Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Pilihan Ganda PPKn Kelas 11 Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda PPKn Kelas 11 Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia. Soal berikut ini adalah Soal PPKn Kelas 11 Bab 2 Bagian Pertama (Part 1).
Soal PPKn Kelas XI Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia [Part 1]


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia membahas empat Kegiatan Pembelajaran. Kegiatan Pembelajaran Pertama membahas tentang Hakikat Demokrasi. Pembelajaran Kedua membahas tentang Klasifikasi Demokrasi. Kegiatan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Pengertian dan Prinsip Demokrasi Pancasila. Sedangkan Kegiatan Pembelajaran  Keempat membahas tentang Dinamika Demokrasi di Indonesia.

Agar tidak terlalu panjang sekali, Sekolahmuonline sajikan soal-soal PPKn Kelas 11 Bab 2 menjadi tiga bagian. Bagian Pertama (Part 1) menyajikan soal-soal pembahasan Pembelajaran Pertama dan Kedua. Bagian Kedua (Part 2) berisi soal-soal Kegiatan Pembelajaran Ketiga dan Keempat. Sedangkan Bagian Ketiga (Part 3) menyajikan Soal-soal Pilihan Ganda Evaluasi dari keempat kegiatan pembelajaran tersebut di atas yang dilengkapi dengan soal Essay atau Uraian. Soal kami himpun dari Modul PJJ PPKn Kelas 11 dengan dibuat lebih memudahkan dalam belajar secara mandiri.

Soal PPKn Kelas XI Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia [Part 1]

Berikut ini adalah soal Bagian Pertama (Part 1) yang membahas Kegiatan Pembelajaran Pertama tentang Hakikat Demokrasi dan Kegiatan Pembelajaran Kedua tentang Klasifikasi Demokrasi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “demos” dan “kratos”’ yang artinya….
A. kekuasaan negara
B. kekuasaan pemerintah
C. pemerintahan rakyat
D. pemerintahan berdaulat
E. pemerintahan dalam arti luas

Jawaban: C

Pembahasan:
Istilah demokrasi berasal dari bahasa yunani demos yang berarti rakyat dan kratos/cratein yang artinya pemerintahan. Dalam arti sederhana demokrasi dapat diartikan dengan pemerintahan oleh rakyat. Menurut Abraham Lincoln, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat , oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam pengertian yang lebih kompleks demokrasi berarti suatu sistem pemerintahan yang mengabdi kepada kepentingan rakyat dengan tanpa memandang partisipasi mereka dalam kehidupan politik, sementara pengisian jabatan-jabatan publik dilakukan dengan dukungan suara rakyat dan mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih

2. Perhatikan hal-hal di bawah ini 
1. Pemerintahan berdasarkan kehendak dan kepentingan umum ( rakyat )
2. Adanya pemisahan atau pembagian kekuasaan
3. Adanya pertanggungjawaban oleh pelaksana pemerintahan / eksekutif
4. Kekuasaan mayoritas
5. Tirani minoritas 

Pemerintahan yang baik adalah yang demokratis. Adapun Ciri-ciri pokok pemerintahan yang demokratis ditujukan oleh nomor..
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4.
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 3, dan 4
E. 2, 3, dan 5

Jawaban: A

Pembahasan:
Ciri – ciri pokok pemerintahan yang demokratis, yaitu :
1. Pemerintahan berdasarkan kehendak dan kepentingan umum ( rakyat )
2. Adanya pemisahan atau pembagian kekuasaan
3. Adanya pertanggungjawaban oleh pelaksana pemerintahan / eksekutif

3. Prinsip-prinsip demokrasi yang berlaku universal, yaitu mencakup ….
A. keterlibatan warga negara dalam pembuatan keputusan, 
B. tingkat perbedaan tertentu diantara warga negara, 
C. tidak adanya bebasan atau kemerdekaan tertentu yang diakui dan dipakai oleh para warga negara, 
D. penegakan hukum yang sepihak 
E. pemilu yang bersifat tertutup

Jawaban: A

Pembahasan:
Prinsip-prinsip demokrasi yang berlaku universal, yaitu mencakup: keterlibatan warga negara dalam pembuatan keputusan, tingkat persamaan/kesetaraan tertentu diantara warga negara, tingkat kebebasan atau kemerdekaan tertentu yang diakui dan dipakai oleh para warga negara, penghormatan terhadap supremasi hukum, dan pemilu berkala. 

