Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal PTS/UTS Ganjil Prakarya (Aspek Kerajinan) Kelas 9 SMP/MTs + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com

Soal PTS/UTS Ganjil Prakarya (Aspek Kerajinan) Kelas 9 SMP/MTs + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan kembali contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semester (UTS) ganjil kelas 9 SMP dan MTs. Soal PTS/UTS kali ini membahas Soal-soal Prakarya (Aspek Kerajinan) kelas 9 semester 1 (semester ganjil/gasal).
Soal PTS/UTS Prakarya dibawah ini mencakup dua bab pembelajaran. Pembelajaran 1 tentang Jenis, Karakter, dan Teknik Kerajinan Bahan Campuran. Sedangkan Pembelajaran 2 tentang Perancangan Kerajinan Bahan Campuran. Soal kali himpun dan kami olah dari Modul PJJ Prakarya (Aspek Kerajinan) Kelas 9. Selamat membaca dan mempelajari, semoga bermanfaat.

NB: Jawaban Soal Pilihan Ganda (PG) ada di akhir soal PG

A. Soal Pilihan Ganda PTS/UTS Ganjil Prakarya (Aspek Kerajinan) Kelas 9 SMP/MTs


Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Salah satu tanda yang dapat dikenali dari gambar botol di atas adalah…. 
A. Warna dan bahan 
B. Bahan dan teknik 
C. Bentuk dan warna 
D. Teknik dan tampilan 

2. Yang dimaksud kerajinan bahan campuran adalah…. 
A. kerajinan yang dibuat dari dua jenis bahan yang berbeda 
B. kerajinan yang dicampur dengan berbagai bahan 
C. kerajinan yang dibuat dengan satu jenis bahan 
D. kerajinan yang dibuat dengan alat yang berbeda 
 
3. Pembuatan kerajinan untuk bahan campuran sebaiknya menggunakan berapa teknik…. 
A. Satu teknik pembentukan 
B. Lebih dari satu teknik yang sesuai 
C. Semua teknik bisa digunakan 
D. Manual dan masinal 

4. Bahan lunak sebagai bahan kerajinan dapat dibentuk menggunakan teknik…. 
A. konstruksi 
B. skrol 
C. sambung 
D. pilin 

5. Produk kerajinan harus mengutamakan nilai praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan disebut…. 
A. aesthetic/Estetika, 
B. utility/kegunaan 
C. comfortable/kenyamanan 
D. fleksibility/keluwesan 

6. Benda kerajinan selain memiliki nilai kenyamanan juga harus memiliki daya Tarik yang disebut…. 
A. safety/keamanan 
B. comfortable/kenyamanan 
C. fleksibility/keluwesan 
D. aesthetic/keindahan 

7. Dalam langkah merancang desain ada tahapan revisi produk maksudnya adalah…. 
A. menilai produk 
B. memperbaiki produk 
C. menjual produk 
D. mengemas produk 

8. Yang dimaksud dengan sketsa alternative dalam langkah perancangan desain kerajinan adalah…. 
A. membuat goresan bentuk produk 
B. membuat gambar produk jadi 
C. membuat kemasan produk 
D. membuat label pada produk 

9. Perhatikan gambar berikut ini dan tentukan bahan pa yang digunakan….
A. plastik
B. semen
C. kayu
D. bambu

10.Produk kerajinan seperti topeng, wayang klitik, wayang goleh dibuat dengan teknik…. 
A. ukir 
B. raut 
C. skrol 
D. cukil 

Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
 
1. C 
2. A 
3. B 
4. D 
5. B 
6. D 
7. B 
8. A 
9. C 
10. D

B. Soal Essay PTS/UTS Ganjil Prakarya (Aspek Kerajinan) Kelas 9 SMP/MTs


1. Jenis bahan campuran atau mixed media untuk produk kerajinan banyak sekali ragamnya. Bahan tersebut dapat berbentuk bahan alami atau bahan buatan atau bahan organik dan anorganik. 
Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahan alam (organik) dan bahan buatan (anorganik)!

