Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 10 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 10 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal essay (esai) atau uraian Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS Ganjil) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 10 SMA/SMK/MA/MAK. Soal-soal berikut adalah gabungan dari soal-soal semua Bab PAIBP Kelas X semester gasal (semester 1). Dari Bab 1 sampai dengan Bab 5.
Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 10 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) lengkap dengan kunci jawabannya
PAS Ganjil atau UAS Ganjil dalam kurikulum merdeka (merdeka belajar) adalah bagian dari Asesemen. Dalam Asesemen termasuk jenis assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran).

Sebelumnya Sekolahmuonline sudah menyajikan contoh soal PAS Ganjil PAIBP dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 50 soal lengkap dengan kunci jawabannya. Bagi pembaca Sekolahmuonline yang ingin membaca dan mempelajarinya silakan buka judul berikut ini:
Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga membantu memberi kemudahan Bapak/Ibu Guru dalam membuat soal. Bagi anak-anak kelas X tentu juga senang dan bermanfaat sekali jika soal-soal di bawah ini banyak yang keluar pada tes PAS Ganjil PAIBP besok.

Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas X

Bab-bab yang diujikan dalam soal PAS Ganjil PAIBP kelas 10 di bawah yaitu:
  1. Bab 1 Meraih Kesuksesan dengan Kompetisi dalam Kebaikan dan Etos Kerja
  2. Bab 2 Memahami Hakikat dan Mewujudkan Ketauhidan dengan Syu’abul (Cabang) Iman
  3. Bab 3 Menjalani Hidup Penuh Manfaat dengan Menghindari Berfoya-foya, Riya’, Sum’ah, Takabbur, dan Hasad
  4. Bab 4 Asuransi, Bank, Koperasi Syariah untuk Perekonomian Umat dan Bisnis yang Maslahah
  5. Bab 5 Meneladani Peran Ulama Penyebar Ajaran Islam di Indonesia
Nah, berikut ini soal dan kunci jawabannya PAS Ganjil PAIBP Kelas X semester ganjil/gasal kurikulum merdeka (merdeka belajar). Selamat membaca dan mempelajari. 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Kehidupan dunia diwarnai dengan perubahan yang sangat dinamis. Allah menganjurkan umatnya agar berkompetisi dalam kebaikan. Nabi Saw. mengajarkan agar mengawali amal dengan membaca basmalah. Mengapa saat mengawali suatu amal kebaikan harus dengan membaca basmalah dan berdoa kepada Allah Swt.?

Jawaban:
Agar diberikan kemudahan, kelancaran, dan keberkahan. 
Doa merupakan kekuatan spiritual yang akan mendorong kalian untuk berusaha maksimal hingga amal tersebut paripurna. Di samping itu ada nilai pahala atas amal yang kalian lakukan dengan ikhlas. 

2. Setiap ajaran Al-Qur’an pasti memiliki hikmah dan manfaat, termasuk ajaran fastabiqul khairat. Sifat mulia ini akan mendatangkan banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Sebutkan dan jelaskan manfaat fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:
Manfaat fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
1) Memperoleh rida dan pahala dari Allah Swt.
2) Menjadi manusia yang bermanfaat
3) Mempercepat terselesaikannya pekerjaan
4) Termotivasi untuk menjadi lebih baik
5) Menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggungjawab
6) Mempererat hubungan antar sesama

3. Berlomba dalam kebaikan dapat dilakukan oleh setiap muslim di manapun ia berada. Lebih dari itu, Islam sangat menganjurkan agar bersegara melakukan kebaikan dengan penuh semangat dan etos kerja tinggi. Mengapa seorang mukmin harus bersegera dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dan beretos kerja?

Jawaban:
Karena kesempatan waktu hidup di dunia hanya sementara dan terbatas oleh ruang dan waktu. Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan dipanggil menghadap Allah Swt. Di samping itu, tidak ada yang tahu perubahan yang akan dialami oleh seseorang. Bisa jadi malam ia beriman, esoknya sudah tidak memiliki iman. Atau malam ia masih shalat berjamaah di masjid, pagi terjerumus dalam kemaksiatan.

4. Pesaing bukan musuh yang harus dikalahkan tetapi merupakan rekan kerja dalam berkompetisi secara sehat. Pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama akan mempererat tali persaudaraan di antara sesama. Mengapa bisa demikian?

Jawaban:
Karena peran serta dan keterlibatan masing-masing individu dalam satu kelompok akan semakin memperkuat jalinan hubungan kekeluargaan

5. Q.S at-Taubah/9:105 berisi pesan-pesan mulia yang harus dilakukan oleh setiap muslim dalam kehidupan sehari-hari. Sebutkan pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S at-Taubah/9:105!

