Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting kembali untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang duduk di kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rangkuman IPA Kelas IX kali ini tentang Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan. Selamat membaca dan mempelajari.
Rangkuman IPA Kelas 9 SMP dan MTs Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan

Oh, ya. Perlu pembaca semua ketahui, bahwa Bab Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan meliputi beberapa pembahasan, diantaranya tentang Peranan Tanah dan Organisme Tanah bagi Keberlangsungan Kehidupan (Peranan Tanah, Peran Organisme Tanah) dan Proses Pembentukan Tanah dan Komponen Penyusun Tanah.

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Oke, berikut ini Rangkuman IPA Kelas IX SMP/MTs Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan 

- Tanah berperan penting bagi tumbuhan dan hewan. Tanah menyediakan nutrisi bagi tumbuhan. Tanah merupakan habitat beberapa organisme seperti cacing, serangga, jamur, alga, dan mikroorganisme. Tanah juga merupakan penunjang kesehatan dan penyedia keperluan manusia serta penyedia air di bumi.

- Organisme tanah berperan sebagai pengurai bahan-bahan organik, mengatur kegemburan, tekstur tanah, dan kesuburan tanah.

- Tekstur tanah merupakan besar kecilnya ukuran partikel yang menyusun tanah. Tekstur tanah juga merupakan ukuran proporsi relatif berbagai ukuran partikel yang menyusun suatu tanah. 

- Tanah memiliki ukuran partikel yang berbeda-beda, oleh karena itu kita mengolongkan tanah menjadi beberapa jenis tanah seperti tanah lempung, tanah liat, dan pasir, ataupun tanah campuran dari ketiganya.

- Tanah adalah bagian permukaan bumi yang merupakan tempat tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan serta tempat hidupnya berbagai jenis hewan dan mikroorganisme. Tanah terbentuk dari pelapukan batuan secara biologis, fisika, dan kimiawi.

- Komponen tanah berupa batuan, udara, air, humus, mineral, dan komponen organik.

- Tanah tersusun atas lapisan-lapisan tanah yaitu horizon A yang paling atas yang paling banyak terdapat banyak zat organik, horizon B, dan horizon C.

- Tanah dapat kehilangan kandungan mineral dan nutrisi akibat beberapa kejadian alam seperti hujan dan banjir.

- Upaya untuk menjaga agar tanah tidak kehilangan nutrisinya diantaranya adalah dengan reboisasi dan terasiring

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 10 Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)"

Memuat...
close