Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 7 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 7 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting kembali untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang duduk di kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rangkuman IPA Kelas IX kali ini tentang Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup. Selamat membaca dan mempelajari.
DNA, Rangkuman IPA Kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 7 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Oh, ya. Perlu pembaca semua ketahui, bahwa pada Bab Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup meliputi beberapa pembahasan, diantaranya tentang Molekul yang Mendasari Pewarisan Sifat (Materi Genetik, Struktur DNA dan RNA, Peranan Materi Genetik dalam Penentuan Sifat), Hukum Pewarisan Sifat (Persilangan Monohibrid, Persilangan Dihibrid), Pewarisan Sifat-Sifat pada Manusia (Warna Kulit, Bentuk Pertumbuhan Rambut pada Dahi, Tipe Perlekatan Cuping Telinga, Bentuk Rambut), Kelainan Sifat pada Manusia yang Diturunkan (Albino, Buta Warna, Hemofilia, Kanker), dan Penerapan Pewarisan Sifat dalam Pemuliaan Makhluk Hidup (Pewarisan Sifat dalam Pemuliaan Tumbuhan, Pewarisan Sifat dalam Pemuliaan Hewan)

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 7 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Oke, berikut ini rangkuman singkat IPA Kelas IX SMP/MTs Bab 7 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup 

- Gen merupakan serangkaian rantai senyawa DNA (deoxyribonucleic acid) yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat dari induk kepada keturunannya.

- Hukum pewarisan sifat berhasil ditemukan oleh Gregor Mendel melalui percobaan menggunakan kacang kapri. Mendel menemukan proses segregasi (pemisahan) dan asortasi pada sistem pewarisan sifat yang menyebabkan keanekaragaman dari makhluk yang ada dimuka bumi.

- Pewarisan pada manusia berkaitan dengan penentuan jenis ke1amin, ciri fisik, penentuan jenis golongan darah, dan beberapa jenis penyakit yang ikut diturunkan dalam proses pewarisan seperti, buta warna dan hemofilia.

- Genetika berperan penting dalam membantu manusia menyingkap masalah penyediaan bahan pangan. Penerapan genetika memungkinkan manusia untuk merakit bibit unggul pada bidang pertanian dan peternakan, sehingga dapat menghasilkan bahan pangan yang diperlukan manusia..

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman IPA Kelas 9 SMP/MTs Bab 7 Pewarisan Sifat pada Makhluk HidupSemoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 7 Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)"

Memuat...
close