Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw ~ sekolahmuonline.com

Soal SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Soal-soal SKI di bawah ini khusus pembahasan materi Bab 8 tentang Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw.
Soal SKI Kelas 3 MI Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw dan Kunci Jawabannya
Soal SKI Kelas 3 MI Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw dan Kunci Jawabannya

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Semester Genap (Semester 2) sebagaimana telah Sekolahmuonline sampaikan pada postingan rangkuman SKI Kelas 3 semester genap terdiri dari 3 Bab. Ketiga Bab tersebut adalah:
  • Bab VI. Masa dewasa Nabi Muhammad Saw.
  • Bab VII. Peristiwa Kerasulan Nabi Muhammad Saw.
  • Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw.
Contoh soal SKI kelas 3 ini sangat cocok digunakan oleh Bapak/Ibu orang tua/wali murid atau kakak-kakak yang sedang mencari dan mendampingi putra/putri/adik-adik kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah belajar mandiri di rumah atau di mana saja dan kapan saja. Harapan kami, dengan adanya contoh soal yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasannya di bawah ini membantu memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar secara mandiri.

Soal SKI Kelas III Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Semester Genap Bab 8 Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw terdiri dari beberapa pembahasan, yaitu:
A. Pengertian Mukjizat
B. Hancurnya Pasukan Gajah di Tahun Kelahiran Nabi Muhammad Saw.
C. Peristiwa yang Mengiringi Malam Kelahiran Muhammad Saw
D. Peristiwa Lura Biasa Pada Masa Kanak-Kanak Nabi Muhammad. Saw
E. Pengasuhan Pamannya
F. Awan menaungi Perjalanannya
G. Tanda Kenabian yang Ada di Antara Dua Pundaknya
H. Kabar Para Nabi dan Kitab-kitab sebelumnya

Nah, berikut ini soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Semester Genap Bab 8 yang membahas tentang Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw.

1. Mengapa Abdul Muthalib lebih melindungi unta-untanya dari pada Ka’bah?

2. Jelaskan mengapa Malaikat Jibril membelah dada Nabi Muhammad saw. sewaktu masih kanak-kanak!

3. Apa peristiwa luar biasa yang terjadi di tahun menjelang kelahiran dan di malam kelahiran Nabi Muhammad saw.?

4. Apa saja ciri kenabian yang dilihat oleh pendeta Bukhaira pada diri Nabi Muhammad saw.?

5. Jelaskan yang dimaksud dengan Khatam an-Nubuwwah!

Kunci Jawaban Soal SKI Kelas III Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw

1. Mengapa Abdul Muthalib lebih melindungi unta-untanya dari pada Ka’bah?

Jawaban:
Abdul Muthalib beralasan bahwa Tuhan Pemilik Kakbah yang akan melindungi sendiri miliknya.

Ketika bertemu Abrahah untuk meminta 200 ekor unta yang dirampas oleh pasukan Abrahah agar dikembalikan kepadanya, Abdul Muthalib berkata,
"Aku pemilik unta-unta itu, sementara Ka'bah ada pemiliknya sendiri yang akan melindunginya".

2. Jelaskan mengapa Malaikat Jibril membelah dada Nabi Muhammad saw. sewaktu masih kanak-kanak!

Jawaban:
Untuk membersihkan diri Nabi, membuang bagian yang dikuasai setan. 

Kisahnya:
Sebagaimana layaknya anak-anak, pada suatu hari ketika beliau sedang bermain bersama anak-anak lain, Nabi Muhammad saw. didatangi malaikat Jibril. Malaikat Jibril memegangi Nabi Muhammad saw. dan membelah dadanya. Malaikat Jibril mengeluarkan jantung Nabi Muhammad saw. dan menyingkirkan sebuah gumpalan seraya menyatakan: “Inilah bagian dirimu yang dikuasai setan”. Malaikat Jibril kemudian memandikan Nabi Muhammad saw. dalam baskom dari emas dengan air dari sumur Zamzam yang suci di dekat Ka’bah, sebelum menutup kembali dada Beliau.
Teman-teman Nabi berlari mendatangi Halimah sambil menjerit-jerit, ”Muhammad dibunuh!”. Sewaktu mendekati Muhammad, Halimah tampak pucat, dan terkejut Muhammad baik-baik saja.

Sejak adanya peristiwa tersebut, Halimah khawatir dan mengembalikan Muhammad ke pada ibundanya Siti Aminah.

3. Apa peristiwa luar biasa yang terjadi di tahun menjelang kelahiran dan di malam kelahiran Nabi Muhammad saw.?

Jawaban:
Peristiwa yang terjadi beberapa saat sebelum lahirnya Nabi Muhammad saw. adalah hancurnya pasukan raja Abrahah dari Yaman yang akan menyerang Kakbah.

Kehancuran dan kekalahan tentara Gajah yang dipimpin raja Abrahah merupakan hadiah dari Allah Swt. sebagai penghormatan atas kelahiran Nabi Muhammad saw..

