Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Anak SMA/SMK/MA, Jangan Kurang Update!

Sekolahmuonline - Peluang Bisnis Anak SMA/SMK/MA, Jangan Kurang Update! Pembaca Sekolahmuonline, jika Anda seorang siswa dan sedang membaca tulisan ini, maka pas sasarannya. Lebih-lebih jika Anda adalah pelajar yang masih duduk di bangku SMA/SMK/MA/MAK, lebih tepat sasaran lagi. Karena tulisan ini khusus didedikasihkan, dibuat dengan penuh rasa cinta untuk Anda semua. Tapi, jika Anda bukan pembaca point pertama dan kedua, tidak masalah juga. Mungkin Anda juga orang yang suka dan minat dengan berwirausaha, bisnis, atau apalah namanya. Intinya usaha, bagaimana caranya agar bisa menghasilkan. Tapi usaha yang halal tentunya, bukan yang menghalalkan segala cara.
Nah untuk anda yang masih berstatus sebagai pelajar, lewat tulisan ini, kami ingin mengajak Anda untuk menggali potensi berwirausaha Anda yang selama ini tidur, tenggelam, dan terpendam jauh di bawah pipi dan meja belajar di sekolah Anda. Bukankah sejak kelas X (sepuluh) Anda sudah belajar Prakarya atau Kewirausahaan?

Kesuksesan dari hasil belajar Kewirausahaan bukan semata-mata nilai A atau 90 ke atas yang tertuang di kertas atau rapor (buku hasil belajar) Anda. Tapi, ketika setelah belajar KWU Anda berani jualan minuman di sekolah, berani jualan snack atau makanan ringan, berani jualan sesuatu yang menguntungkan meskipun merasa malu dan sering diejek teman anda. Bisa menghasilkan dari jualan online misalnya. Mungkin hasil yang didapat belum seberapa, tapi rupanya lebih dari uang saku yang dikasih orangtua. Atau setidaknya sudah berani mencoba praktik nyata untuk berwirausaha, bisnis, dagang, membuat karya yang bisa menghasilkan.

Itu semua lebih dari nilai-nilai yang cuma ada dalam selembar kertas. Ya, meskipun juga tidak boleh nyinyir dan meremehkan nilai dalam selembar kertas tersebut. Karena posisi Anda masih pelajar!

Cuma, dengan "Talk Less, Do More" atau "Sedikit bicara, banyak bekerja", akan lebih mengena dalam membentuk mental wirausaha dan lebih berpengalaman dari pada sekedar teori-teori belaka. Istilahanya langsung aksi dan bras-bres. Kenapa? Karena Anda masih sangat enerjik. Bras-bres bukan dalam artian tanpa ilmu, kan sudah didasari teori-teori di kelas. Nah, makanya agar lebih mengena ya "Learning by doing". Belajar sambil praktik langsung. " Practic makes perfect guys!".

Nah, berikut ini kami sajikan untuk Anda, yang ingin sukses meskipun masih berpredikat sebagai pelajar. Masih belajar, masih sekolah bukan alasan bagi Anda untuk menina bobokkan potensi Anda. Yang merasa tidak ada bakat saja, bisa dipelajari. Apalagi yang punya potensi besar jadi wirausahawan/wirausahawati. Bisnisman atau bisniswomen. Jangan menunggu Anda berada pada posisi terjepit baru mau bergerak!

Gali dan siapkan peluang sukses Anda. Untuk apa? Untuk siapa? Untuk kesuksesan Anda! Untuk masa depan Anda!

Sebelumnya, untuk usaha yang kami sebutkan nanti, hanya sekedar contoh. Jadi, Anda sendiri yang bisa merasakan sendiri, usaha apa yang kira-kira pas dan cocok untuk Anda? Tepiskan dan buang jauh-jauh rasa malu. Malu berusaha adalah malu yang tidak pada tempatnya. Rasa malu harus kita miliki, tapi harus pas juga menempatkannya. Belajar kok malu. Kalau tidak belajar baru malu, itu pas menempatkannya.

O, ya. Anda mungkin pernah dengar nama Nicholas Kurniawan? Atau pernah baca kisahnya Hamzah Izulhaq? 

Jika belum, sedikit cerita. Dua orang tersebut contoh dari sekian banyak orang yang sukses usaha ketika masih muda. Semuanya memulai ketika masih duduk di bangku sekolah.

