Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 10 Bab 10 Narkoba Lengkap dengan Jawabannya ~ Sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 10 Bab 10 Narkoba Lengkap dengan Jawabannya ~ Sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah contoh soal pilihan ganda mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas X (PJOK Kelas 10) SMA, MA, SMK, MAK Bab 10 yang membahas tentang Narkoba.

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 10 Bab 10 Narkoba Lengkap dengan Jawabannya

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Yang belum membaca Contoh Soal Pilihan Ganda Bab 9 tentang Pergaulan Sehat, silahkan dibaca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 10 Bab 10 Narkoba Lengkap dengan Jawabannya

Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 10 Bab 10 Narkoba

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Semua zat kecuali makanan, air atau oksigen yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat mengubah fungsi tubuh secara fisik dan atau psikologis. Hal tersebut merupakan pengertian narkoba menurut.... 
A. WFH 
B. PBB 
C. UNESCO 
D. WHO 
E. UNICEF

Jawaban: 

2. Fulan adalah anak yang remaja yang sedang duduk dikelas XI di sebuah sekolah ternama. Suatu ketika Fulan ditemukan tidak sadarkan diri dengan sebuah barang semua berbentuk serbuk putih seperti terigu. Berdasarkan bentuk barangnya, jenis narkoba apa yang Fulan salah gunakan? 
A. Putaw. 
B. Ganja. 
C. Kokain. 
D. Honk. 
E. Morphin.

Jawaban: A

3. Dibawah ini yang bukan merupakan jenis –jenis narkoba berdasarkan efekmya menimbulkan efek stimulan adalah.... 
A. kokain 
B. ganja
C. kafein 
D. amphethamin 
E. ekstasi

Jawaban: B

4. Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan. Merupakan definisi dari.... 
A. narkotika  
B. psikotropika 
C. narkoba 
D. zat adiktif 
E. zat antibodi

Jawaban: A

5. zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Merupakan  
definisi dari.... 
A. narkotika  
B. psikotropika 
C. narkoba 
D. zat adiktif 
E. zat depresan

Jawaban: B

6. Jika seorang bernama Fulan yang sudah terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba, saat proses masa rehabilitasi Fulan sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.
Berdasarkan dampak dari bahaya penyalahhgunaan narkoba, termasuk dari dampak…. 
A. fisik 
B. psikis  
C. sosial 
D. etika 
E. kebugaran

Jawaban: A

7. Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram. Merupakan bahaya penyalahgunaan narkoba dari dampak.... 
A. fisik 
B. psikis  
C. sosial 
D. etika 
E. kebugaran

Jawaban: C

8. Dalam kehidupan sehari – hari, kalian akan bersosialisasi dengan banyak orang.  
Untuk menjaga diri dari penyalahgunaan narkoba, maka kiat – kiat menghindari penyalahgunaan narkoba dibawah ini yang paling tepat adalah.... 
A. bergaul dengan anggota geng motor 
B. selalu nongkrong/berkumpul pulang larut malam  
C. aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang tidak bermanfaat  
D. turut aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat  
E. menghindari aktivitas fisik berat

Jawaban: D

9. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat sesuai dengan kiat-kiat menghindari diri dari penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah? 
A. Mencoba-coba hal baru yang negatif. 
B. Rajin bolos sekolah. 
C. Aktif dalam kegiatan OSIS dan esktrakurikuler. 
D. Pulang sekolah selalu larut malam. 
E. Berbakti kepada kedua orangtua.

Jawaban: C

10. Salah satu usaha untuk menghindari penggunaan narkoba adalah…. 
A. membatasi pergaulan  
B. acuh dengan pendidikan agama  
C. berteman dengan geng motor 
D. sering tidak masuk sekolah 
E. rajin membaca

Jawaban: A

Pembahasan Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 10 Bab 10 Narkoba

1. WHO (World Health Organization ) adalah salah satu badan PBB yang bertindak  sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss.

2. Putaw merupakan narkoba jenis depresan, yaitu menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. Bila kelebihan dosis bisa mengakibatkan kematian.

3. Stimulan, merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Jenis stimulan: Kafein, Kokain, Amphetamin. Contoh yang sekarang sering dipakai adalah shabu-shabu dan Ekstasi.

4. (dan nomor 5)  
Narkotika termasuk ke dalam golongan narkoba yang sangat berbahaya bagi tubuh. 

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan.

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Zat adiktif lainnya/obat berbahaya adalah bahan lain dan obat bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan,  yakni keinginan menggunakan kembali secara terus menerus. Apabila dihentikan akan timbul efek putus zat, di antaranya rasa sakit atau lelah yang luar biasa.

6. Dampak fisik akibat penyalahgunaan narkoba diantaranya adalah gangguan  sistem saraf, gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan pada kulit, gangguan pada paru-paru, sakit kepala, mual-mual, muntah, murus, pengecilan hati, sulit tidur, gangguan kesehatan reproduksi, resiko tertular hepatisis, resiko tertular HIV, over dosis.

7. Dampak penyalahgunaan narkoba diantaranya dampak sosial, yaitu: Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan, merepotkan dan menjadi beban keluarga, pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram.

8. (9 dan 10) Kiat-kiat menghindari penyalahgunaan narkoba adalah mempererat diri dengan keimanan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur, membiasakan diri berpola hidup sehat, menolak bujukan, belajar sungguh-sungguh, mengisi waktu luang dengan megiatan yang bermanfaat.

1 komentar untuk "Soal Pilihan Ganda PJOK Kelas 10 Bab 10 Narkoba Lengkap dengan Jawabannya ~ Sekolahmuonline.com"

Memuat...