Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan Jelaskan Faktor-faktor Pembentuk Sikap Syaja'ah! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com

Sebutkan dan Jelaskan Faktor-faktor Pembentuk Sikap Syaja'ah! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan pembahasan ringkas, padat, dan jelas tentang Faktor-faktor Pembentuk Sikap Syaja'ah. Syaja'ah sebagaimana disampaikan pada postingan sebelumnya merupakan bagian dari pembahasan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah. 
Faktor-faktor Pembentuk Sikap Syaja'ah
PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah terdiri dari tiga pembahasan yaitu pembahasan tentang dua akhlak mahmudah (akhlak terpuji) yaitu: Kontrol Diri (Mujahadah An-Nafs) dan Syaja'ah (Berani). Sedang satunya tentang akhlak tercela (Akhlaq Madzmumah) yaitu Ghadhab (marah atau sifat temperamental).

Mujahadah An-Nafs, Ghadhab, dan Pengertian Syaja'ah sudah kita bahas. Bahkan Definisi atau Pengertian Syaja'ah secara bahasa dan istilah juga sudah kita bahas.

Nah, sekarang kita akan membahas tentang Faktor-faktor apa saja yang dapat membentuk sikap Syaja'ah.

Faktor-faktor Pembentuk Sikap Syaja'ah

Sebagaimana dijelaskan dalam buku PAIBP kelas X SMA/SMK Kurikulum Merdeka, Syaja’ah atau berani membela kebenaran dan keadilan, merupakan jalan menuju kemenangan dalam keimanan. Tidak boleh ada kata takut dan gentar bagi seorang muslim, karena keimanan akan menuntun mereka pada keberanian dan tidak gentar menghadapi apa pun.

Untuk menumbuhkan serta membiasakan karakter berani membela kebenaran harus dimulai dari diri sendiri dengan pola pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Berikut ini merupakan faktor-faktor pembentuk sikap syaja’ah pada diri seorang muslim (Faktor-faktor Pembentuk Sikap Berani Membela Kebenaran dalam Kehidupan) yaitu:

1) Takut kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Keyakinan seseorang, bahwa setiap yang dilakukannya adalah dalam rangka menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala niscaya tidak akan pernah muncul rasa takut terhadap apa pun, kecuali hanya takut kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

2) Mencintai kehidupan akhirat

Dunia bukanlah tujuan akhir dari seorang mukmin, melainkan sebuah wasilah dan jembatan antara menuju kehidupan akhirat.

Sehingga tidak ada ketakutan bagi seorang muslim untuk kehilangan kehidupan dunia, asalkan ia tidak kehilangan kebahagiaan hidup di akhirat.

3) Tidak takut menghadapi kematian

Kematian adalah sebuah keniscayaan, karena semua makhluk hidup pasti akan mati.

Jika ajal sudah datang, maka tidak ada kekuatan apa pun yang mampu menghalanginya.

Sehingga seorang muslim harus terus dilatih untuk berani menghadapi kematian kapan pun datangnya.

4) Tidak ragu-ragu dengan kebenaran

Seorang muslim yang memiliki keyakinan terhadap kebenaran dan keadilan, akan siap sedia menghadapi risiko apa pun yang mungkin timbul.

Oleh karena itu, dianjurkan kepada setiap muslim untuk menghindari keragu-raguan dengan senantiasa berpedoman pada petunjuk, ajaran dan norma-norma agama sebelum mengambil keputusan dalam kehidupan.

5) Tidak materialistis

Dalam berjuang, ketersediaan materi memang mutlak diperlukan, namun bukan berarti segala-galanya harus dikalkulasi secara materil.

Seorang mukmin harus memiliki keyakinan bahwa Allah Subhanahu wa Ta'ala Maha Mencukupkan rejeki, bahkan dari sumber yang tidak kita sangka, apabila kita senantiasa berani berjuang, berani berkorban dan bertawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

6) Berserah diri dan yakin akan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala

Orang yang memiliki keberanian untuk berjuang di jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan pernah merasa takut, karena ia akan senantiasa melakukan upayanya selayaknya prosedur yang diajarkan agama yaitu berusaha dengan keras, diimbangi dengan doa, dan selebihnya tawakal dan berserah diri dengan segala ketetapan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

7) Kristalisasi Pendidikan karakter dari keluarga, masyarakat, dan sekolah

Membentuk sikap syaja’ah memerlukan waktu yang panjang dan peran dari berbagai stake holder terutama catur pusat pendidikan yang terkait yaitu:
a. Campur tangan utama dari pola asuh dan pola didik dalam keluarga
b. Faktor habituasi dan adat istiadat di masyarakat
c. Program-program penguatan karakter yang dilakukan di sekolah
d. Kajian dan penguatan di majelis-majelis taklim

Semuanya harus berjalan secara sinergis dan bertujuan yang sama untuk membentuk karakter seseorang memiliki jiwa yang pemberani, tidak pengecut, tidak lemah namun tetap berlandaskan pada norma dan kaidah agama.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan pembahasan tentang Faktor-faktor Pembentuk Sikap Syaja'ah sebagaimana dijelaskan dalam Buku PAIBP Kelas X SMA/SMK Bab Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah. Semoga bermanfaat. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Jangan lupa, baca juga:

Posting Komentar untuk "Sebutkan dan Jelaskan Faktor-faktor Pembentuk Sikap Syaja'ah! [PAIBP Kelas 10 Bab 8 Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah Agar Hidup Nyaman dan Berkah] ~ sekolahmuonline.com"

close