Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern ~ sekolahmuonline.com

Soal PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting contoh soal Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) atau PAIBP kelas Kelas XI SMA/SMK Semester 2 Kurikulum 2013 dan kunci jawabannya. Kali ini Sekolahmuonline sajikan Soal PAI Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya.
Soal PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya
Soal PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya

PAIBP kelas XI SMA/SMK Semester 2 (Semester Genap) terdiri lima Bab, yaitu Bab 7, 8, 9, 10, dan 11. Kelima Bab tersebut adalah:
  • Bab 7 Hidup Damai dengan Toleransi dan Menghindari dari Tindak Kekerasan
  • Bab 8 Meneladani Rasul Allah dengan Perilaku Santun
  • Bab 9 Hormati dan Patuhi Orang Tua dan Guru
  • Bab 10 Hidup Berkah dengan Ekonomi Islam
  • Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern
Nah, berikut ini adalah Soal PAIBP Kelas XI SMA/SMK Kurikulum 2013 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern. Selamat membaca dan mempelajari. Semoga memudahkan seluruh rakyat Indonesia dalam belajar di mana saja dan kapan saja.

Soal PAI Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern

Soal-soal PAI kelas XI Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern yang Sekolahmuonline posting berikut ini terdiri dari soal-soal pilihan ganda dan soal-soal essay. Bagian pertama terdiri dari 10 soal Pilihan Ganda, sedangkan bagian kedua terdiri dari 5 soal essay (esai) atau uraian. 

A. Soal Pilihan Ganda PAI Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar!

1. Ajaran Islam bukan hanya mementingkan soal akhirat, tetapi juga soal dunia. Umat Islam juga harus memperhatikan kehidupan dunia. Pemikiran ini dikemukakan oleh ….
A. Jamaludin Al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi R. Al-Tahtawi

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Pokok-pokok pemikiran Jamaludin Al-Afghani adalah:
1) penyebab kemunduran Islam disebabkan beberapa hal, yaitu: akhlak buruk dan acuh terhadap ilmu pengetahuan, kelemahan umat Islam dalam segala sektor, dan kurangnya usaha dalam mencerdaskan umat, baik untuk menekuni dasar-dasar ilmu agama maupun upaya transformasi ilmu pengetahuan, intepretasi tentang makna qadha dan qadar yang salah sehingga memalingkan dari usaha dan kerja keras, kekeliruan dalam memahami hadits Nabi Muhammad Saw bahwa umat Islam akan mengamalami kemunduran pada akhir zaman. Kesalahan ini menyebabkan umat Islam tidak mau berusaha untuk memperbaiki nasib, dan lemahnya ukhuwah Islam;
2) menggulirkan pan-Islamisme, yaitu paham yang bertujuan mempersatukan seluruh umat Islam di dunia. Hal yang melatarbelakangi pemikiran tersebut adalah dominasi kolonial Barat di dunia Islam pada masa itu;
3) antara laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama. Keduanya memiliki akal untuk berpikir. Ide pembaruannya tentang kesetaraan gender ini pun berdampak emansipasi wanita.
4) berusaha mengubah sistem pemerintahan autokrasi menjadi demokrasi.

2. Gerakan Pan Islamisme digelorakan oleh tokoh pembaharu Islam yang bernama ….
A. Jamaludin Al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi R. Al-Tahtawi

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Pan-Islamisme, yaitu paham yang bertujuan mempersatukan seluruh umat Islam di dunia. Hal yang melatarbelakangi pemikiran tersebut adalah dominasi kolonial Barat di dunia Islam pada masa itu

3. Menurut Harun Nasution, membagi sejarah Islam ke dalam tiga periode besar. Di antaranya masa tahun 1800 sampai sekarang. Pada masa itu oleh Harun Nasution disebut dengan masa….
A. masa klasik
B. masa pertengahan
C. masa transisi
D. masa modern
E. masa kejayaan

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Dalam periodisasi sejarah Islam, Prof. Dr. H. Harun Nasution, pakar studi Islam, membagi menjadi tiga:
- masa klasik: 650 - 1250 M
- masa pertengahan: 1250 - 1500 M
- masa modern: 1800 M - sekarang

4. Pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikiran tersebut dikemukakan oleh….
A. Jamaludin Al-Afghani dan Sayyid Ahmad Khan
B. Muhammad Rasyid Ridha dan Jamaludin Al-Afghani
C. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal
D. Sultan Mahmud II dan Namik Kemal
E. Rifa’ah Baidawi dan Muhammad Ali Pasya

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Ide pokok pikiran Muhammad Abduh diantaranya:
Pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam;

Diantara pokok-pokok pikiran Muhammad Iqbal adalah:
Pintu ijtihad masih terbuka. Ijtihad bagi Iqbal merupakan dasar pergerakan dalam Islam. Ijtihad dibutuhkan pada setiap zaman untuk menyesuaikan ajaran Islam dengan tuntutan zaman

5. Tokoh pembaharu pada abad ke-18 yang mendirikan sekolah Maktebi Ma’aarif dan Maktebi Ulum’i edibiyet dan sekolah kedokteran, militer, dan teknik adalah… 
A. Jamaludin Al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Rifa’ah Baidawi

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Sultan Muhammad II lahir pada tahun 1785 dan wafat pada tahun 1839. Latar belakang pendidikannya adalah agama Islam, pemerintahan, sejarah, sastra Arab, sastra Turki, sastra Persia. Ia diangkat menjadi Sultan pada usia yang masih muda, yaitu 22 tahun. Dalam pemerintahannya, Turki semakin kuat.

Adapun usaha-usaha yang dilakukan Sultan Mahmud II, di antaranya:
1) melakukan pembaruan di bidang
pendidikan dengan memasukkan kurikulum pengetahuan umum dalam lembaga-lembaga pendidikan madrasah;
2) mendirikan sekolah Mektebi Ma’arif, untuk mencetak tenagatenaga ahli di bidang administrasi. Selain itu, ia membangun sekolah Mektebi Ulumi Edebiyet, untuk menyediakan tenaga-tenaga ahli penterjemah;
3) mendirikan sekolah di bidang kedokteran, militer, dan teknik;
4) menerapkan demokrasi dalam pemerintahannya;
5) menghapus pengultusan sultan yang dianggap suci oleh rakyatnya.

6. Di bawah ini adalah tokoh pembaharu dari Mesir ….
A. Jamaludin Al-Afghani dan Sayyid Ahmad Khan
B. Muhammad Rasyid Ridha dan Jamaludin Al-Afghani
C. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal
D. Sultan Mahmud II dan Namik Kemal
E. Muhammad Ali Pasya dan Muhammad Iqbal

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Jamaludin Al-Afghani (1838 – 1897 M)
Nama lengkapnya adalah Jamaludin Al-Afghani. Ia lahir pada tahun 1839 M di Afghanistan, dan meniggal dunia di Istanbul pada tahun 1897 M. Jamaludin ialah pemimpin pembaharuan Islam yang tempat tinggal dan aktivitasnya berpindah-pindah dari satu negara ke negara yang lain. Pengaruh pemikiran dan pembaharuannya yang paling besar dan nyata ialah di Mesir. Oleh karena itu, meskipun masa kecilnya dihabiskan di Afghanistan, perjuangannya lebih banyak di Mesir, Hijaz, Yaman, Rusia, Turki, Inggris, India, dan Perancis. 
Rasyid Ridha (1865 - 1935 M)
Nama lengkapnya adalah Muhammad Rasyid bin Ali Ridha bin Syamsudi bin Baha’uddin al-Qalmuni al-Husaini. Nama populernya adalah Rasyid Ridha. Ia dilahirkan di Qalamun, yang tidak jauh dari Kota Tripoli Lebanon pada tanggal 23 September 1865 M. Ridha termasuk anak yang rajin. Pada saat itu, anak-anak seusianya asyik main, ia justru menghabiskan waktunya untuk membaca buku. Setelah menyelesaikan pendidikan di Qalamun, ia melanjutkan belajarnya di Madrasah al-Wathaniyah al-Islamiyah (Sekolah Nasional Islam) di Tripoli. 

