kehidupan semua makhluk Allah Swt. Hari Akhir juga disebut hari Kiamat, yaitu hari penegakan hukum Allah Swt. yang seadil-adilnya

2. Hari Akhir atau Hari Kiamat menurut al-Qur’an dapat dibagi menjadi dua, yaitu Kiamat Sugra dan Kiamat Kubro. Jelaskan masing-masing pengertian dari keduanya serta sebutkan dalilnya!

Jawaban:
Kiamat Sugra (Kiamat Kecil) adalah peristiwa datangnya kematian bagi semua makhluk termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu. Firman Allah Swt. dalam Q.S. ²li Imrãn/3:185:
Artinya:  “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu, barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”.

Kiamat Kubra (Kiamat Besar) Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak. Proses terjadinya hari kiamat tersebut dijelaskan  oleh Allah Swt. dalam banyak ayat, di antaranya dalam Q.S. at-Takwír/81:1-3: 
Artinya:  “Apabila matahari digulung, apabila bintang-bintang berjatuhan, dan apabila gunung-gunung dihancurkan”.
Dalam Q.S. az-Zalzalah/99:1-5 dijelaskan peristiwa terjadinya kiamat dimulai dengan datangnya gempa yang sangat dahsyat. Dalam Q.S. al-Qari’ah/101:1-5 dijelaskan keadaan manusia bagaikan anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunung bagai bulu yang dihamburhamburkan

3. Jelaskan pengertian alam Barzakh! Apa yang diperlihatakan dalam alam Barzakh?

Jawaban:
Sebelum terjadi hari kiamat, mereka yang telah mati mengalami proses awal kehidupan akhirat yang disebut alam barzakh (Q.S. arRµm/30:55-56). Barzakh adalah alam yang menjadi batas antara alam dunia dan alam akhirat. Pada masa itu roh manusia sudah menyadari akan kebenaran janji Allah Swt. (Q.S. al-Mu’minµn/23:99-100), bahkan kepada mereka yang jahat sudah diperlihatkan Neraka dan siksaannya (Q.S. al-Mu’min/40:45-46). 

4. Sebutkan peristiwa-peristiwa yang harus diimani yang akan terjadi sesudah mati!

Jawaban:
Peristiwa-peristiwa yang harus diimani yang akan terjadi sesudah mati antara lain sebagai berikut. 1) Fitnah kubur,  yaitu beragam pertanyaan yang diajukan kepada orang yang meninggal tentang Tuhannya, agamanya, nabinya, imannya, dan kiblatnya. 2) Siksa dan nikmat kubur: siksa kubur diperuntukkan bagi orang yang zalim, munafik, kafir, dan musyrik (Q.S. al-An’ām/6:93, Q.S. alMu’min/40:46, Q.S. Fu¡¡ilat/41:30, Q.S. al-Ahqāf/46:83-89). “Nikmat kubur diperuntukkan bagi orang yang baik amal ibadahnya di dunia” (Q.S. ²li ’Imr±n/3:169-170 dan Q.S. al-Baqarah/2:154).

5. Soal dan jawaban berikutnya dapat anda baca pada tautan berikut ini:

Soal dan Jawabannya PAIBP Kelas 12 Iman kepada Hari Akhir

Lengkap Soal PAIBP Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 (Kurtilas/K13) semua Bab silakan baca pada postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Mei Inarti
Mei Inarti Seorang Guru Sekolah dan Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Bab 1 Semangat Beribadah dengan Meyakini Hari Akhir (PAIBP Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK)"

close