Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Sekolahmuonline - Tips Berkendara Aman Saat Hujan. Jika melihat musim di Indonesia yang adanya kemarau dan penghujan, sebentar lagi jatah musim hujan insyaaAllah akan mulai datang. Daerah-daerah tertentu mungkin sudah bebaerapa kali turun hujan, atau bahkan malah ada yang hujan terus. Di sisi lain, rupanya masih juga yang panas kering menunggu musim penghujan benar-benar datang. Hujan dapat membuat kondisi jalan menjadi licin dan mengurangi visibilitas, sehingga berkendara di saat hujan memerlukan kewaspadaan ekstra. 

Berkaitan dengan kendaraan, berkendara disaat hujan tentu meningkatkan resiko kecelakaan apabila pengendara kurang berhati-hati. Terburu-buru dan kondisi kendaraan yang kurang pas keadaanya untuk dikendarai mungkin diantara yang sering membuat kecelakaan di jalan. Tentu kita semua para pengguna jalan ingin berusaha agar terhindar dari yang namanya kecelakaan saat berkendara. Maka, meningkatkan kewaspadaan kita saat berkendara di musim hujan adalah suatu keharusan.

Berikut ini ada tips yang layak untuk kita paraktikkan saat berkendara di musim hujan (khususnya pengguna mobil), sehingga akan meminimalisir terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan.

Berkendara Aman Saat Hujan

- Periksa Kondisi Kendaraan
Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Periksa lampu depan dan belakang, rem, ban, dan wiper.

- Jaga jarak aman
Lebatnya air hujan dapat mengurangi visibilitas Anda. Berikan jarak lebih lebar untuk kendaraan yang ada di depan mobil Anda untuk menghindari resiko benturan.

Pertahankan jarak yang aman dengan kendaraan di depan Anda. Jarak yang lebih besar memberi Anda lebih banyak waktu untuk bereaksi jika terjadi kecelakaan.

- Cek Wiper
Kualitas wiper yang buruk akan menyulitkan penglihatan Anda saat hujan. Gunakan wiper yang layak agar Anda dapat melihat dengan jelas.

Pastikan wiper berfungsi dengan baik dan gunakan pada kecepatan yang sesuai untuk membersihkan kaca depan dari air hujan.

- Cek Ban
Ban yang sudah gundul akan mengurangi daya cengkram sehingga berpotensi membuat mobil Anda tergelincir di jalan. Gantilah ban mobil Anda setiap 3 tahun.

- Cegah Hydroplanning dan Kurangi Kecepatan
Hydroplanning adalah kondisi saat ban menapak pada genangan air sehingga mengurangi daya cengkram. Berkendaralah dengan pelan dan hindari mengerem mendadak.

Kurangi kecepatan Anda saat hujan. Jalan yang basah menjadi lebih licin, sehingga mengurangi kecepatan dapat membantu mencegah kecelakaan.

- Nyalakan Lampu
Awan mendung membuat jalanan terlihat lebih gelap dari biasanya. Nyalakan lampu mobil Anda untuk dapat melihat jalan dengan baik.

Hujan dapat mengurangi visibilitas, oleh karena itu, nyalakan lampu kendaraan Anda untuk memperbaiki visibilitas Anda dan memberi tahu pengendara lain tentang keberadaan Anda.

- Hindari Genangan Air
Hindari melintasi genangan air yang dalam. Genangan air dapat menyebabkan aquaplaning, di mana kendaraan kehilangan traksi dan kendali.

- Gunakan Rem dengan Lembut
Gunakan rem secara perlahan dan perlahan untuk menghindari selip di jalan basah.

- Kenakan Sabuk Pengaman
Selalu kenakan sabuk pengaman saat berkendara, ini dapat melindungi Anda jika terjadi kecelakaan.

- Perhatikan Tanda-tanda Kecelakaan
Jika jalan terasa licin atau kendaraan Anda sulit dikendalikan, berhenti di tempat yang aman dan tunggu sampai kondisi membaik.

- Perhatikan Perubahan Cuaca
Jika cuaca semakin buruk, pertimbangkan untuk berhenti dan menunggu hingga hujan reda sebelum melanjutkan perjalanan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu menjaga keselamatan Anda dan orang lain saat berkendara di jalan yang basah dan hujan.

Demikian postingan tentang Tips Berkendara yang Aman saat Hujan. Selamat berkendara, dan hati-hati ketika berkendara di saat musim hujan. Diantaranya dengan mempraktikkan tips-tips di atas. Semoga bermanfaat, semoga aman berkendara, lancar, selamat dalam keberangakatan maupun kembalinya.

Posting Komentar untuk "Tips Berkendara Aman Saat Hujan"

close