Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Kemuhammadiyahan Kelas 10 Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah ~ sekolahmuonline.com

Soal Kemuhammadiyahan Kelas 10 Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal Pendidikan Kemuhammadiyahan Kelas X SMA/SMK/MA/MAK Muhammadiyah Bab 6 yang membahas tentang Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Soal Kemuhammadiyahan Kelas 10 Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
Soal-soal dibawah ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal essay. Bagian pertama terdiri dari 5 soal pilihan ganda, dan bagian kedua terdiri dari 5 soal essay.

Soal Kemuhammadiyahan Kelas X Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah

A. Soal Pilihan Ganda Kemuhammadiyahan Kelas 10 Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Unsur pembantu pimpinan yang bertugas menjalankan sebagian tugas pokok Muhammadiyah adalah .... 
A. Lembaga
B. Majelis
C. Organisasi Otonom
D. Pembantu Pimpinan
E. Pimpinan Muhammadiyah

Kunci Jawaban: B. Majelis
Pembahasan:
Majelis merupakan unsur pembantu pimpinan yang menjalankan sebagian tugas pokok Muhammadiyah.

Ortom (Organisasi Otonom Muhammadiyah) adalah satuan organisasi di bawah Persyarikatan Muhammadiyah yang memiliki wewenang mengatur rumah tangganya sendiri, dengan bimbingan dan pembinaan oleh Pimpinan Muhammadiyah.

2. Unsur pembantu pimpinan yang bertugas menjalankan tugas pendukung Muhammadiyah adalah...
A. Lembaga
B. Majelis
C. Organisasi Otonom
D. Pembantu Pimpinan
E. Pimpinan Muhammadiyah

Kunci Jawaban: A. Lembaga
Pembahasan:
Lembaga merupakan unsur pembantu pimpinan yang menjalankan tugas Pendukung Muhammadiyah.

3. Majelis yang bertugas mempergiat dan memperdalam penyelidikan ilmu agama Islam adalah... 
A. Majelis Tabligh
B. Majelis Ekonomi
C. Majelis Tarjih dan Tajdid
D. Majelis Pendidikan Tinggi
E. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah

Kunci Jawaban: C. Majelis Tarjih dan Tajdid
Pembahasan:
Majelis Tarijih dan Tajdid, di antara tugasnya adalah mempergiat dan memperdalam penyelidikan ilmu agama Islam untuk mendapatkan kemurnian dan kebenarannya yang selanjutnya dijadikan pedoman dan tuntunan bagi pemimpin maupun anggota Muhammadiyah.

4. Majelis yang bertugas memajukan dan memperbarui pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan serta memperluas ilmu pengetahuan adalah... 
A. Majelis Tabligh
B. Majelis Ekonomi
C. Majelis Tarjih dan Tajdid
D. Majelis Pendidikan Tinggi
E. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah

Kunci Jawaban: E. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah
Pembahasan:
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, di antara tugasnya adalah memajukan dan memperbarui pendidikan, pengajaran dan kebudayaan serta memperluas ilmu pengetahuan menurut tuntunan Islam untuk tingkat sekolah/madrasah Muhammadiyah.

5. "Al-birru manittaqa" adalah semboyan .... 
A. 'Aisyiyah
B. Nasyiah
C. Pemuda Muhammadiyah
D. Ikatan Pelajar Muhammadiyah
E. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

Kunci Jawaban: 
Pembahasan:
Nasyiatul Aisyiyah (Nasyiah) didirikan pada 28 Dzulhijah 1349 H/16 Mei 1931 M.
Tujuan organisasi ini adalah membentuk pribadi Putri Islam dalam rangka ikut menegakkan dan menjunjung tinggi ajaran agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
Semboyan Nasyiah adalah "al-Birru manittaqa" yang artinya berbuat kebaikan dan ketakwaan

Lambang Nasyiatul Aisyiyah: 12 butir padi melambangkan 12 langkah Muhammadiyah, 2 buah daun segar dan 2 buah daun layu melambangkan sebelum patah telah tumbuh, pita melambangkan keceriaan dan keoptimisan, sedangkan simpul tali melambangkan persatuan.

B. Soal Essay Kemuhammadiyahan Kelas 10 Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Sebutkan nama-nama dan tugas masing-masing Majelis di Muhammadiyah!

