Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan pengertian Lembaga di Muhammadiyah! ~ sekolahmuonline.com

Jelaskan pengertian Lembaga di Muhammadiyah! ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, pada postingan sebelumnya Sekolahmuonline sudah sajikan secara ringkas pembahasan tentang Pengertian Majelis di Muhammadiyah. Pada postingan kali ini sesuai judulnya, akan kita bahas secara ringkas tentang pengertian Lembaga di Muhammadiyah. 
Penjelasan ringkas tentang Pengertian Lembaga di Muhammadiyah dan Tugasnya
Apa itu yang dimaksud dengan Lembaga di Muhammadiyah, apa tugas pokoknya, dan apa saja Lembaga yang ada di Muhammadiyah, jawabannya akan Anda temukan di bawah ini.

Pengertian Lembaga di Muhammadiyah dan Tugasnya

Dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah pasal 20, disebutkan bahwa Lembaga adalah unsur pembantu pimpinan yang menjalankan tugas pendukung Muhammadiyah.

Tugas pokok Lembaga adalah melaksanakan program dan kegiatan pendukung yang bersifat khusus.

Lembaga dibentuk oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Meskipun demikian, Wilayah dan Daerah yang memandang perlu ada sebuah Lembaga tertentu, maka masing-masing tingkatan diperkenankan membentuk Lembaga, dengan persetujuan Pimpinan Muhammadiyah yang ada di atasnya (Anggaran Rumah Tangga Pasal 19).

Nama-nama Lembaga di Muhammadiyah

Di Muhammadiyah ada beberapa Lembaga. Berikut ini Lembaga-lembaga yang ada di Lingkungan Muhammadiyah:
a. Lembaga Pengambangan Cabang dan Ranting
b. Lembaga Pembina dan Pengawasan Keuangan
C.Lembaga Penelitian dan Pengembangan
d. Lembaga Penanggulangan Bencana
e. Lembaga Zakat, Infaq dan Shadaqah
f. Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik
g. Lembaga Seni Budaya dan Olahraga
h. Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional
i. Lembaga Pengembangan Pesantren

Sekalipun telah disampaikan nama-nama Majelis dan Lembaga di lingkungan Muhammadiyah, namun nama-nama tersebut akan sangat mungkin berubah setiap periode kepemimpinan. Perubahan ini terjadi karena berkenaan dengan kebijakan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi Muhammadiyah. Selain perubahan nama, boleh jadi juga akan terdapat penambahan atau bahkan pengurangan Majelis dan Lembaga di lingkungan Muhammadiyah.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang membahas tentang Pengertian Lembaga di Muhammadiyah dan Tugas serta Nama-nama Lembaganya. Semoga bermanfaat. Menambah wawasan dan pengetahuan Anda khususnya dalam mempelajari materi Kemuhammadiyahan Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom di Muhammadiyah. Selamat belajar. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Jelaskan pengertian Lembaga di Muhammadiyah! ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x