Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Sosiologi Kelas XII Bab 3 yang membahas tentang Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi.

Sosiologi Kelas 12 Bab 3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan Contoh Soal Sosiologi Kelas 12 Bab 3, membahas dua pembelajaran.

Pembelajaran Pertama membahas tentang Konsep Ketimpangan Sosial dan Faktor Penyebab Ketimpangan Sosial. Sedangkan Pembelajaran Kedua membahas tentang Dampak dan Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial dalam Masyarakat.

Nah, berikut ini rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sosiologi Kelas 12 Bab 3 tentang Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi yang Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Sosiologi Kelas 12. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat.

Rangkuman Sosiologi Kelas XII Bab 3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi


Rangkuman Pembelajaran 1: Konsep Ketimpangan Sosial dan Faktor Penyebab Ketimpangan Sosial


✓ Globalisasi berusaha mengintegrasi warga dunia dalam satu desa global dan mengharapkan terjadinya perubahan yang membawa pada kemakmuran. Di sisi lain kita dapat menyaksikan ketimpangan sosial karena proses globalisasi. 

✓ Ketimpangan sosial diartikan sebagai ketimpangan (kesenjangan) atau ketidaksamaan akses untuk mendapatkan atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Sumber daya bisa berupa kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder.

✓ Negara berkembang seperti di Indonesia merasakan dampak globalisasi tersebut. Kita bisa membuktikannya dengan melihat kota-kota besar yang terdapat perkampungan kumuh sekaligus perumahan elit dalam satu wilayah. Kita tidak bisa menghindari arus globalisasi dan mengucilkan diri dari pergaulan dunia.

✓ Penyebab ketimpangan sosial bisa berasal dari dalam diri seseorang atau berasal dari luar diri seseorang.

✓ Ketimpangan sosial dapat terjadi dalam bidang sosialekonomi, bidang sosial nonekonomi, dan bidang kesehatan.

✓ Ketimpangan sosial dapat menjadi stimulus ampuh bagi beberapa wilayah untuk terus memaksimalkan potensi mereka menuju ke arah yang lebih baik lagi. Namun, ketimpangan sosial juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat diantaranya ketimpangan sosial dapat menghambat minat masyarakat untuk berwirausaha khususnya masyarakat yang memiliki modal kecil. Hal tersebut terjadi karena mereka merasa pesimis harus bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.

Rangkuman Pembelajaran 2: Dampak dan Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial dalam Masyarakat


✓ Munculnya masalah ketimpangan sosial di masyarakat menimbulkan dampak. Dampak yang dirasakan oleh masyarakat sangat beragam, baik dampak positif maupun dampak negatif. 

✓ Dampak positif dari ketimpangan sosial adalah:
a. Mendorong wilayah lain yang kurang maju untuk dapat bersaing
b. Meningkatkan pertumbuhannya untuk kesejahteraan masyarakat

✓ Dampak negatif yang muncul akibat adanya ketimpangan sosial di masyarakat adalah sebagai berikut:
a. Menimbulkan kecemburuan sosial
b. Adanya pembatasan hubungan sosial karena kedudukan seseorang dalam masyarakat
c. Melemahnya stabilitas sosial dan solidaritas
d. Adanya ketidak pedulian dalam masyarakat

✓ Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat bila tidak diperhatikan akan menimbulkan masalah bagi masyarakat. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk mengatasi masalah ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat.

✓ Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ketimpangan sosial adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan kualitas penduduk melalui pendidikan, kesehatan, maupun pemberdayaan kelompok di masyarakat
b. Mobilitas sosial dengan melakukan pemerataan penduduk yang diimbangi dengan pembangunan agar dapat mengendalikan jumlah penduduk di suatu wilayah
c. Menciptakan peluang kerja dengan membuka lapangan pekerjaan yang memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Sosiologi Kelas 12 Bab 3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Bagi Anda yang ingin membaca postingan Sekolahmuonline yang membahas soal-soal Sosiologi Kelas 12 Lengkap silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Sosiologi Kelas 12 Bab 3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial ditengah Globalisasi ~ sekolahmuonline.com"

close