Latar belakang pembaruan yang dilakukan Ridha adalah tuntutan zaman yang menuntut adanya perubahan. Ia hidup pada akhir abad ke-19 hingga sepertiga abad ke-20. Pada masa itu kondisi umat Islam berada pada posisi yang sangat buruk, kemunduran di berbagai bidang. Dalam pemikirannya, ia terpengaruh dengan pemikiran dari Jamaludin al-Afghani dan Muhammad Abduh. Setelah Jamaludin al-Afhani wafat, ia ingin sekali bertemu Muhammad Abduh untuk menimba ilmu darinya dan mengetahui pandangannya tentang reformasi Islam. Kemudian, pada tahun 1897, ia berjumpa dengan Muhammad Abduh. Atas persetujuan Abduh, ia menerbitkan majalah ”al-Manar”. Tujuan penerbitan tersebut adalah untuk menjadi corong bagi gerakan pembaruan Islam dalam memajukan umat Islam dan membebaskan dari belenggu penjajah. 

7. Di bawah ini adalah tokoh pembaharu yang dikenal dengan bapak pendiri Negara Pakistan adalah ….
A. Jamaludin Al-Afghani
B. Muhammad Rasyid Ridha
C. Muhammad Abduh
D. Sultan Mahmud II
E. Muhammad Iqbal

Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Meskipun tidak sempat menyaksikan langsung pendirian berdirinya Negara Pakistan, tetapi karena jasanya, Iqbal tetap dikenang menjadi pahlawan nasional di Pakistan. Namanya diabadikan menjadi nama bandar udara internasional Muhammad Iqbal di Lahore, Pakistan.

8. Berikut ini adalah organisasi yang memberikan fatwa dan nasehat tentang keagamaan dan kemasyarakatan di Indonesia adalah....
A. MUI
B. PUI
C. SDI
D. DMI
E. DDII

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Majelis Ulama Indonesia adalah lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendekiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia berdiri pada 17 Rajab 1395 Hijriah atau 26 Juli 1975 Masehi di Jakarta, Indonesia. 

9. Di bawah ini adalah tokoh Islam pada masa modern dalam bidang sastra adalah….
A. Muhammad Abduh dan Muhammad Iqbal
B. Muhammad Abduh dan Muhammad Husain Haekal
C. Muhammad Iqbal dan Muhammad Husain Haekal
D. Abdus Salam dan Muhammad Ali Pasya
E. Abdus Salam dan Muhammad Rasyid Ridha

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Muhammad Abduh (1849 - 1905 M)
Nama lengkapnya adalah Muhammad Abduh Hasan Khairullah. Ia dilahirkan di Mahallat Nasr, Syubra Khit, al-Bahirah Mesir tahun 1849 M. Ia masih keturunan Umar bin Khatab dari garis ibunya. Abduh belajar agama ke Syekh Ahmad pada tahun 1862. Kemudian, ia melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Kairo pada tahun 1866. Setelah menyelesaikan studinya, ia mengajar di Al-Azhar. Puncak kariernya, ia menjadi mufti pertama di Mesir pada tanggal 3 Juni 1899. Muhammad Abduh meninggal pada tanggal 11 Juli 1905.

10. Di bawah ini yang bukan merupakan hikmah mempelajari perkembangan Islam pada abad modern, adalah ….
A. mendorong umat Islam untuk menguasai IPTEK
B. mendorong umat Islam untuk menjadi orang kaya
C. mendorong semangat untuk berjuang
D. mendorong umat Islam meraih kemajuan yang hakiki
E. mendorong umat Islam memiliki prinsip hidup yang kuat 

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Sudah jelas

B. Soal Essay PAI Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern

Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Jelaskan kondisi umat Islam pada tahun 1800!

