Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bisnis Photo Copy Amal Usaha Muhammadiyah

Bisnis Photo Copy Amal Usaha Muhammadiyah

Di antara peluang bisnis yang layak untuk dijalankan amal usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan adalah usaha Photo Copy. Apalagi jika jumlah siswa-siswi Muhammadiyah pada sekolah yang bersangkutan banyak. Alangkah akan kurang bisa memanfaatkan peluang jika Sekolah Muhammadiyah yang jumlah siswa dan gurunya banyak (mencapai ribuan murid dan ratusan guru misalnya), tapi ketika memfoto kopi malah keluar sekolah. Apalagi bukan warga Muhammadiyah yang memiliki usaha tersebut! Jika yang memiliki adalah warga Muhammadiyah setidaknya perputaran penghasilan pun juga tidak akan jauh-jauh dari Persyarikatan Muhammadiyah. Apalagi jika pemilik usaha adalah aktifis Persyarikatan Muhammadiyah. Lebih-lebih jika yang menjalankan usaha Photo Copy adalah koperasi amal usaha Muhammadiyah yang bersangkutan. Tentu akan sangat banyak manfaat.
Bisnis Photo Copy Amal Usaha Muhammadiyah
Semangat dan kerja keras Pemuda Muhammadiyah Margasari layak untuk dicontoh dan diapresiasi. Kisah ini pernah dilansir oleh Muhammadiyah.or.id (23/3/2017). Bermula dari melihat peluang adanya tanah wakaf bangunan yang terletak di pinggir jalan raya bersebelahan dengan SMP Muhammadiyah Margasari, Pemuda Muhammadiyah Margasari tergerak untuk menjadikan tanah wakaf tersebut sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

Sempat terkendala karena belum mempunyai modal. Akhirnya salah satu Pemuda Muhammadiyah Margasari dengan rela meminjamkan satu buah komputernya untuk dijadikan rental pengetikan.

Dari pengembangan rental pengetikan tesebut, Pemuda Muhammadiyah Margasari dapat menambah modal untuk mengembangkan usahanya, yaitu dengan membeli 3 unit komputer yang dijadikan sebagai pusat pelatihan komputer.

Alhamdulillah, setelah mendapatkan izin akhirnya dapat mengembangkan usaha, dari awalnya satu komputer dapat membuka pusat pelatihan komputer yang pertama kali ada di Margasari dan memiliki siswa berjumlah 3 orang pada masa itu.

Berkat dukungan modal dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tegal sebesar 10 juta rupiah, Pemuda Muhammadiyah Margasari kembali mengembangkan usahanya, tidak hanya membuka kursus komputer, AUM yang diberi nama IDEA itu juga membuka rental pengetikan, dan jasa foto copy.

Berkat usaha dan kerja keras, dan tentu atas pertolongan Allah, mereka dapat menghasilkan keuntungan puluhan juta dan bisa memperdayakan para pemuda Muhammadiyah untuk bekerja.

Nah itu cerita usaha dari mereka yang bermodal pas-pasan. Apalagi jika sekolah atau pondok pesantren Muhammadiyah yang sudah mapan secara finansial. Peluang usaha Photo Copy layak untuk dipertimbangkan dan diusahakan bisa diadakan dan dikembangkan. Apalagi sekolah-sekolah Muhammadiyah yang berada dalam satu komplek dan banyak SDMnya. Bukankah ada ungkapan, "Dimana ada keramaian, di sana ada uang". Tentunya itu boleh-boleh saja. Karena semua dari Persyarikatan Muhammadiyah, oleh warga Persyarikatan Muhammadiyah, dan kembali untuk Persyarikatan Muhammadiyah juga. Dan jangan lupa, diniatkan Usaha Photo Copy tersebut untuk mencari ridho Allah lewat Persyarikatan Muhammadiyah. 

Demikian tulisan singkat tentang Bisnis Photo Copy Amal Usaha Muhammadiyah. Tentu saja selain usaha Photo Copy tersebut bisa disandingkan dengan berjualan  alat tulis dan lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah semangat amal usaha - amal usaha Muhammadiyah untuk mengembangkan usahanya dalam berbagai bidang. Jika berminat, jangan lupa dirembug atau dirapatkan (dimusyawarahkan). Semoga lancar usaha kita. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Bisnis Photo Copy Amal Usaha Muhammadiyah"

Memuat...
close