Jawaban:
Pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S. atTaubah/9: 105 adalah
1. Allah Swt. memerintahkan untuk beramal saleh hingga manfaatnya bisa dirasakan oleh diri sendiri maupun masyarakat luas. Amal tersebut harus dilakukan dengan ikhlas karena mengharap rida dari Allah Swt.
2. Setiap amal akan dilihat oleh Allah Swt., Rasulullah Saw. dan mukminin di akhirat kelak. Lalu akan dibalas sesuai amal tersebut, jika amalnya baik maka mendapat pahala, sebaliknya jika amalnya 
buruk maka akan dibalas dengan siksa. Karenanya seorang muslim haruslah memperbanyak amal saleh ketika hidup di dunia. 
3. Janganlah merasa amalnya sudah cukup banyak untuk bekal hidup di akhirat. Sifat ini akan menghambat munculnya keinginan untuk beramal saleh lagi. Tumbuhkan inisatif untuk melakukan amal saleh sehingga orang lain ikut tergerak untuk melakukannya. Pahala berlipat akan diberikan oleh Allah Swt. kepada orang yang memberi contoh tanpa mengurangi pahala mereka yang mencontoh.
Setiap manusia akan kembali ke kampung akhirat, dan menerima balasan amal perbuatannya. Seorang mukmin hendaklah jangan larut dengan gemerlap kehidupan duniawi hingga melalaikan akhirat yang kekal abadi.

6. Perhatikan HR. Ibnu Majah dan habrani RA berikut ini!

Jelaskan apakah maksud dari hadis tersebut?

Jawaban:
Dimensi dari keimanan itu menyangkut tiga ranah yaitu:
1) ‘Tashdiqun bil qalbi yaitu meyakini dengan hati
2) Iqrarun bil lisan yaitu diucapkan dengan lisan
3) ‘Amalun bil arkan yaitu mengamalkannya dengan perbuatan anggota badan

7. Sebutkan lima cabang iman dari ranah tashdiqun bil qalbi!

Jawaban:
1. Iman kepada Allah Swt.
2. Iman kepada malaikat Allah Swt.
3. Iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4. Iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
5. Iman kepada takdir baik dan takdir buruk Allah Swt.

(Minimal jawaban, bisa juga dari 25 cabang iman yang lain)

8. Sebutkan lima cabang iman dari ranah iqrarun bil lisan!

Jawaban:
1. Membaca kalimat thayyibah (kalimat-kalimat yang baik)
2. Membaca kitab suci Al-Qur`an
3. Belajar dan menuntut ilmu
4. Mengajarkan ilmu kepada orang lain
5. Dzikir kepada Allah Swt. termasuk istighfar
(Minimal jawaban, bisa juga dari 2 cabang iman yang lain)

9. Sebutkan lima cabang iman dari ranah ‘amalun bil arkan!

Jawaban:
1. Bersuci atau thaharah termasuk di dalamnya kesucian badan, pakaian dan tempat tinggal
2. Menegakkan shalat baik salat fardlu, salat sunah maupun mengqada salat
3. Bersedekah kepada fakir miskin dan anak yatim, membayar zakat itrah dan zakat mal, memuliakan tamu serta membebaskan budak.
4. Menjalankan puasa wajib dan sunah
5. Melaksanakan haji bagi yang mampu

10. Jelaskan masalah-masalah keimanan yang terjadi saat ini. Uraikan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana solusinya menurutmu!

Jawaban:
Masalah-masalah keimanan yang terjadi saat ini:
1) Mukmin yang saling mendengki
2) Kaum munaik yang membenci kaum mukmin
3) Orang kair yang memerangi kaum mukmin
4) Tipu muslihat setan yang selalu menyesatkan
5) Godaan hawa nafsu dari dalam diri setiap mukmin

Hal tersebut bisa terjadi, karena iman yang dimiliki oleh seorang muslim, belum menyeluruh dalam setiap aspek mulai dari hati, lisan dan perbuatan sehingga belum bisa istiqamah untuk selalu berada pada jalan-jalan kebenaran.

11. Secara kodrat alamiah, manusia memang memiliki tabiat mencintai harta. Pada saat uang dan hartanya melimpah, perilakunya bisa berubah menjadi lebih konsumtif. Mengapa bisa demikian? Bagaimana caranya agar terhindar dasi sifat konsumtif?

Jawaban:
Ia merasa mampu membeli semua barang yang diinginkan. Ada perasaan puas dan bangga apabila mampu membelu barang mewah, unik dan berbeda dari kepunyaan orang lain. 

Cara menghindarinya yaitu dengan membuat skala prioritas kebutuhan. Membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan

12. Sifat berfoya-foya akan berdampak negatif dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah memicu frustasi dan tekanan batin, takut hartanya habis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jelaskan!

