Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Jualan Makanan Pokok Sehari-hari? Harus Baca, ini Untung Ruginya!

SekolahMuOnline - Ingin Jualan Makanan Pokok Sehari-hari? Harus Baca, ini Untung Ruginya!. Pembaca Sekolahmuonline, yang bisa dikategorikan makan pokok sehari-hari khususnya di Indonesia contohnya adalah seperti beras, sagu, jagung, ketela. Untuk beras sendiri semakin ke sini seolah-olah sudah menjadi makanan pokok bersama dari Sabang sampai ke Merauke. Hampir di daerah-daerah yang tadinya makanan pokoknya adalah makanan tertentu, bisa juga ditemui mereka mengkonsumi makanan pokok beras. Kemajuan teknologi dan kemudahan akses keluar masuk barang menjadikan sesuatu yang tadinya sulit ditemukan, sekarang mudah didapatkan. Termasuk beras sendiri diantaranya.
Ngeblogo - Keuntungan Jualan Makanan Pokok Sehari-hari

Perputaran uang sehari-hari yang banyak dan cepat diantaranya tidak lepas dari jual beli. Maka jual beli apapun, terlebih yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari merupakan lahan bisnis yang baik dan menggiurkan. Apalagi jual beli bahan makanan pokok yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari. Siapa sih orangnya yang tidak butuh dengan yang namanya makanan pokok? Banyak ditemukan, orang sudah makan sesuatu sampai kenyang, jika dia belum makan yang merupakan makanan pokoknya akan terasa belum makan beneran. Maka tidak heran jika Anda bertanya kepada teman Anda yang makanan pokonya beras, "Sudah sarapan belum?", terus teman Anda menjawab: "Belum!". Padahal paginya sudah makan bubur kacang hijau dua mangkok sampai kenyang. Nah itu kan?

Maka bagi Anda yang ingin berjualan tidak ada salahnya jika berjualan makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tetangga dan masyarakat di sekitar anda. Tentu jika akan mulai berbisnis makanan pokok ini ya anda survey dulu keadaan tetangga dan masyarakat di sekitar anda. Bisnis kan tidak boleh asal-asalan? Pemikiran dan perencanaan matang tentu diperlukan. Tapi jangan mikir dan rencana terus tanpa ada aksinya. Jika seperti itu terus, maka bisnis anda cuma bisnis wacana. Bisnis wacana, hasilnya ya cuma wacana. Kecuali wacana anda dibuat tulisan. Tulisannya dibisniskan! Karena kenyataan tak seindah wacana saja! hehe

Jika hendak bisnis jualan makanan pokok, beberapa hal berikut ini layak anda perhatikan:

Pertama, Persiapan Memulai Jualan

- Mulai mempelajari jenis-jenis makanan pokok untuk membedakan kualitas.
Agar keuntungan bisnis makanan pokok lancar, untung, ya harus tahu mana makanan pokok yang berkualitas dan mana yang tidak. Meskipun sama bentuknya, belum tentu sama kualitasnya. maka belajar dan pandai-pandailah dalam melihat dan memilih barang yang berkualitas.

- Cari pemasok makanan pokok yang memberikan harga kompetitif.
Dengan banyaknya pelaku bisnis makanan pokok, maka tentu pemasok makanan pokoknya pun juga semakin banyak dan bersaing. Maka usahakan kita dapat memperoleh pemasok makanan pokok yang dapat memberikan harga yang kompetitif. Karena kita pun mengahadapi banyak persaingan. Yang penting bersaing secara sehat, tidak merusak harga pasar.

- Segera melakukan promosi dimulai dari orang-orang yang terdekat (keluarga/saudara, teman, tetangga).
Promosi adalah hal yang sangat diperlukan ketika mengawali bisnis. Apapun bisnisnya, jika tidak dipromosikan maka tidak akan cepat dikenal. Media untuk promosi pun sekarang juga semakin banyak. Media sosial bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk promosi jualan kita. Entah lewat Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, dan media-medai online lainnya. Termasuk lewat media blog seperti ini. Anda bisa promosi dengan memasang iklan bentuk banner, tulisan (konten) di blog ini, dengan menghubungi email: meigayam@gmail.com. Nego, Deal, Harga cocok, kami tayangkan iklan Anda.

Kedua, Strategi Jualan Makanan Pokok

- Memberi potongan harga untuk orang yang membeli dalam jumlah banyak. Apalagi pelanggan setia.
Bagi pembeli dalam jumlah banyak terus diberi diskon, akan membuatnya senang dan memancing pembeli lainnya beli dalam jumlah yang sama atau malah lebih banyak. Disamping itu juga dapat memancing pembeli untuk menjadi pelanggan tetap.

- Memberi servis berupa jasa antar gratis untuk pembeli yang tempatnya masih terjangkau.
Jasa antar gratis untuk pembeli termasuk bentuk servis yang bisa memuaskan pembeli. Mereka akan dengan senang hati datang kembali karena merasa dimudahkan. Maka jasa antar gratis ini layak anda perhitungkan.

