Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang duduk di kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rangkuman kali ini tentang Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi. Selamat membaca dan mempelajari.
Baca juga:

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

1. Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan dapat menarik benda lain. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama bila didekatkan akan saling tarik-menarik.

2. Lobster duri, bakteri, merpati, elang, salmon, dan penyu laut memanfaatkan prinsip medan magnet bumi untuk navigasi, menghindari predator, dan mencari mangsa.

3. Gaya magnet ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik seperti elektron dan proton (partikel elementer penyusun magnet). 

4. Berdasarkan kekuatan magnet untuk menarik benda, bahan magnet dibagi menjadi tiga, yaitu feromagnetik, diamagnetik, dan paramagnetik. 

5. Magnet dapat dibuat dengan cara menggosok, induksi (mendekatkan), dan induksi elektromagnetik.

6. Sifat kemagnetan bahan dapat dihilangkan dengan cara memukul-mukul, memanaskan, dan meliliti magnet dengan 
arus searah atau AC. Pada prinsipnya, sifat kemagnetan dapat dihilangkan dengan cara mengacak arah magnet elementer.

7. Bumi adalah magnet raksasa. Sama seperti magnet lainnya, bumi memiliki kutub utara dan selatan. Kutub utara magnet bumi berada di kutub selatan bumi, dan kutub selatan magnet bumi berada di kutub utara bumi.

8. Interaksi kawat berarus dalam sebuah medan magnet akan menghasilkan gaya, yang disebut sebagai gaya Lorentz. Besarnya gaya Lorentz tersebut dipengaruhi oleh besarnya kuat medan magnet, arus listrik, dan panjang kawat. Contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari adalah motor listrik, bel listrik, relai, dan telepon kawat.

9. Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet yang mampu menghasilkan listrik. Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah generator, dinamo AC/DC, dan transformator.

10. Transformator adalah alat yang digunakan untuk merubah besar tegangan listrik. Berdasarkan penggunaanya, transformator dibagi menjadi dua jenis, yaitu trasformator step down dan transformator step up. Transformator step down berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik, sedangkan transformator step up berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik. 

11. Perhitungan efisiensi trafo (n) yang tidak ideal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rumus:

12. Prinsip elektromagnetik diterapkan dalam teknologi sebagai pendeteksi penyakit dalam tubuh manusia tanpa melalui prosedur pembedahan atau MRI (Magnetic Resonance Imaging), kereta maglev, dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman IPA Kelas 9 SMP/MTs Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk TeknologiSemoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)"

Memuat...
close