Jawaban:
Seseorang yang bergaya hidup foya-foya akan banyak mengeluarkan harta secara tidak terkontrol karena memperturutkan gengsi dan hawa nafsu. Pada akhirnya mereka sangat khawatir apabila hartanya habis dan tidak bisa lagi membeli sesuatu untuk memuaskan keinginannya. Lebih parah lagi jika pengeluaran lebih banyak dari penghasilan, maka akan menimbulkan frustasi yang lebih parah

13. Sifat riya’ dan sum’ah bisa muncul pada diri seseorang pada saat melakukan ibadah ataupun setelah melakukannya. Rasulullah Saw. menegaskan bahwa riya’ termasuk syirik khafi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan syirik khafi!

Jawaban:
Syirik khafi yaitu syirik yang samar dan tersembunyi.

14. Ditinjau dari bentuknya, riya’ dibagi menjadi dua, yaitu riya’ dalam niat dan riya’ dalam perbuatan. Sebutkan sebuah contoh riya’ dalam niat!

Jawaban:
Contoh riya’ dalam niat;
Seseorang berkata bahwa ia ikhlas beribadah karena Allah Swt. padahal dalam hatinya tidak demikian, maka hal ini termasuk riya’ dalam niat.

15. Salah satu sifat tercela yang termasuk dosa besar adalah takabur. Oleh karenanya setiap umat Islam harus berusaha sekuat tenaga untuk menghindari sifat tersebut. Sebutkan ciri-ciri orang yang bersifat takabur!

Jawaban:
Ciri-ciri orang yang bersifat takabur adalah:
a) merasa lebih kuat, lebih hebat dibanding orang lain. 
b) selalu meremahkan dan merendahkan orang lain
c) tidak mau mengakui kehebatan dan keberhasilan orang lain
d) tidak mau menerima saran dan pendapat dari orang lain

16. Mengapa terdapat perbedaan mendasar antara lembaga keuangan 
konvensional dan lembaga keuangan syariah? Jelaskan!

Jawaban:
Apabila dalam ekonomi konvensional, tujuan utama dari aktivitas ekonomi semata-mata hanyalah untuk mendapatkan keuntungan dan kepentingan duniawi, maka dalam ekonomi syariah segala aktivitas perekonomian tujuan akhirnya harus seimbang antara kepentingan duniawi dan kepentingan ukhrawi

17. Jelaskan jenis-jenis usaha bank syariah dalam rangka mendorong dan mendukung perekonomian umat!

Jawaban:
Jenis-jenis usaha bank syariah:
a. Menghimpun dana dari masyarakat
b. Penyaluran dana kepada masyarakat
c. Jasa pelayanan

Ketiga usaha tersebut menerapkan prinsip bagi hasil dan menghindari praktik riba dengan tidak menerapkan bunga seperti usaha yang dijalani oleh lembaga keuangan konvensional

18. Bagaimana perbedaan antara bai’al mudharabah, bai’ al-istishna’ dan bai’al-salaam pada kegiatan usaha koperasi syariah? Jelaskan dengan memberikan contohnya!

Jawaban:
Perbedaan antara bai’ al-mudharabah dengan bai’ alistishna dan bai’ al-salam adalah:
Transaksi bai’ al-mudharabah adalah jual beli yang dilakukan di mana penjual secara transparan akan menyampaikan harga perolehan barang, dan melakukan kesepakatan dengan calon pembeli berapa laba yang akan ia ambil secara transparan.
Sedangkan bai al-istishna’ dan bai’ al-salam adalah jual beli yang dilakukan antara 3 pihak (pembeli – distributor – penjual). Jika pembayaran dilakukan secara tunai maka disebut bai’al-istisna namun jika dilakukan dengan mengangsur, maka disebut bai’ alsalam

19. Mengapa masyarakat muslim Indonesia semestinya mempercayakan transaksi keuanganya melalui unit usaha syariah? Jelaskan hikmah dan manfaat bertransaksi melalui unit usaha syariah tersebut!

Jawaban:
Karena dengan bertransaksi pada unit usaha syariah, merupakan salah satu upaya untuk menghindari berkembangnya praktik riba, sebagaimana yang Allah Swt. perintahkan bahwa bagi umat Islam Allah Swt. menghalalkan jual beli dan meninggalkan praktik riba. Dan usaha keuangan syariah adalah salah satu representasi konkrit di masyarakat untuk menghindari praktik-praktik riba yang akan merugikan mereka

20. Pernahkah kalian mendengar seseorang yang terjebak pada praktik pinjaman rentenir? Apa yang kalian ketahui dengan pinjaman rentenir? Jelaskan, mengapa agama menganjurkan umat Islam untuk menghindari bertransaksi dengan pinjaman yang bersumber dari rentenir!