- Membuat brosur yang berisi jenis-jenis makanan pokok yang anda jual berdasarkan harganya.
Dengan adanya brosur jenis-jenis makanan pokok akan mempermudah pembeli menetukan tipe atau jenis makanan pokok yang diminati dan dinginkan. Jika variasinya banyak, akan membuat pembeli penasaran untuk mencoba antara jenis yang satu dengan jenis lainnya. Jika ada orang yang mencari (saudara atau temannya) dengan suka rela pelanggan setia akan memberitahukannya, entah lewat brosur yang ada atau lewat daya ingatnya hasil membaca dan membeli langsung makan pokok yang ada pada brosur.

- Sediakan stok makanan pokok lebih untuk jenis yang paling banyak diminati pembeli
Agar pelanggan tidak kecewa karena kehabisan makanan pokok yang paling diminatinya, maka jenis makanan pokok yang paling banyak diminati harus disediakan lebih. Jika pelanggan setia tidak sabar karena makanan pokok yang diincarnya habis, bisa beralih mencari ditempat lain. Padahal pelanggan setia adalah pemasok utama perputaran uang.

Ketiga, Hambatan Bisnis Jualan Makanan Pokok
- Mencari pemasok makanan pokok berkualitas
Makin banyaknya pemasok makanan pokok harus pandai mencari pemasok yang berkualitas. Selain berkualitas tentunya mencari pemasok makanan pokok yang memberikan harga kompetitif seperti disebutkan di atas.

Makanan pokok yang terlalu lama tidak laku akan rusak.
Jika lama tidak laku, maka yang namanya makanan pokok bisa menjadi barang yang kadaluarsa. Makanan pokok kadaluarsa jadinya barang yang tak layak dikonsumsi. Jadinya seperti barang rusak. Anda kata bisa dijual, jadinya untuk keperluan lain. Misal untuk makanan hewan. Harga pun jadi turun.

- Ketika musim hujan, proses pengantaran bisa terhambat.
Denga mobil sebenarnya ini bisa diatasi. Cuma jika mengantar dalam jumlah banyak sedang mobil terbuka penutup pun tidak ada ya jadi hambatan.

- Terjadi kelangkaan untuk makanan pokok yang paling banyak diminati.
Hukum pasar memang sudah begini. Kadang juga ada permainan. Sengaja tidak dikeluarkan, begitu harga naik, langsung diedarkan.

Keempat, Tips Bisnis Makanan Pokok

- Menjaga kebersihan tempat usaha
Dengan tempat yang bersih, pembeli akan terasa nyaman. Coba bayangkan, jika pembeli antri, tempat kumuh kotor dan bau menyengat. Lama-lama pelanggan setia pun akan hilang. Maka menjaga kebersihan tempat usaha sangatlah penting.

- Tidak merugikan pembeli dengan takaran makanan pokok yang tidak benar. 
Mengurangi takaran, menimbang tidak benar dengan sengaja adalah bentuk kecurangan yang sangat dilarang agama. Jika pembeli tahu bahwa penjual nakal dalam hal takaran dan timbangan, maka bisa cepat menyebar dari mulut ke mulut bahwa bisnis yang dijalankan tidak beres. Jika sudah seperti itu, siap-siap saja menunggu kehancuran. Maka menjaga kepercayaan pembeli dan pelanggan dalam urusan takaran dan timbangan adalah penting juga.

Keuntungan Jualan Makanan Pokok

Berikut ini Sekolahmuonline list beberapa keuntungan bisnis jualan makanan pokok sebagaimana yang telah dilansir oleh Ngeblogo.com. Yang lainnya nanti bisa pembaca tambahkan sendiri.

Keuntungan usaha jualan/bisnis makanan pokok diantaranya:
- Perputaran uang pada bisnis makanan pokok sangat cepat
- Barang banyak dicari orang karena merupakan makanan pokok
- Jika butuh untuk keperluan keluarga bisa mudah mendapatkannya
- Bisa mencoba berbagai jenis makanan pokok yang ada. Jadi mirip tukang tasternya. Dengan demikian berpengalaman langsung untuk disampaikan kepada pembeli.
- Silahkan anda tambahkan. Ada waktu dan kesempatan, Sekolahmuonline update keuntungannya

Demikian tulisan tentang "Keuntungan Jualan Makanan Pokok Sehari-hari", yang seharusnya anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pertimbangan bagi Anda yang sedang berpikir dan merencanakan untuk bisnis jualan makanan pokok. Silahkan dishare/dibagikan agar yang lainnya dapat mengambil manfaatnya. Terimakasih. Selamat berbisnis jualan makanan pokok!

Sumber: Ngeblogo.com

Posting Komentar untuk "Ingin Jualan Makanan Pokok Sehari-hari? Harus Baca, ini Untung Ruginya!"

close