Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk ketimpangan sosial yang terdapat di masyarakat! (Soal Sosiologi Kelas 12) ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk ketimpangan sosial yang terdapat di masyarakat! (Soal Sosiologi Kelas 12) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, soal berikut ini membahas secara singkat tentang bentuk-bentuk ketimpangan sosial yang terdapat di masyarakat. Pembahasan ini pada Buku Sosiologi Kelas 12 SMA masuk pembahasan Bab Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial Ditengah Globalisasi.
Bentuk-bentuk Ketimpangan Sosial yang terdapat di masyarakat
Silahkan dibaca dengan santai, semoga menjadi jawaban atas searching (pencarian) Anda di Google, Bing, Yahoo, DuckDuckGo, dan search engine lainnya lewat ketikan jari Anda atau lewat voice dengan kata kunci atau keyword "bentuk-bentuk ketimpangan sosial".

Pada postingan sebelumnya Sekolahmuonline sudah membahas tentang pengertian Ketimpangan Sosial dan Faktor-faktor Penyebab Ketimpangan Sosial. Biar pembahasannya nyambung, alangkah baiknya Anda baca dulu pembahasan tersebut pada judul postingan: Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor penyebab ketimpangan sosial (Soal Sosiologi Kelas 12) ~ sekolahmuonline.com

Bentuk-bentuk Ketimpangan Sosial yang Terdapat di Masyarakat

Ada beberapa bentuk ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Ketimpangan sosial tersebut ada dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. 

Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk ketimpangan sosial yang terdapat di masyarakat!

Jawaban:
Berikut ini beberapa bentuk ketimpangan sosial yang terjadi dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat:
a. Ketimpangan Sosial-Ekonomi.
Kondisi perekonomian suatu masyarakat atau negara ditentukan oleh faktor ekonomi dan non ekonomi yang saling berinteraksi. Bentuk ketimpangan sosial yang tergolong dalam ketimpangan sosial-ekonomi adalah ketimpangan sosial antara kelompok masyarakat kaya dan masyarakat miskin.

b. Ketimpangan antara pemilik modal dan buruh.

c. Ketimpangan pembangunan yang dipengaruhi kebijakan pemerintah. Ketimpangan ini antara lain, Ketimpangan Desa dan Kota.

d. Ketimpangan antara pulau jawa dan luar jawa.

e. Ketimpangan Sosial Non-ekonomi.
 Ketimpangan ini meliputi;
1) Ketimpangan pendidikan.
Bentuk-bentuk ketimpangan pendidikan terjadi karena sarana dan prasarana pendidikan belum merata diseluruh wilayah Indonesia. Selain itu karena faktor keterjangkauan akses akses pendidikan dan dari tujuan pokoknya pendidikan. Globalisasi mendorong pendidikan untuk menyesuaikan standar nasional, misalnya penggunaan bahasa asing dalam setiap kegiatan pembelajaran, padahal kemampuan daerah tidak sama. 
2) Ketimpangan antara budaya global dan budaya lokal.
Ketimpangan budaya di sebabkan masuknya budaya asing ke suatu negara merupakan suatu yang di anggap wajar sebagai akibat globalisasi dan modernisasi akibatnya menggejalanya sikap individualisme menimbulkan sikap ketidakpedulian terhadap budaya lokal. Lunturnya kebudayaan lokal juga dipengaruhi berbagai faktor, antara lain keengganan generasi muda mempelajari budaya daerah dan kurangnya sosialisasi budaya daerah oleh generasi tua. Kemudian adanya perasaaan gengsi ketika menggunakan hasil budaya lokal serta pemerintah daerah kurang mengupayakan pelestarian budaya, dan sedikitnya pengetahuan yang dimiliki generasi muda terhadap kebudayaan lokal.
3) Ketimpangan Sosial di bidang kesehatan.
Nampak kita jumpai dalam kehidupan di masyarakat fenomena perlakuan yang tidak sama dalam bidang kesehatan. Contoh ada yang sudah lama mengantri pendaftaran untuk diperiksa, kemudian datang orang yang tanpa antri dulu langsung dapat pendaftaran dan masuk terlebih dahulu. Contoh cerita diatas hanya sebagian kecil ketimpangan yang terjadi di masyarakat.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan postingan tetang Bentuk-bentuk Ketimpangan Sosial yang Terdapat di Masyarakat. Pembahasan ini merupakan bagian dari materi Sosiologi kelas 12 Bab Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial Ditengah Globalisasi. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk ketimpangan sosial yang terdapat di masyarakat! (Soal Sosiologi Kelas 12) ~ sekolahmuonline.com"

close