Jawaban:
Pinjaman rentenir adalah pinjaman permodalan atau keuangan namun dengan kewajiban pengembalian yang disertai perhitungan bunga pinjaman yang sangat tinggi sehingga seringkali ‘mencekik’ rentabilitas (kemampuan mengembalikan) dari para peminjamnya. 
Agama melarang umat Islam untuk meminjam uang kepada rentenir karena jelas di dalamnya terdapat praktik riba dan sangat berisiko menimbulkan kerugian dan kesengsaraan bagi peminjamnya, sehingga menjadikan hidup tidak maslahat.

21. Jelaskan kenapa agama Islam mudah diterima oleh penduduk Indonesia?

Jawaban:
Agama Islam mudah diterima oleh penduduk Indonesia dikarenakan mudahnya syarat-syarat untuk masuk agama Islam. Untuk menjadi seorang muslim, seseorang cukup mengucapkan dua kalimat syahadat, yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul. 
- Syahadat Tauhid: أَشْهَدُ أَنّ لَّا إِلَٰهَ إِلَّإ الله 
- Syahadat Rasul: وأَشْهَدُ ان محمداً رسول الله

Di samping itu, kegigihan dan semangat para juru dakwah melalui berbagai saluran Islamisasi di Indonesia juga berperan penting terhadap keberhasilan dakwah di Indonesia secara damai

22. Ada beberapa teori tentang masuknya agama Islam di Indonesia, diantaranya teori disebut dengan Teori Gujarat oleh Prof. Dr. C. Snouck Hurgronje. Jelaskan bagaimana Islam masuk ke Indonesia menurut teori Gujarat!

Jawaban:
Menurut teori Gujarat ini, Islam masuk ke Indonesia dari Gujarat. Snouck Hurgronje berkeyakinan bahwa tidak mungkin Islam masuk ke Indonesia langsung berasal dari Arabia tanpa melalui ajaran tasawuf yang berkembang di Gujarat, India. Wilayah Kerajaan Samudra Pasai merupakan daerah pertama penerima ajaran agama Islam., yakni pada abad ke-13 Masehi.
Teori ini belum menjelaskan secara rinci antara masuk dan berkembangnya Islam di wilayah Indonesia. Tidak ada penjelasan mengenai mazhab apa yang berkembang di Samudra Pasai. Teori ini juga tidak menjelaskan mengapa saat Islam datang langsung mampu mendirikan kerajaan yang memiliki kekuasaan politik besar.

23. Jelaskan manfaat adanya kekuasaan politik yang dimiliki oleh para sultan dalam penyebaran agama Islam!

Jawaban:
Dengan adanya kekuasaan politik yang dimiliki oleh para sultan, maka akan mempengaruhi rakyat guna memeluk Islam. Sultan dapat menggunakan kekuasaannya untuk menyebarkan ajaran Islam ke seluruh pelosok wilayahnya. Nilai-nilai Islam juga dapat dimasukkan ke dalam sistem pemerintahan, sehingga semakin memudahkan dalam penyebaran agama Islam

24. Catatan apa yang didapat oleh Ibnu Batutah ketika berkunjung ke Kesultanan Samudera Pasai?

Jawaban:
Ibnu Batutah pernah berkunjung ke Kesultanan Samudra Pasai pada tahun 745-746 H / 1345 M.
Menurut catatan Ibnu Batutah dijelaskan bahwa di Gujarat berkembang Mazhab Syi’ah. Sedangkan kesultanan Samudra Pasai adalah bermazhab Syai’i.
Atas dasar ini Buya Hamka berkeyakinan bahwa Islam dibawa langsung oleh saudagar dari Makkah, bukan dari Gujarat.

25. Menurut pendapatmu, apakah sikap hidup sederhana masih dapat diterapkan pada zaman sekarang?

Jawaban:
Sikap hidup sederhana dapat diterapkan oleh setiap muslim pada zaman sekarang, bahkan justru nilai manfaatnya semakin besar. Penerapan sikap hidup 
sederhana tergantung pada sikap, mental, dan tekad masing-masing individu. Jadi, setiap muslim dapat menerapkan sikap hidup sederhana di mana saja dan kapan saja.


Lengkap Soal dan Rangkuman Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 10 SMA/SMK semua Bab silahkan baca dan pelajari pada postingan-postingan di bawah ini (Klik/Tekan/Pencet judul yang diinginkan):

Soal PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka dan Jawabannya:
Rangkuman PAIBP Kelas X Kurikulum Merdeka:

Posting Komentar untuk "Soal Essay PAS Ganjil PAIBP Kelas 10 (Asesmen Sumatif PAIBP Kurikulum Merdeka) ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close