4. Demokrasi yang diterapkan di setiap negara berbeda-beda disebabkan oleh faktor-faktor berikut, kecuali….
A. ideologi
B. latar belakang sejarah bangsa
C. budaya
D. jumlah penduduk
E. kehidupan sosial ekonomi

Jawaban: D

Pembahasan:
Hampir semua negara di dunia menyatakan dirinya sebagai negara yang demokratis, ini berarti pada setiap negara berupaya mengedepankan rakyat sebagai elemen utama dalam pemerintahan, walaupun dalam kenyataan pengertian demokrasi dapat diterjemahkan berbeda-beda pada setiap negara, tergantung pada ideologi, latar belakang sejarah bangsa, kehidupan sosial dan ekonomi maupun kultur atau budaya yang melatarbelakanginya. Tengok saja pelaksanaan demokrasi di negara kita Indonesia tentu akan berbeda dengan demokrasi yang diterapkan pada negara China maupun negara lainnya. Hal ini bergantung pada ideologi yang mendasari negara ataupun karena budaya yang berbeda.

5. Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan dan pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia merupakan….
A. asas demokrasi
B. ciri demokrasi
C. pengertian demokrasi
D. proses demokratisasi
E. bentuk demokrasi

Jawaban: A

Pembahasan:
Dalam pemerintahan yang demokratis diterapkan asas- asas demokrasi, adapun asas ada 2, yaitu :
- Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan
Adanya jaminan terhadap rakyat untuk dapat berpartisipasi didalam menentukan kebijakan negara dengan perlindungan hukum berupa perundang-undangan yang berlaku. Jadi rakyat dapat ikut berperan sesuai status dan kompetensi masing-masing dengan batasan-batasan peraturan yang berlaku.

- Pengakuan harkat dan martabat manusia
Jaminan hukum terhadap pelaksanaan hak asasi manusia juga terdapat di konstitusi, yaitu pasal 27 s/d 34 UUD 1945 dan peraturan-peraturan pelaksana lainnya

6. Dipandang dari penyaluran aspirasi rakyat, demokrasi terbagi atas ...
A. Langsung dan tidak langsung 
B. Positif dan negatif
C. Formal dan material
D. Gabungan dan individu
E. Umum dan khusus

Jawaban: A

Pembahasan:
Klasifikasi demokrasi menurut cara penyaluran kehendak rakyat , demokrasi dibedakan atas :
A. Demokrasi langsung 
Rakyatnya secara langsung dalam menentukan kebijakan negara.
B. Tidak langsung
Demokrasi yang dilakukan melalui sistem perwakilan, artinya rakyat untuk dapat ikut serta dalam menentukan kebijakan negara tidak dilakukan secara langsung melainkan melalui wakil-wakil yang telah mereka pilih dalam pemilu

7. Atas dasar ideologi, terdapat dua macam bentuk demokrasi Negara Korea Utara menganut ideologi yang bersifat tertutup yakni…
A. fasis
B. sosialis
C. liberal
D. komunis
E. Pancasila

Jawaban: D

Pembahasan:
Atas dasar ideologi, terdapat dua macam bentuk demokrasi :
A. Demokrasi konstitusional ( demokrasi liberal )
Demokrasi konstitusional atau demokrasi liberal adalah demokrasi yang mengedepankan kebebasan atau individualisme. Ciri khas demokrasi konstitusional adalah kekuasaan pemerintahannya terbatas dan tidak diperkenankan banyak campur tangan dan bertindak sewenang-wenang terhadap warganya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.

