Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013. Rangkuman Akidah Akhlak di bawah ini khusus pembahasan materi Bab 7 tentang Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna.
Rangkuman atau ringkasan Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna
Rangkuman atau ringkasan Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna

Akidah Akhlak Kelas VI Semester Genap (Semester 2) terdiri dari empat Bab. Keempat Bab tersebut adalah:
  • Bab VI Allah Tuhanku
  • Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna 
  • Bab VIII Alamku
  • Bab IX Teladanku

Rangkuman Akidah Akhlak Kelas VI Semester 2 Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna

Akidah Akhlak Kelas VI Semester Genap Bab 7 Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu:
A. Al-Wahid
B. Al-Ahad
C. As-Shamad
D. Hikmah al-Wahid, al-Ahad, dan as-Shamad

Nah, berikut ini rangkuman Akidah Akhlak Kelas VI Semester Genap Bab 7 yang membahas tentang Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna.

1. Al-Wahid adalah pengakuan hamba kepada Allah Swt. bahwa ia siap menjadikan Allah Swt. sebagai Tuhan yang Mahaesa tanpa ada Tuhan lain sebagai tandingan.

2. Al-Ahad artinya bahwa tidak ada tuhan dan sesembahan yang pantas disembah selain Allah Swt.. Ini merupakan inti dari ajaran Islam yang mengajak kepada Tauhid.

3. Kita wajib mengakui dengan yakin, dengan keimanan yang kokoh, dan tanpa keraguan sedikit pun dengan pengucapan melalui lisan dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari bahwa Allah Swt. itu Ahad atau Esa.

4. As-shamad memiliki arti Yang Maha Sempurna bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Penguasa yang Maha Sempuran dan bergantung segala sesuatu kepada-Nya. Allah Swt. tempat meminta pertolongan dalam semua situasi dan kondisi.

5. Untuk mendapatkan pertolongan Allah Swt., maka kita harus menjadi hamba yang memiliki sifat ringan tangan pada sesama dan dermawan.

Latihan Soal Akidah Akhlak Kelas VI Semester 2 Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Apa yang dimaksud dengan al-Wahid?

2. Apa perbedaan antara al-Wahid dan al-Ahad? Jelaskan!

3. Apa maksud dari terjemahan ayat 2 pada surat al-Ikhlas? Jelaskan!

4. Bagaimana cara kita agar mudah mendapatkan pertolongan Allah Swt. ?

5. Apa saja manfaat yang akan kita peroleh jika kita meyakini kebenaran asmaul husna as-Shamad? Sebutkan!
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan Akidah Akhlak Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 Bab 7 Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Buku Akidah Akhlak Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Semoga bermanfaat. Membantu mempermudah seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Karena pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Selamat membaca. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 Bab VII Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna ~ sekolahmuonline.com"

close