Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013. Rangkuman SKI di bawah ini khusus pembahasan materi Bab 8 tentang Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw.
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw
Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Semester Genap (Semester 2) terdiri dari 3 Bab. Ketiga Bab tersebut adalah:
  • Bab VI. Masa dewasa Nabi Muhammad Saw.
  • Bab VII. Peristiwa Kerasulan Nabi Muhammad Saw.
  • Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw.
Rangkuman atau ringkasan (review) ini cocok digunakan oleh Bapak/Ibu orang tua/wali murid atau kakak-kakak yang sedang mencari dan mendampingi putra/putri/adik-adik kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah belajar mandiri di rumah atau di mana saja dan kapan saja. Harapan kami, dengan adanya rangkuman ini membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri.

Rangkuman SKI Kelas III Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Semester Genap Bab 8 Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu:
A. Pengertian Mukjizat
B. Hancurnya Pasukan Gajah di Tahun Kelahiran Nabi Muhammad Saw.
C. Peristiwa yang Mengiringi Malam Kelahiran Muhammad Saw
D. Peristiwa Lura Biasa Pada Masa Kanak-Kanak Nabi Muhammad. Saw
E. Pengasuhan Pamannya
F. Awan menaungi Perjalanannya
G. Tanda Kenabian yang Ada di Antara Dua Pundaknya
H. Kabar Para Nabi dan Kitab-kitab sebelumnya

Nah, berikut ini rangkuman Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Semester Genap Bab 8 yang membahas tentang Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw.

- Kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki para nabi dan rasul disebut mukjizat.

- Kitab Al-Qur’an yang merupakan mukjizat paling besar bagi Nabi Muhammad saw.

- Kehancuran dan kekalahan tentara Gajah yang dipimpin raja Abrahah merupakan hadiah dari Allah Swt. sebagai penghormatan atas kelahiran Nabi Muhammad saw.. Karena peristiwa ini terjadi beberapa saat sebelum lahirnya Nabi Muhammad saw..

- Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pedagang Yahudi, bahwa akan lahir seorang Nabi dari golongan Arab, khususnya dari Kota Makkah.

- Di malam kelahiran Rasulullah saw, terjadi peristiwa luar biasa sebagai tanda kenabian Rasulullah Muhammad saw., seperti, Istana Kisra hancur, empat belas berandanya runtuh. Api Persia (sesembahan orang-orang Majusi) yang tidak pernah padam selama ribuan tahun menjadi padam.

- Nabi Muhammad saw. adalah Nabi yang terjaga sejak kecil karena beliau tidak pernah menyembah berhala seperti orang-orang di sekitarnya. Beliau tidak pernah makan daging hewan yang disembelih untuk kurban berhala.

- Berita tentang diri Nabi Muhammad saw. bahwa ia akan menjadi pemimpin dunia dan Nabi diperkuat dengan tanda-tanda waktu kelahirannya. Tanda-tanda tersebut diperkuat juga oleh penjelasan pendeta Buhaira. 

- Khatam An-Nubuwwah adalah tanda kenabian yang ada pada diri seorang Muhammad Saw.

- Tanda-tanda kerasulan Muhammad saw. yang diselidiki oleh Salman Al-Farisy atas wasiat seorang pendeta kristen Umuriyah dan oleh Tanukhi, utusan raja Romawi Timur.

Latihan Soal SKI Kelas III Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw

1. Mengapa Abdul Muthalib lebih melindungi unta-untanya dari pada Ka’bah?

2. Jelaskan mengapa Malaikat Jibril membelah dada Nabi Muhammad saw. sewaktu masih kanak-kanak!

3. Apa peristiwa luar biasa yang terjadi di tahun menjelang kelahiran dan di malam kelahiran Nabi Muhammad saw.?

4. Apa saja ciri kenabian yang dilihat oleh pendeta Bukhaira pada diri Nabi Muhammad saw.?

5. Jelaskan yang dimaksud dengan Khatam an-Nubuwwah!
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Buku SKI Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Semoga bermanfaat. Membantu mempermudah seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Karena pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Selamat membaca. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman dan Soal SKI Kelas 3 Semester Genap

Lengkap rangkuman atau ringkasan (review) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:
Lengkap soal dan kunci jawabannya Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw ~ sekolahmuonline.com"

close