Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PJOK Kelas 6 Semester 2 Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PJOK Kelas 6 Semester 2 Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VI SD/MI Semester 2 (Semester Genap). Pada postingan kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman PJOK Kelas 6 Semester 2 Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air.
Rangkuman atau ringkasan PJOK Kelas VI SD/MI Semester 2 Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air
Rangkuman PJOK Kelas 6 Semester 2 Pelajaran VII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air

Rangkuman yang Sekolahmuonline sajikan di bawah tentu cocok digunakan oleh Bapak/Ibu Guru dalam melihat secara cepat gambaran materi yang akan di sampaikan kepada peserta didik. Selain itu juga cocok digunakan oleh orang tua/wali murid kelas 6 SD/MI dan juga untuk pembaca semuanya dalam mendampingi putra-putri/adik-adik/keponakannya belajar di rumah atau dimana saja dan kapanpun.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas 6 Semester 2 (Semester Genap) terdiri dari empat pelajaran, yaitu:
- Pelajaran VI Gerak Dominan dalam Senam Lantai
- Pelajaran VII Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Aktivitas Berirama
- Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air
- Pelajaran IX Pemeliharaan Kebersihan Alat Reproduksi

Nah, berikut ini adalah rangkuman atau ringkasan PJOK bagian pelajaran yang kedelapan tentang Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air. Silakan digunakan sesuai kebutuhan, semoga bermanfaat.

Rangkuman PJOK Kelas VI Semester 2 Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air

Gerakan meluncur pada renang gaya punggung
Gerakan meluncur pada renang gaya punggung

1. Gerak dasar renang gaya punggung meliputi gerakan meluncur, gerakan kaki, posisi tubuh, gerakan lengan, dan cara pengambilan napas.

2. Gerakan meluncur mempunyai tahapan sebagai berikut.
a. Masuk ke kolam renang.
b. Pegang dinding kolam dan tekuk kedua kaki bertumpu pada dinding kolam.
c. Dorong kedua kaki dan lepaskan kedua lengan. Saat terdorong, kedua lengan lurus permukaan air.
d. Lakukan gerakan kaki untuk memperoleh gaya dorong.

3. Gerakan kaki pada renang gaya punggung seperti gerakan kaki gaya bebas, tetapi dalam posisi tubuh telentang. Gerakan kaki dapat dilatih secara mandiri, dengan bantuan orang lain, atau menggunakan papan pembelajaran.
a. Posisi mandiri: kedua tangan memegang pinggir kolam atau pant.
b. Posisi bantuan orang lain: meminta bantuan instruktur atau guru untuk memegang tangan.
c. Posisi menggunakan papan: letakkan dada di atas papan dengan posisi tangan berpegangan erat pada ujung papan.

4. Pengambilan napas dilakukan menggunakan mulut saat kepala terangkat. Udara diembuskan melalui mulut.

5. Konsep penyelamatan diri di air dapat dilakukan dengan cara mandiri atau bantuan orang lain. Bahaya yang mengancam saat beraktivitas di air ialah keram atau kejang otot, menurunnya kesadaran, tidak dapat berenang, atau jatuh terpeleset.

6. Cara menghindari kecelakaan saat berenang atau di lingkungan kolam renang sebagai berikut.
a. Melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum masuk kolam renang.
b. Menghindari lari-lari di sekitar kolam karena biasanya kondisi lantai licin.
c. Menghindari bercanda yang berlebihan seperti saling dorong

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan PJOK Kelas 6 Semester 2 Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air. Sumber rangkuman diambil dari Buku PJOK Kelas 6 SD/MI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap rangkuman dan soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas 6 Semester 2 (Semester Genap) semua Bab, silakan klik judul yang diinginkan:

Rangkuman PJOK Kelas 6 Semester 2:
Soal PJOK Kelas 6 Semester 2:

Posting Komentar untuk "Rangkuman PJOK Kelas 6 Semester 2 Pelajaran VIII Renang Gaya Punggung dan Dasar-Dasar Penyelamatan Diri di Air ~ sekolahmuonline.com"

close