Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat (Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Halaman 101 - 107) ~ sekolahmuonline.com

Soal Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat (Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Halaman 101 - 107) ~ sekolahmuonline.com. Berikut ini adalah soal Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI yang membahas tentang Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat. Soal ini termasuk pembahasan Pendidikan Pancasila kelas 4 SD/MI Bab 4 Pancasila dalam Diriku. 
Soal Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat (Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Halaman 101)
Soal Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat

Soal Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat

1. Bacalah cerita di bawah ini dengan saksama!

Lomba di Desa Bineka

Suasana kemeriahan menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dapat terlihat di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak terkecuali di Desa Bineka. Para pemuda karang taruna Desa Bineka sibuk mempersiapkan acara peringatan HUT RI. Mereka membuat gapura di setiap gang, memasang pernak-pernik berwarna merah putih di sepanjang jalan, dan mempersiapkan lombalomba untuk warga masyarakatnya.

Seluruh warga desa sangat antusias membantu para pemuda karang taruna Desa Bineka dalam mempersiapkan acara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka bergotong royong membuat gapura, memasang bendera merah putih di sepanjang jalan, dan membuat arena perlombaan. Mereka juga tidak lupa melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Lomba-lomba di Desa Bineka sama seperti di daerah lainnya. Misalnya, lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng, lomba memasukkan benang ke jarum, lomba balap karung, dan lomba memecahkan balon air. Namun, yang menjadi ciri khas lomba di Desa Bineka adalah lomba balap bakiak yang disertai bernyanyi lagu-lagu wajib nasional. Lomba inilah yang Dani dan teman-temannya tunggu.
“Dewi, kamu ikut lomba balap bakiak?” tanya Dani penasaran.
“Ya dong, ikut,” jawab Dewi menegaskan.
“Kamu satu tim dengan siapa?” tanya Dani lagi.
 “Pastinya dengan Hemalia. Masa sama Laros dan Made, mereka itu timmu, Dan,” sahut Dewi.

Puncak peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia pun tiba. Setelah mereka mengikuti kegiatan upacara bendera di sekolah. Mereka membawa makanan ringan ke tempat acara untuk diserahkan kepada panitia. Para warga desa pun membawa beraneka ragam makanan untuk di makan bersama warga lainnya.

Sebelum mereka mendaftarkan diri mengikuti perlombaan. Mereka berkumpul di arena lomba Desa Bineka. Panitia lomba mengajak seluruh peserta lomba untuk berdoa dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa Bineka. Makanan yang mereka bawa dimakan bersama-sama. Seluruh warga sangat menikmati suasana kebersamaan di hari Kemerdekaan Indonesia. Pendaftaran pun dibuka, Dani dan Made mengikuti semua lomba, Dewi dan Hemalia mengikuti lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng, lomba memecahkan balon air, dan lomba bakiak. Laros dan Thamrin mengikuti lomba balap kelereng, lomba balap karung, lomba memecahkan balon air, dan lomba bakiak.

“Laros, kenapa kamu tidak ikut lomba makan kerupuk?” tanya Made heran.
“Aku tidak suka makan kerupuk, Made,” jawab Laros.
“Hmm, padahal kerupuk itu enak, Laros,” sahut Hemalia.
“Apalagi kalau dimakan dengan kuah bakso ya, Lia?” Dewi menimpali.
“Kita hargai pilihan Laros yang tidak suka makan kerupuk ya, Temanteman,” ajak Dani menegaskan.

Mereka semua telah menyelesaikan lomba yang mereka ikuti. Pastinya di antara mereka, ada lomba yang mereka menangkan dan ada juga yang kalah. Mereka menerima kemenangan dengan perasaan senang dan syukur disertai sikap rendah hati. Mereka juga menerima kekalahan dengan sikap berjiwa besar. Mereka menerima hadiah sesuai dengan juara berapa yang mereka dapatkan.

Apa pelajaran yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut yang ada kaitannya dengan makna sila-sila Pancasila?

