Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Essay Biologi dan Pembahasannya Bab Kerja Ilmiah (Bagian 1)

Sekolahmuonline - Contoh Soal Essay Biologi dan Pembahasannya Bab Kerja Ilmiah (Bagian 1). Pembaca Sekolahmuonline, kembali di hadapan Anda blog Sekolahmuonline. Blog yang menyajikan berbagai macam materi pelajaran, contoh soal dan pembahasannya, yang diselingi berita dan info serta tips-tips menarik dan bermanfaat tentunya. Kali ini Sekolahmuonline akan menyajikan kepada pembaca, contoh-contoh Soal Biologi Essay Bab Kerja Ilmiah. Biar tidak terlalu panjang, maka kami buat menjadi beberapa bagian. Dan ini adalah Bagian pertama yang insyaaAllah cocok dan pas dipelajari para siswa yang masuk jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Untuk pengetahuan, pembaca yang lain pun boleh ikut belajar dan mempelajarinya. Semoga bermanfaat.
Contoh Soal Essay Biologi dan Pembahasannya Bab Kerja Ilmiah (Bagian 1)

Jawablah soal-soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan pengertian Kerja ilmiah!

Jawaban:

Kerja ilmiah atau disebut juga penelitian yang menggunakan metode ilmiah berarti penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu dan memperoleh kebenaran.

2. Dalam sebuah kerja ilmiah atau penelitian ilmiah, terdapat unsur-unsur penting yang harus dilakukan oleh seorang peneliti, sebutkan apa saja unsur-unsur tersebut!

Jawaban: 

Unsur-unsur penting yang harus dilakukan oleh seorang peneliti antara lain:
- merencanakan penelitian
- melaksanakan penelitian
- mengomunikasikan hasil penelitian
- mampu bersikap ilmiah

3. Secara garis besar, penelitian dapat dibedakan dari beberapa aspek bagaimana suatu bentuk penelitian dilihat dan dibedakan. Beberapa aspek tinjauan tersebut, antara lain, aspek tujuan dan aspek metode. Berdasarkan aspek tujuan, penelitian dibedakan menjadi dua bentuk. Jelaskan kedua bentuk tersebut!

Jawaban: 

Jika mengarah pada perluasan ilmu, disebut penelitian dasar. Jika mengarah pada pemecahan masalah dan untuk mendapatkan manfaat bagi masyarakat, disebut penelitian terapan. 

4. Berdasarkan aspek metode, bentuk penelitian dibedakan menjadi empat bentuk penelitian. Sebutkan dan jelaskan keempat bentuk penelitian tersebut!

Jawaban:

Berdasarkan aspek metode, bentuk penelitian dibedakan menjadi: 

- Penelitian Deskriptif (Penelitian Praeksperimen) 
Dalam penelitian ini, dilakukan eksplorasi untuk menggambarkan suatu objek tertentu secara jelas dan sistematis yang bertujuan untuk memprediksi gejala yang berlaku atas dasar data yang diperoleh di lapangan.

- Penelitian Sejarah 
Penelitian sejarah hampir mirip dengan penelitian deskriptif. Hal yang membedakan adalah penelitian sejarah memfokuskan pencarian data dengan metode wawancara pada pelaku sejarah, misalnya, para pemimpin yang terlibat dan tokoh-tokoh masyarakat yang berhubungan dengan suatu peninggalan sejarah.

- Penelitian Survei atau Penelitian Normatif atau Penelitian Status 
Dalam penelitian survei, para peneliti menggunakan variabel dan populasi yang luas dengan tujuan sebagai bentuk awal penelitian, mengembangkan eksplorasi objek, dan melakukan klasifikasi terhadap masalah yang akan dipecahkan. 

- Penelitian Eksperimen 
Penelitian ini merupakan metode inti dari model penelitian yang ada. Para peneliti eksperimen melakukan tiga persyaratan penelitian, yaitu mengontrol, memanipulasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, peneliti juga harus membagi objek yang diteliti menjadi dua grup, yaitu grup perlakuan atau yang memperoleh perlakuan dan grup kontrol yang tidak memperoleh perlakuan. Penelitian ini sering digunakan di bidang IPA, termasuk biologi. 

5. Setiap melakukan penelitian pasti ada tujuan yang hendak dicapai. Sebutakan dan jelaskan apa saja tujuan penelitian!

Jawaban:

Beberapa tujuan penelitian, antara lain, sebagai berikut:

a. Memperoleh Informasi Baru 
MJika fakta atau teori tersebut baru diungkap dan disusun secara sistematis oleh seorang peneliti, dapat dikatakan bahwa data tersebut baru, contohnya, teori relativitas Einstein, teori geosentris, dan teoriteori yang ditemukan peneliti untuk pertama kalinya. 

b. Mengembangkan dan Menjelaskan Teori yang Sudah Ada
Ketika para peneliti berusaha memecahkan masalah, perlu dipertimbangkan agar tidak terjadi pengulangan kerja atau penggunaan tenaga yang sia-sia. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencari faktafakta penunjang yang dapat digali dari sumber-sumber hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti terdahulu, dihubungkan dengan kegiatan penelitian saat ini, kemudian  dilakukan pendalaman terhadap permasalahan yang hendak dipecahkan sehingga akan diperoleh perkembangan wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Essay Biologi dan Pembahasannya Bab Kerja Ilmiah (Bagian 1)"

Memuat...
close