Nicho yang dulu berasal dari keluarga miskin, bayar sekolah orangtuanya ngutang, sempat tidak naik kelas di sekolah favoritnya yang kemudian pindah sekolah, bisa jualan ikan Garra Rufa ketika masih SMA dengan penghasilan 2-3 juta per bulan. Dan kini? Sekarang? Kini dengan branding Venus Acuatics-nya mampu meraup keuntungan ratusan juta dari bisnis ikan hias.

Terus Hamzah Izzul Haq? Pengusaha muda yang sudah berkali-kali gonta-ganti usaha semenjak kecil, kemudian ketika masih SMA berani terjun bisnis yang akhirnya mengantarkannya menjadi pebisnis bimbel franchise berpenghasilan ratusan juta. Kini? Sekarang adalah CEO, Founder, dan Direktur PT. Hamasa Indonesia.

Itu cuma contoh dua orang yang diangkat ke permukaan di sini. Sekedar buat motivasi. Yang lainnya banyak. Apaalagi jika diuber-uber ke seluruh penjuru dunia. Cuma, jika yang dekat-dekat saja ada, kenapa mesti nyari contoh yang jauh-jauh. Sampai sini saja cerita buat motivasinya.

Sebelumnya perlu Anda camkan. Sebesar apapun penghasilan yang Anda dapat, yang terpenting adalah jiwa wirausaha Anda tidak mandeg! Jiwa wirausaha Anda hidup, kokoh kuat tak mudah goyah dan menyerah. Tetap fight dan bertahan meskipun badai menghadang. Karena Anda adalah tokoh utamanya! Memgemban amanah Sang Penguasa untuk memakmurkan bumi.

Maka berusahalah terus hingga kelak anda menemukan sesuatu yang memang bisa mencukupi kebutuhan di segala sisi kehidupan Anda. Entah kebutuhan beli rumah, kebutuhan anak isteri, kebutuhan naik haji, kebutuhan beli mobil, kebutuhan bisa infaq shadaqah berbagi, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kalau memang bisa, kenapa tidak mau?

Syukur-syukur, setelah kebutuhan anda terpenuhi, anda bisa berbagi dengan yang lainnya dengan menciptakan lapangan kerja. Bukankah orang terbaik itu adalah orang yang paling bermanfaat untuk sesama manusia?

Sekarang, kita mencoba menganalisa, kira-kira bisnis apa yang cocok dijalankan oleh pelajar terutama yang masih duduk di bangku SLTA? Usaha yang kira-kira bisa menghasilkan berlipat-lipat dari uang saku yang didapat setiap hari. 

Untuk sekedar saran dan contoh, berikut beberapa usaha yang bisa Anda coba. Lebih baik mencoba, daripada belum apa-apa sudah mengatakan aku tidak bisa.

Seribu alasan bisa Anda pakai untuk mengatakan aku tidak bisa. Tapi...Seribu alasan juga bisa Anda pakai untuk mengatakan bahwa aku bisa!

Berikut sekedar contoh usaha untuk pelajar yang kami ambil dari bebrapa sumber:

1. Bisnis Les Privat
Bagi Anda yang diberi kelebihan "pintar" pada materi pelajaran, jangan lewatkan peluang ini. Misal Anda menonjong dalam mapel eksak, bisa Anda manfaatkan dengan membuka les privat untuk anak SD atau SMP. Bisa anak-anak tetangga dan lainnya. 

Jika sendiri merasa berat, bentuk tim dan kerjasama. Berserikat dalam membentuk usaha les privat bersama teman-teman Anda. Dalam kerjasama, selalu jaga kepercayaan dan amanah. Jika tidak jujur, tidak amanah alias curang dan berkhianat, ya tunggu saat kehancurannya. Tuhan akan selalu bersama-sama orang yang bekerjasama, berserikat, berpartner dan mereka saling amanah, jujur, tidak saling berkhianat.

Untuk Anda yang kurang menonjol dalam mata pelajaran yang sering dileskan, tapi anda punya modal pribadi yang supel dan mudah bergaul, juga ada peluang. Anda tidak mengajar, tapi Anda bisa yang membentuk tim usaha bimbelnya. Pengajarnya? Ya anda rekrut dari teman-teman lainnya yang menonjol dalam mapel privat.

2. Reseller Makanan
Menjadi penjual makanan tanpa repot harus membuatnya adalah dengan menjadi reseller. Bisa dimulai dengan bisnis reseller makanan ringan alias snack. Cari dan update terus snack-snack yang lagi booming atau viral. Nah, di situ ada peluang bagi Anda untuk jadi reseller laris manis, insyaaAllah.