Kunci Jawaban:
1. Saya harus berdoa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan sehari-hari.
2. Saya harus menghargai ide, pendapat, dan pilihan orang lain.
3. Saya harus cinta kepada bangsa Indonesia.
4. Saya melakukan musyawarah untuk mendapatkan kesepakatan dan keputusan.
5. Saya harus bisa menerima hasil sesuai pencapaian sendiri.

2. Silakan kamu hubungkan sila-sila Pancasila pada sisi kiri yang sesuai dengan maknanya dalam kehidupan di lingkungan masyarakat pada sisi kanan dengan memberi garis!

Makna Sila Pancasila 
dalam Kehidupan Bermasyarakat

Kunci Jawaban:

3. Cermatilah gambar di bawah ini!
Ayo, pasangkan gambar kegiatan sehari-hari di masyarakat dengan simbol sila Pancasila yang mencerminkan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan memberi garis dalam labirin berikut ini.


Kunci Jawaban:
1. Gambar simbol sila kesatu menuju ke gambar toleransi antarumat beragama dan kepercayaan.
2. Gambar simbol sila kelima menuju ke dua gambar lainnya.

4. Bacalah teks berikut ini untuk lebih memahami penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jawablah pertanyaan-pertanyaannya dengan jawaban yang sesuai!

Dani, Dewi, dan Made adalah peserta didik kelas IV di SD Bineka. Sekolah mereka berkolaborasi dengan pemuda karang taruna Desa Bineka untuk melakukan bakti sosial di lingkungan sekitar sekolah. Bakti sosial dikhususkan untuk para tokoh pejuang kemerdekaan. Sekolah mengumumkan kepada seluruh peserta didik agar berpartisipasi dengan memberikan sumbangan dalam bentuk uang atau barang berupa makanan pokok. Dani langsung berinisiatif menyisihkan uang jajannya. Dewi lebih memilih memberikan makanan pokok dan Made memilih menyumbangkan uang dan makanan pokok.

1) Menurutmu, apakah yang telah mereka lakukan itu mencerminkan penerapan dari makna sila-sila Pancasila? Apa alasan dari jawabanmu?

Kunci Jawaban:

2) Jika kamu mendengar bencana atau musibah, baik di lingkungan sekitar maupun di wilayah Indonesia lainnya, apa yang akan kamu lakukan? Apa alasannya? Tuliskan jawabanmu dengan jelas!

Kunci Jawaban:
Ya, apa yang mereka lakukan telah mencerminkan penerapan Pancasila dalam sila kesatu dan kedua karena mereka berakhlak mulia dengan kepedulian kepada sesama melalui memberikan sumbangan kepada korban kebakaran.

5. Tuliskan pendapatmu tentang pesan dalam lagu ”Aku Pelajar Pancasila” di bawah ini pada buku catatanmu!

Menurutmu, apa pesan dalam lagu tersebut?

Kunci Jawaban:

6. Bacalah kembali cerita “Lomba di Desa Bineka” pada soal nomor 1 di atas! Temukan makna sila-sila Pancasila berdasarkan isi cerita tersebut. Kamu bisa berdiskusi dengan teman.
Tulislah tabel berikut di buku tulismu!

Penemuanku: Makna Sila Pancasila


Kunci Jawaban:

7. Buatlah kelompok yang terdiri dari 4–6 orang! Salah satu di antara kalian bertugas sebagai penulis jawaban. Setiap anggota kelompok harus memberikan pendapatnya. Diskusikan bersama teman-teman kalian, apa saja kegiatan di lingkungan masyarakat yang sesuai dengan makna sila-sila atau nilai-nilai Pancasila? Tulislah hasil diskusi pada buku tulis kalian seperti tabel berikut ini.

Ceritakan hasil belajar kelompok kalian di depan kelas. Pilihlah salah satu di antara kalian sebagai pembicara dengan cara bermusyawarah. Setiap kelompok saling memberikan tanggapan kepada kelompok lainnya. 

Kunci Jawaban:

Posting Komentar untuk "Soal Makna Sila-Sila Pancasila di Masyarakat (Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Halaman 101 - 107) ~ sekolahmuonline.com"

close