Di malam kelahiran Rasulullah saw, terjadi peristiwa luar biasa sebagai tanda kenabian Rasulullah Muhammad saw., seperti, Istana Kisra hancur, empat belas berandanya runtuh. Api Persia (sesembahan orang-orang Majusi) yang tidak pernah padam selama ribuan tahun menjadi padam. [Sumber: Buku SKI Kelas III Madrasah Ibtidaiyah]

[Wallahu a'lam bisshawab]

4. Apa saja ciri kenabian yang dilihat oleh pendeta Bukhaira pada diri Nabi Muhammad saw.?

Jawaban:
- Ketika berjalan dinaungi awan
- Pohon dan batu tunduk sujud kepada Nabi
- Ada tanda/stempel keNabian pada pundak Nabi Muhammad saw

Kisahnya:

Awan menaungi perjalanan Nabi Muhammad saw

Perniagaan ke negeri Syam, kafilah dagang dari Makkah tatkala sampai disuatu tempat yang bernama Bushra, rombongannya itu bertemu dengan seorang pendeta Nasrani yang bernama “Buhaira”.

Pendeta Buhaira terheran melihat sebuah kafilah dagang yang datang dari Makkah, kafilah ini sudah sering lewat, tapi kali ini tidak seperti biasanya. Di atas mereka ada awan yang menaungi perjalanan mereka. Ketika mereka berhenti di bawah sebuah pohon, awan itu pun berhenti. Pendeta ini memandangi rombongan ini seakan mencari sesuatu dari mereka. Dia mendekat, lalu memegang tangan Muhammad saw. yang masih anak-anak sambil berkata: “Ini adalah pemimpin dunia dan Rasul Tuhan semesta alam, Allah mengutusnya sebagai rahmat bagi alam semesta.

Diantara sesepuh Quraisy bertanya: “Engkau tahu dari mana?” “Saat kalian tiba, pohon dan batu menunduk sujud. Kedua-duanya tidak sujud (kepada manusia) selain kepada seorang Nabi. Dan saya juga mengetahui dia (sebagai Nabi) dari khatam an-nubuwah yang ada di pundaknya….”.

Jamuan makan pun pendeta sajikan untuk rombongan Abu Ṭalib, dengan maksud untuk memperhatikan satu persatu orang yang manakah yang telah membawa tanda-tanda keNabiannya itu?
Awalnya nabi tidak pergi ke rumah pendeta, dan selaku anak kecil dia tinggal menunggu barang dagangannya itu. Setelah pendeta tidak menemukan yang di carinya, maka bertanyalah dia kepada Abu Ṭalib: “Adakah di antara tuan-tuan yang belum datang ke mari? Saya ini akan menjamu semuanya.”Sahut Abu Ṭalib, “Ada seorang anak kecil, kemenakan saya sendiri, dia sedang menunggu barang dagangan.” Jawab pendeta itu: “Bawalah dia ke mari sekalipun dia masih kanak-kanak”. Kemudian Muhammad datanglah ke tempat pendeta itu. Setelah berhadapan muka dengan pendeta, maka pendeta itu memperhatikan gerak-gerik dan sifat-sifat serta tanda yang dicarinya. Semuanya itu terdapat pada diri Muhammad.

Maka pendetapun memuji-muji Muhammad dan memberi nasehat kepada Abu Ṭalib, supaya anak ini dipelihara baik-baik, karena anak inilah yang akan menjadi pemimpin ummat di kemudian hari. Andaikata diketahui oleh orang Yahudi, bahwa anak inilah yang menjadi Rasul di kemudian hari, tentulah mereka berusaha untuk membunuhnya. Orang Yahudi mempunyai sifat busuk hati, dan mereka menginginkan orang yang menjadi Rasul itu hendaknya dari kalangan Bani Israil saja, jangan dari bangsa lain (Arab). [Sumber: Buku SKI Kelas III Madrasah Ibtidaiyah]

5. Jelaskan yang dimaksud dengan Khatam an-Nubuwwah!

Jawaban:
Khatam An-Nubuwwah adalah tanda kenabian yang ada pada diri seorang nabi. Khatam An-Nubuwwah artinya stempel kenabian. Tanda ini adalah tahi lalat berwarna hitam kekuning-kuningan. Sebahagian ulama mengatakan disitu tertulis (Muhammad rasul utusan Allah).

Penjelasan tambahan:
Selain keajaiban awan, tanda Khatam An-Nubuwwah telah membuat pendeta Buhaira menyuruh Abu Thalib yang sedang berdagang di Syam untuk segera membawa Muhammad saw. pulang ke Makkah. Sebab, dia khawatir jika orang-orang Yahudi yang mengetahuinya akan membunuhnya karena iri.

Tanda ini juga yang dicari oleh seorang shahabat berkebangsaan Persia, Salman Alfarisy atas wasiat dari seorang pendeta kristen Umuriyah, Wilayah Romawi. Tanda ini pula yang diselidiki oleh Tanukhi atas perintah raja Romawi Timur, yang pada akhirnya membuatnya masuk Islam.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal SKI Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw lengkap dengan kunci jawaban atau pembahasannya. Semoga bermanfaat. Membantu mempermudah seluruh rakyat Indonesia dalam belajar dimana saja dan kapan saja. Karena pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa Indonesia. Selamat membaca. Silakan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman dan Soal SKI Kelas 3 Semester Genap

Lengkap rangkuman atau ringkasan (review) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:
Lengkap soal dan kunci jawabannya Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Semester Genap (Semester 2) Kurikulum 2013 semua Bab silakan baca pada postingan-postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Soal SKI Kelas 3 Semester 2 Bab VIII. Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad Saw ~ sekolahmuonline.com"

close