3. Jualan Pulsa
Pulsa sekarang seolah-seolah telah menjadi bahan pokok. Apalagi yang bekaitan dengan kuota. Tak ada kuota, seolah-olah hidup terasa hampa. Jika Anda bisa menangkap peluang ini, bisa menambah uang saku bahkan pemasukan rutin Anda.

Tapi hati-hati, jangan malah pulsa jualan Anda habis dimakan sendiri!

4. Blogging

Blogging atau jadi blogger termasuk peluang usaha yang perlu dicoba. Apalgi bagi Anda yang punya hobi menulis. Banyak remaja-remaja yang sukses dapat uang saku dari hasil Ngeblog.

5. Youtuber

Jika Anda kesulitan membuat konten tulisan, ada peluang lainnya. Yaitu membuat channel YouTube yang bisa diisi dengan video-video buatan anda yang menarik dan bermanfaat. Banyak orang yang sukses lewat YouTube dengan menjadi Yotuber.

6. Selebgram

Media-media sosial yang ada, sebenarnya bisa dijadikan peluang untuk mendulang uang. Pengguna media sosial yang bisa banyak pengikutnya, bisa menjadi influencer yang berpengaruh terhadap orang banyak, zaman sekarang bisa menjadikannya ladang bisinis. Banyak pihak-pihak yang ingin kerjasama, beriklan, endorse barang bagi orang-orang yang punya terkenal di media sosial.

Anda mungkin tidak asing dengan si Mael Lee, preman terkuat di bumi, bukan kaleng-kaleng. Dari yang bukan artis, terus tereknal di instagram kemudian YouTube, bisa menghasilkan ratusan juta perbualan dari endorse instagramnya. Belum lagi jika suka nonton Atta Petir si pemilik jargon Ashiaaaaaaap!

Nah, sekarang tinggal lihat. Seberapa besar peluang akun medsos yang anda miliki untuk dunia bisnis? Anda bisa analisa sendiri jawabannya.

7. Jualan Minuman
Lihat, berapa banyak siswa di sekolahmu? Jika sampai seribu lebih kok sampai uang saku berlebih dari jual minuman saja tidak bisa didapatkan, wah peluang bagus terlewatkan. Bahkan mungkin tidak cuma uang saku, pemasukan rutin bisa didapatakan!

Dari sekedar mbungkusin es atau jus dijual seribuan atau bahkan kalau bisa dua ribuan, kamu punya mental baja jualan, tak usah dan tak perlu heran. Teman-temanmu masih terus menerus minta uang jajan, malah kamu mungkin sudah bisa ngasih uang orang tua. Meskipun orang tua tentu tidak mengjarapakan dikasih.

8. Bisnis online

Untuk jualan sekarang tidak harus punya toko berwujud bangunan kasar atau kasat mata. Yang tidak punya toko berupa bangunan batu bata pun sekarang bisa jualan. 

Akun-akun media sosial Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, dan lain-lainnya bisa Anda manfaatkan untuk dibuat toko. Toko online. Tinggal pandai-pandai Anda saja memanfaatkannya.

9. Silahakan ditambahkan sendiri sesui minat dan yang kelihatan bisa berpeluang besar laku dan laris dibisniskan di lingkungan Anda.

Demikian tulisan stimulan, pemberi rangsangan dan penggugah semangat berwirausaha Anda. Semoga Anda tergugah, terbangun dari mimpi-mimpi yang cuma hayalan. Silahkan bermimpi, tapi jangan lupa bangun. Karena mimpi-mimpi Anda itu tidak bisa diraih dengan melajutkan tidur. Tapi butuh bangun, gerak, aksi, usaha, ikhtiar, berdo'a, dan tawakkal berserah diri atas usaha yang dilakukan kepada Sang Pemberi Rizki. Dan jangan lupa, jika minat jadi pelajar sekaligus pengusaha, pandai-pandailah dalam memenej waktu Anda. Karena meskipun pengusaha, Anda tetaplah pelajar. Pelajar yang pengusaha atau berwirausaha, dan wirausahawan/witausahawati atau pengusaha yang pelajar. Selamat berwirausaha dan berjuang!

Posting Komentar untuk "Peluang Bisnis Anak SMA/SMK/MA, Jangan Kurang Update!"

Iklan

Close x