Jawaban:
Kondisi umat Islam pada tahun 1800 adalah zaman kebangkitan umat Islam. Ekspedisi Napoleon Bonaparte di Mesir yang berakhir pada tahun 1801, membuka mata dunia Islamm, terutama di Turki dan Mesir akan kemunduran dan kelemahan umat Islam. Raja dan pemuka Islam berpikir dan mencari jalan untuk mengembalikan kejayaan umat Islam. Sehingga lahirlah para pembaharu dan kebangkitan umat Islam dalam berbagai bidang.

2. Bagaimana persamaan pemikiran dari Muhammad Abdul dengan Rasyid Rida?

Jawaban:
Persamaan pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha bahwa pintu ijtihad masih terbuka lebar bagi umat Islam. Ijtihad merupakan dasar penting dalam menafsirkan kembali ajaran Islam. Pemikirannya bersifat rasional.

3. Bagaimana dampak pembaruan Islam pada masa modern bagi bangsa Indonesia?

Jawaban:
Dampak Pembaruan Islam pada masa modern bagi Indonesia adalah gerakan Pan Islamisme diantara menjadi cikal bakal dari gerakan persatuan untuk menentang penjajah. Banyak orang yang haji, pulang dari Makkah melakukan perlawanan kepada penjajah, selain itu dengan berdirinya organisasi Islam di Indonesia. 

4. Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern! Jelaskan!

Jawaban:
Hasil peradaban Islam pada masa modern adalah dengan majunya dalam berbagai bidang, contohnya arsitektur, sastra, dan kaligrafi di Mesir, Arab Saudi, Irak, Iran, Irak, Malaysia, Brunei Darussalam, maupu di Indonesia.

5. Bagaimana hikmah yang dapat diambil dari pemikiran tokoh-tokoh pembaharu Islam pada masa modern, khususnya pelajaran sekarang dalam kehidupan sehari-hari? Minimal tiga.

Jawaban:
Hikmah yang dapat diambil dari pemikiran tokoh-tokoh pembaharu pada masa modern adalah:
a. dapat mengetahuai latar belakang pemikiran seorang pembaharu
b. dapat mengetahui pemikiran tokoh pembaharu dalam menjawab masalah saat itu.
c. belajar dari para tokoh pembaharu untuk mengatasi masalah umat Islam saat itu.
d. belajar bagaimana kiprah para pembaharu tidak lepas dari karya mereka yang sampai sekarang masih bisa dikaji.

6. Apa manfaat belajar Peradaban Islam pada Masa modern? 

Jawaban:
Manfaat belajar Peradaban Islam pada Masa modern:
a. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi dengan agama yang kokoh akan mengantarkan kemajuan umat Islam di masa yang akan datang;
b. mengkaji Al-Qur’an, hadits, dan ijtihad para ulama sebagai fondasi untuk membangun peradaban umat Islam yang rahmatan lil aalamiin di masa yang akan datang;
c. mengkaji ilmu-ilmu keislaman (nahwu, sharaf, ΓΏ qih, ushul fiqih, mantiq, bahasa arab, ulum Al-Qur’an, ulum al-Haditst dan sebagainya) sebagai fondasi untuk menjadi mujtahid;
d. belajar kelemahan-kelemahan pada masa lalu, sebagai bahan introspeksi untuk menatap masa depan umat Islam;
e. berpikir dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Islam harus menjadi pelopor perubahan sebagaimana amanat dalam Q.S. al-Ra’du: 11;
f. memperkuat semangat ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama warga negara), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan dengan sesama manusia);
g. semangat untuk berkarya, baik melalui kebijakan yang progresif maupun kitab atau buku atau majalah untuk menebarkan ideide kretarif dan inovatif untuk perubahan yang lebih baik di masa yang akan datang.


Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal PAI Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Soal-soal pilihan ganda dan essay mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) atau Soal PAI Kelas 11 Semester 2 Kurikulum 2013 semua Bab beserta kunci jawaban dan pembahasannya, silakan buka judul-judul soal di bawah ini. Sesuaikan dengan apa yang Anda cari/butuhkan. Tinggal klik judulnya saja.

Posting Komentar untuk "Soal PAI Kelas 11 Semester 2 Bab 11 Peradaban Islam pada Masa Modern ~ sekolahmuonline.com"

close