Jawaban:
Majelis-Majelis di Muhammadiyah:
a. Majelis Tarjih dan Tajdid
b. Majelis Tabligh
c. Mejelis Pendidikan Tinggi
d. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah
e. Majelis Pendidikan Kader
f. Majelis Pelayanan Kesehatan Umum
g. Majelis Pelayanan Sosial
h. Mejelis Ekonomi dan Kewirausahaan
i. Mejelis Wakaf dan Kehartabendaan
j. Majelis Pemberdayaan Masyarakat
k. Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia
l. Majelis Lingkungan Hidup
m. Majelis Pustaka dan Informasi

Fungsi dan diantara tugas-tugas pokok Majelis yang ada di Muhammadiyah.
a. Majelis Tarijih dan Tajdid, di antara tugasnya adalah mempergiat dan memperdalam penyelidikan ilmu agama Islam untuk mendapatkan kemurnian dan kebenarannya yang selanjutnya dijadikan pedoman dan tuntunan bagi pemimpin maupun anggota Muhammadiyah.

b. Majelis Tabligh, di antara tugasnya adalah mempergiat dan menggembirakan dakwah Islam, memperteguh iman, menggembirakan dan memperkuat ibadah serta mempertinggi akhlak mulia.

c. Majelis Pendidikan Tinggi, di antara tugasnya adalah membina Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) serta memperluas lImu Pengetahuan, Teknologi dan penelitian.

d. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, di antara tugasnya adalah memajukan dan memperbarui pendidikan, pengajaran dan kebudayaan serta memperluas ilmu pengetahuan menurut tuntunan Islam untuk tingkat sekolah/madrasah Muhammadiyah.

e. Majelis Pendidikan Kader, di antara tugasnya adalah membangun kekuatan dan kualitas para pelaku gerakan serta peran dan ideologi gerakan Muhammadiyah dengan mengoptimalkan sistem kaderisaši yang menyeluruh dan berorientasi ke masa depan.

f. Majelis Pelayanan Kesehatan Umum, di antara tugasnya adalah mengembangkan fungsi pelayanan kesehatan dan kesejahteraan yang unggul dan berbasis Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO) sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kemajuan hidup masyarakat khususnya kaum dhu'afa sebagai wujud aktualisasi dakwah Muhammadiyah.

g. Majelis Pelayanan Sosial, di antara tugasnya adalah menggerakkan dan menghidup-suburkan amal dan tolong-menolong dalam kebijakan dan takwa. Mengembangkan dan memperluas kekuatan basis gerakan Muhammadiyah yang terletak pada pusat "Penolong Kesengsaraan Oemoem" sehingga menjadi tenda besar bagi pelayanan dan keberpihakan sosial Muhammadiyah secara terpadu dan lebih luas.

h. Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan, di antara tugasnya adalah membimbing ke arah perbaikan kehidupan dan penghidupan yang sesuai dengan ajaran Islam.

i. Majelis Wakaf dan Kehartabendaan, di antara tugasnya adalah mendirikan, menggembirakan dan memelihara tempat ibadah dan wakaf serta mengurusi masalah tanah dan hak milik Muhammadiyah sebagai barang amanat yang harus digunakan sebagaimana mestinya.

j. Majelis Pemberdayaan Masyarakat, di antara tugasnya adalah memberdayakan para petani dan buruh warga dan simpatisan Muhammadiyah untuk meningkatkan kualitas kehidupannya dalam rangka meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

k. Majelis Hukum dan Hak Asasi Manusia, di antara tugasnya adalah mengembangkan kesadaran dan advokasi di lingkungan Persyarikatan atas persoalan-persoalan hukum dan hak asasi manusia yang dihadapi masyarakat sebagai wujud dakwah amar ma'ruf nahi munkar.

l. Majelis Lingkungan Hidup, di antara tugasnya adalah terlibat aktif dalam memperhatikan kehidupan lingkungan masyarakat dan membimbing agar menuju ke arah terwujudnya negara yang adil dan makmur yang selalu ada di bawah ridha Allah SWT.

m. Majelis Pustaka dan Informasi, di antara tugasnya adalah membangun kemampuan dan keluasan jaringan kekuatan informasi serta pustaka Muhammadiyah sebagai organisasi Islam modern di tengah era kehidupan masyarakat informasi.

2. Sebutkan nama-nama Lembaga di Muhammadiyah!

Jawaban:

3. Jelaskan perbedaan organisasi otonom khusus dan umum!

Jawaban:

4. Sebutkan nama-nama organisasi otonom Muhammadiyah!

Jawaban:

5. Sebutkan tujuan IPM didirikan!

Jawaban:

Capek, ditunggu updatenya yaaa. Klo banyak yang membutuhkan akan Sekolahmuonline update lagi insyaaAllah

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Kemuhammadiyahan kelas X Bab 6 Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah (Pendidikan Fikih Kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK Muhammadiyah) lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan sekolahmuonline.com yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Kemuhammadiyahan Kelas 10 Bab Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah ~ sekolahmuonline.com"

Iklan

Close x