Jawaban:
- Bahan alam atau organic adalah bahan yang langsung dipungut dari alam seperti kayu, bambu, batu, kerang, tanah liat, kulit binatang, daun, bunga, buah, ranting, tempurung, dan sebagainya.
Bahan alami ini memiliki keunikan pada bentuk dan warna alami yang khas. Kualitas bahan alam ini dapat dimanfaatkan dalam perancangan desain kerajinan. 

- Bahan buatan atau bahan anorganik adalah bahan yang sudah mengalami proses pengolahan pabrik dengan berbagai teknik dan campuran bahan kimia yang menghasilkan bahan baku untuk produk kerajinan atau keperluan dunia usaha yang lain. Bahan buatan yang dapat dikembangkan untuk produk kerajinan seperti plastik, karet, stereoform, kertas, manik-manik, tali nilon, kain perca, benang, dan sebagainya

2. Apa yang harus diperhatikan dalam membuat kerajinan dari bahan campuran (organik dan anorganik)? Apa keistimewaan atau kelebihan kerajinan dari bahan campuran?

Jawaban:
Membuat kerajinan dari bahan campuran harus memahami jenis dan karakter bahan agar dapat dipadu padankan secara menyatu, harmonis dan indah. Pemilihan bahan harus memikirkan segi keawetan, keindahan, kemudahan, dan keamanan selama proses dan penggunaan produk tersebut. 

Keistimewaan atau kelebihan kerajinan dari bahan campuran yaitu hasil karya kerajinan dari bahan campuran memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan kerajinan dari bahan sejenis. Kombinasi bahan alam dan bahan buatan untuk kerajinan memiliki nilai variatif dan memberikan alternative pilihan baru di dunia industry kerajinan.

3.  Teknik apa yang digunakan dalam membuat kerajinan dari bahan campuran?

Jawaban:
Teknik pembuatan kerajinan dari media campuran sama dengan teknik pembuatan kerajinan dari bahan yang lainnya. Banyak teknik kerja kerajinan yang akan dipelajari seperti teknik untuk membuat produk kerajinan dari bahan keras misalnya teknik potong menggunakan gergaji, pisau, pahat, konstruksi dengan sambungan ekor burung, paku, las, lem, pres, ikat, dan tempel. Teknik ukir, raut, untuk membentuk kerajinan seperti ukiran, topeng, wayang klitik, wayang golek. 
Teknik bubut untuk membuat produk kerajinan yang sifatnya bulat atau silindris. 
Teknik scrol adalah jenis teknik untuk membuat lubang tembus dengan berbagai  bentuk dan ukuran pada papan kayu. Teknik pembentukan kerajinan dari bahan lunak misalnya tanah liat dalam membuat keramik menggunakan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak. Cara kerja teknik butsir adalah mengurangi media kerja dengan cara dikerok. Teknik pijit atau pinch adalah membentuk objek dengan cara tanah liat dipijit-pijit membentuk produk sesuai rencana. Teknik pilin adalah membentuk bahan lunak dengan cara dipilin menghasilkan bahan yang bulat memanjang untuk dibentuk atau disusun menjadi produk sesuai desain. Teknik cetak padat dengan cara media atau bahan misalnya tanah liat dimasukan cetakan dan ditekan secara merata kemudian dilepas sudah membentuk objek seperti yang diinginkan. Teknik cetak tuang seperti kerajinan dari bahan tanah liat, lilin dan sejenisnya. 

Teknik yang digunakan dalam membuat kerajinan dari bahan campuran menggunakan berbagai teknik yang sesuai dengan bahan dan desain yang dikembangkan. 

4. Prinsip-prinsip apa saja yang harus dipahami dalam perancangan kerajinan agar menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas?

Jawaban:
Produk kerajinan yang berkualitas, dibuat dengan memperhatikan beberapa prinsip dan persyaratan yang ada. Prinsip perancangan kerajinan yang harus dipahami, adalah: 
1. Kegunaan (Utility)
Benda kerajinan harus mengutamakan nilai praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Contoh mangkuk untuk wadah sayur. 
2. Kenyamanan (Comfortable)
Benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya. Contoh cangkir didesain ada pegangannya. 
3. Keluwesan (Flexibility)
Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya. Contoh sepatu sesuai dengan anatomi dan ukuran kaki. 
4. Keamanan (Safety)
Benda kerajinan tidak boleh membahayakan pemakainya. Contoh piring dari serat batang kelapa harus mempertimbangkan komposisi zat pelapis/pewarna yang dipakai agar tidak berbahaya jika digunakan sebagai wadah makanan. 
5. Keindahan (Aesthetic)
Benda yang indah mempunyai daya tarik lebih dibanding benda yang biasabiasa saja. Keindahan sebuah benda dapat dilihat dari beberapa hal, di antaranya dari bentuk, warna, hiasan atau ornamen, dan kualitas bahan bakunya. 

5. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah membuat perancangan produk kerajinan dari bahan campuran yang baik dan prosedural!

Jawaban:
Langkah-langkah membuat perancangan produk kerajinan dari bahan campuran yang baik dan prosedural. 
1. Tentukan jenis bahan 
Jenis bahan apa saja yang akan kita buat kerajinan mixed media harus ditentukan sejak awal perancangan agar proses berkarya berjalan dengan lancar. Ananda dapat memilih kombinasi bahan alam dengan bahan buatan dengan kriteria saling mendukung dan menyatu. Gunakan bahan campuran dengan memanfaatkan barang yang sudah ada di sekitar kita seperti limbah organik dan non organik. 
2. Penggalian ide dari berbagai sumber 
Untuk mendapatkan bentuk desain kerajinan dari bahan campuran ananda harus melakukan ekplorasi dari berbagai sumber seperti buku, majalah, internet, toko souvenir dan sebagainya. Pilihlah salah satu bentuk yang menurut ananda baik dapat sebagai ide dasar atau inspirasi untuk ciptaan baru. Ananda harus menghidari dari penjiplak desain karena hal itu membuat tumpulnya kreativitas. 
3. Buat sketsa alternatif 
Setelah melakukan ekplorasi dengan berbagai cara seperti baca buku, lihat produk, dan lihat contoh di internet kemudian menemukan ide yang akan dikembang. Ide tersebut selanjutnya dituangkan dalam beberapa sketsa alternative untuk dipilih yang paling baik dan rasional. 
4. Tentukan rancangan terbaik 
Setelah membuat beberapa sketsa alternative selanjutnya melakukan seleksi sketsa terbaik untuk dikembangkan menjadi desain atau rancangan produk kerajinan bahan campuran. Sket terpilih dikembangkan mernjadi gambar kerja yang siap untuk dibuat. 
5. Siapkan bahan dan alat 
Tentukan bahan campuran apa saja yang akan digunakan untuk membuat desain yang telah dirancang agar mendapatkan pproduk yang baik. Pilih bahan yang memiliki kualitas baik untuk dibuat produk. Tentukan alat apa saja yang digunakan untuk membuat produk kerajinan bahan campuran dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya. 
6. Pembuatan Karya 
Pembuatan karya dimulai dengan memilih bahan yang tepat dan alat yang akan digunakan untuk membuat produk kerajinan. Visualisasi dimulai dari pemolaan pada bahan kerja, pemotongan, pembentukan global, pembentukan detai sampai dengan finishing akhir. 
7. Evaluasi Karya 
Setelah produk kerajinan selesai kemudian dianalisis dan dievaluasi untuk menentukan kelayakan produk tersebut untuk digunakan atau kelemahan produk yang akan dibuat. Evaluasi dimulai dari bentuk produk, pemilihan bahan dan teknik kerja yang tepat, warna yang digunakan, finishing akhir, dan kelayakan produk tersebut. 
8. Revisi karya 
Berdasarkan hasil evaluasi yang ditetapkan selanjutnya diadakan perbaikan sesuai dengan hasil evaluasi dan rancangan. Jika berdasarkan hasil evaluasi sudah dinyatakan baik dan layak digunakan tidak perlu direvisi dan selanjutnya produk siap untuk digunakan atau dipasarkan.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal PTS/UTS Ganjil mata pelajaran Prakarya (Aspek Kerajinan) kelas 9 SMP/MTs lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat, selamat belajar. Jika kebingungan masih ada yang belum paham, silahkan diskusikan dengan Guru Prakarya di kelas kalian masing-masing. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal PTS/UTS Ganjil Prakarya (Aspek Kerajinan) Kelas 9 SMP/MTs + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close