Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting kembali untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang duduk di kelas 9 SMP dan MTs, Rangkuman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rangkuman IPA Kelas IX kali ini tentang Teknologi Ramah Lingkungan. Selamat membaca dan mempelajari.
Rangkuman IPA Kelas IX SMP/MTs , Rangkuman IPA Kelas 9 SMP/MTs Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan

Oh, ya. Perlu pembaca semua ketahui, bahwa Bab Teknologi Ramah Lingkungan meliputi beberapa pembahasan, diantaranya tentang Pengertian dan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan, Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan (Bidang Energi, Bidang Transportasi, Bidang Lingkungan, Bidang Industri), Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian, Teknologi Tidak Ramah Lingkungan (Teknologi Pengolahan Minyak Bumi, Teknologi Pengolahan Batu Bara).

Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Oke, berikut ini Rangkuman IPA Kelas IX SMP/MTs Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan 

- Berdasarkan dampaknya terhadap lingkungan, teknologi dapat dibagi menjadi dua yaitu teknologi tidak ramah lingkungan dan teknologi ramah lingkungan. 

- Teknologi ramah lingkungan merupakan bentuk aplikasi teknologi dengan tujuan memberi kemudahan bagi aktivitas dan pemenuhan kebutuhan manusia dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Beberapa prinsip teknologi ini di antaranya adalah tidak menghasilkan limbah yang berbahaya serta menggunakan energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

- Teknologi ramah lingkungan dapat diaplikasikan pada beberapa bidang kehidupan diantaranya adalah bidang energi, bidang lingkungan, bidang industri, bidang rumah tangga, dan lainnya.

- Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi antara lain teknologi biofuel, biogas, sel surya, dan pembangkit listrik tenaga air, tenaga pasang surut air laut, tenaga angin, geotermal, fuel cell, dan hydrogen power.

- Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang lingkungan biopori, fitoremediasi, teknologi toilet pengompos, dan teknologi pemurnian air.

- Contoh teknologi ramah lingkungan dalam bidang transportasi, misalnya kendaraan hidrogen, bus surya, mobil listrik. 
- Contoh teknologi ramah lingkungan di bidang industri adalah biopulping. 

- Teknologi tidak ramah lingkungan pada umumnya menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi atau batubara. Selain itu teknologi tidak ramah lingkungan juga kurang memperhatikan kelestarian lingkungan. 

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)Semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya, cukup dengan mengklik tombol share sosial media yang ada di bawah ini. Bisa lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, dan yang lainnya. Semua kami sajikan gratis untuk memudahkan anak-anak Indonesia dalam belajar. Selamat belajar, semoga bangsa Indonesia semakin maju dengan memiliki generasi yang rajin belajar dan punya keterampilan atau skill yang baik.

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPA Kelas 9 Bab 9 Teknologi Ramah Lingkungan (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)"

Memuat...
close