B. Demokrasi rakyat (demokrasi komunis)
Demokrasi rakyat disebut juga demokrasi proletar yang berhaluan marxisme-komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan yang tidak mengenal kelas sosial. Manusia dibebaskan dari keterikatannya kepada pemilikan pribadi tanpa ada penindasan serta paksaan. Akan tetapi, untuk mencapai masyarakat tersebut, apabila diperlukan, dapat dilakukan dengan cara paksa atau kekerasan. Menurut Mr. Kranenburgdemokrasi rakyat lebih mendewakan pemimpin. Sementara menurut pandangan Miriam Budiardjo, komunisme tidak hanya merupakan sistem politik, tetapi juga mencerminkan gaya hidup yang berdasarkan nilai-nilai tertentu. Negara merupakan alat untuk mencapai komunisme dan kekerasaan dipandang sebagai alat yang sah.

8. Berdasar titik berat yang menjadi perhatiannya demokrasi dapat dibedakan atas..
A. Formal, material, gabungan
B. Langsung dan tidak langsung
C. Konstitusional dan rakyat
D. Terbuka dan tertutup
E. Umum dan khusus

Jawaban: A

Pembahasan:
Berdasar titik berat yang menjadi perhatiannya demokrasi dapat dibedakan atas:
A. Demokrasi Formal (negara-negara liberal)
Yaitu suatu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik, tanpa disertai upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi. Dalam demokrasi formal, semua orang dianggap memiliki derajat dan hak yang sama. Negara yang menerapkan demokrasi ini pada umumnya adalah negara-negara Barat, seperti: Amerika, Inggris, Belanda, Kanada, Swiss, Australia, Selandia Baru, dan sebagainya.

B. Demokrasi Material (negara-negara komunis)
Yaitu demokrasi yang dititikberatkan pada upaya menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan dalam bidang politik kurang diperhatikan bahkan kadangkadang dihilangkan. Usaha untuk mengurangi perbedaan di bidang ekonomi dilakukan oleh partai penguasa dengan mengatasnamakan negara, dimana segala sesuatu sebagai hak milik negara dan hak milik pribadi tidak diakui. Negara yang menganut demokrasi ini adalah : RRC, Korea Utara, Rusia.

C. Demokrasi Gabungan (negara-negara non blok)
Yaitu demokrasi yang mengambil dan menggabungkan kebaikan serta membuang keburukan demorasi formal dan demokrasi material. Persamaan derajat dan hak setiap orang diakui, tetapi demi kesejahteraan, seluruh aktivitas rakyat dibatasi. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk kesejahteraan rakyat, jangan sampai menghilangkan persamaan derajat dan hak asasi manusia. Negara yang menganut demokrasi gabungan adalah: Yugoslavia, Mesir, Zambia, Aljazair, Sri Lanka, India, Zimbabwe, Indonesia, Kolombia, Afrika Selatan dan Malaysia.

9. Setiap negara demokrasi harus memenuhi 2 asas pokok, yaitu pengakuan partisipasi rakyat di dalam pemerintahan dan ….
A. tanggap terhadap kepentingan bersama
B. pengakuan harkat dan martabat manusia
C. tidak diskriminasi terhadap warga negaranya
D. memiliki wakil-wakil rakyat dalam pemerintahan
E. memiliki undang-undang dan badan penegak hukum

Jawaban: B

Pembahasan:
Setiap negara demokrasi harus memenuhi 2 asas pokok, yaitu pengakuan partisipasi rakyat di dalam pemerintahan dan tanggap terhadap kepentingan bersama.

Demokrasi memiliki dua asas, yaitu : pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan dan pengakuan harkat dan martabat manusia

10. Perbedaan ideologi Pancasila dengan liberalisme di bidang politik adalah Pancasila mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban, sementara liberalisme mengutamakan....
A. persamaan pendapat dan oposisi yang bersifat liberal
B. kepentingan masyarakat dan kebebasan individu
C. kebebasan parpol dan pembatasan parpol
D. sistem banyak partai dan sistem dua partai
E. sistem presidensial dan sistem parlementer

Jawaban: B

Pembahasan:
Perbedaan ideologi Pancasila dengan liberalisme di bidang politik adalah Pancasila mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban, sementara liberalisme mengutamakan kepentingan masyarakat dan kebebasan individu

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Pertama (Part 1) dari contoh soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

1 komentar untuk "Soal Pilihan Ganda PPKn Kelas 11 Bab 2 Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia + Kunci Jawabannya [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

close