Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Kimia Bab I Tabel Periodik Unsur dan Struktur Atom Serta Jawabannya (Kelas X SMA dan MA).





Sekolahmuonline - Contoh Soal Kimia Bab I Tabel Periodik Unsur dan Struktur Atom Serta Jawabannya (Kelas X SMA dan MA)Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda para pembaca semuanya, khususnya adik-adik yang masih duduk di kelas X SMA atau MA, Contoh Soal dan Jawabannya mata pelajaran Kimia. Kali ini kita membahas contoh-contoh soal Bab I yang membahas tentang Tabel Periodik Unsur dan Struktur Atom. Selamat membaca dan mempelajari. Semoga bermanfaat.
Tabel Periodik Unsur Modern
Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan hukum triade menurut Dobereiner!

Jawaban:
Dobereiner mencoba mengelompokkan unsur-unsur yang mempunyai sifat sama berdasarkan kenaikan massa atomnya, ternyata didapat keteraturan. "Jika tiga unsur diurutkan berdasarkan kenaikan massa atomnya, maka massa unsur yang kedua sama dengan massa rata-rata unsur pertama dan ketiga". Pernyataan ini dikenal dengan nama Hukum Triade Dobereiner.

2. Jelaskan hukum oktaf dari Newlands!

Jawaban:
Pada tahun 1863, J.W. Newlands mengurutkan unsur berdasarkan kenaikan
massa atomnya. Bagaimana keteraturan yang ditemukannya?
Newlands mengelompokkan unsur-unsur pada tabel. Dari pengelompokan ini ternyata unsur yang kedelapan memiliki sifat yang mirip dengan unsur yang pertama, begitu juga unsur yang kesembilan sifatnya mirip dengan unsur yang kedua, dan seterusnya. Contohnya, unsur H sifatnya mirip dengan unsur F dan Cl, unsur Li mirip dengan Na dan K, serta unsur Be mirip dengan Mg.
Pengulangan ini oleh Newlands disebut Hukum Oktaf karena dia membandingkan pengulangan sifat unsur dengan tangga nada atau oktaf pada lagu. Newlands memelopori penyusunan unsur-unsur yang sifatnya mirip pada kolom vertikal. Kelemahan hukum oktaf yaitu pengulangan setiap 8 unsur hanya cocok untuk unsur-unsur yang massa atomnya kecil. Selain itu masih ada unsur-unsur yang berimpitan pada urutan yang sama.

3. Berikan contoh kelebihan tabel periodik unsur Mendeleev!

Jawaban/pembahasan:
Dimitri Ivanovich Mendeleev pada tahun 1869 di Rusia mengemukakan hubungan antara massa unsur dengan sifat unsur. Dalam mempelajari keperiodikan unsur-unsur, Mendeleev selain menggunakan sifat fisika juga menggunakan sifat kimia.
Pada penelitiannya seperti Newlands, Mendeleev juga menyusun unsur menurut kenaikan massa atom relatifnya dan dia menemukan adanya perubahan sifat secara periodik.
Kelebihan tabel periodik unsur Mendeleev adalah sebagai berikut:
a. Merupakan sistem periodik pertama yang disusun dalam bentuk tabel yang terdiri dari delapan lajur vertikal atau golongan dan tujuh deret horisontal atau periode. Selanjutnya disebut tabel periodik unsur Mendeleev.
b. Ada tempat yang kosong bagi unsur-unsur yang diramalkan akan ditemukan dan diberi nama eka boron, eka aluminium, dan eka silikon. Ramalan tersebut terbukti dengan ditemukannya Scandium (1879), Galium (1875), dan Germanium (1886). Contoh ramalan Mendeleev untuk Germanium yang disebut
eka silikon.
c. Dapat menempatkan unsur He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn dalam golongan tersendiri setelah golongan gas mulia ditemukan.

Selain keunggulan, tabel periodik unsur Mendeleev mempunyai beberapa kelemahan yaitu sebagai berikut.
a. Ada beberapa urutan unsur yang terbalik jika ditinjau dari bertambahnya massa atom relatif, misalnya Te (128) ditempatkan sebelum I (127).
b. Triade besi (Fe, Co, Ni), triade platina ringan (Ru, Rh, Pd), dan triade platina (Os, Ir, Pt) dimasukkan ke dalam golongan VIII. Di antara unsur-unsur golongan ini hanya Ru dan Os yang mempunyai valensi 8.

4. Jelaskan tabel periodik unsur-unsur yang disusun Lothar Meyer!

Jawaban:
Pada tahun 1870, Lothar Meyer mencoba membuat daftar unsur-unsur dengan memperhatikan sifat fisika yaitu volum atom. Dia membuat grafik volum atom unsur terhadap massa atomnya.
Pada lengkung Meyer, unsur-unsur Li, Na, K, Rb, dan Cs menempati kedudukan yang setara, yaitu di puncak. Be, Mg, Ca, Sr, dan Ba berada di titik kedua dari puncak. Ternyata unsur-unsur yang letaknya setara memiliki sifat yang mirip.

5. Jelaskan secara singkat awal mula penggunaan Tabel Periodik Unsur Modern!

Jawaban:
Tabel periodik unsur yang digunakan sekarang yaitu Tabel Periodik Unsur Modern. Setelah tabel periodik unsur Mendeleev, pada tahun 1915 Henry Moseley menemukan nomor atom dan menyusun unsur-unsur dalam tabel periodik berdasarkan kenaikan nomor atom. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara nomor atom dengan sifat-sifat unsur, maka tabel periodik Mendeleev perlu penyempurnaan. Pada tabel periodik unsur modern unsur disusun dalam golongan dan periode.
Ada dua sistem yang digunakan pada penomoran golongan yaitu sistem Amerika dan sistem IUPAC. Sistem Amerika menggunakan angka Romawi I sampai VIII, masing-masing terdiri dari golongan A dan B. Sistem IUPAC (International Union Pure and Applied Chemistry) menggunakan angka Arab 1 sampai dengan 18.

Oleh karena sistem penomoran golongan IUPAC belum memasyarakat di kalangan ahli kimia, maka penggolongan sistem Amerika lebih banyak digunakan, begitu juga di Indonesia.

6. Jelaskan pengertian isoton dan isobar!

Jawaban:
Isoton adalah unsur-unsur yang memiliki jumlah neutron yang sama.

Isobar adalah unsur-unsur yang memiliki nomor massa sama, tetapi nomor
atomnya berbeda.

7. Jelaskan pengertian massa atom relatif suatu unsur!

Jawaban:
Massa atom relatif suatu unsur adalah perbandingan massa satu atom unsur tersebut dengan 1/12 kali massa satu atom C-12

8. Jelaskan seperti apa Teori Atom Dalton!

Jawaban:
John Dalton pada tahun 1808 mengungkapkan sebagai berikut.
a. Semua materi mempunyai bagian terkecil yang disebut atom.
b. Atom tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
c. Atom-atom suatu unsur sama dalam segala hal, tetapi berbeda dengan atom-atom unsur lain.
d. Pada pembentukan senyawa terjadi ikatan antara penyusun senyawa tersebut.
e. Atom-atom bergabung dengan perbandingan yang sederhana.

9. Jelaskan seperti apa Teori Atom Thomson!

Jawaban:
Sir J.J. Thomson tahun 1897 memperlihatkan elektron dengan teorinya
sebagai berikut.
a. Atom merupakan bola yang bermuatan positif, pada tempat-tempat tertentu ada elektron yang bermuatan negatif.
b. Jumlah muatan positif sama dengan muatan negatif.
Teori atom Thomson ini dikenal dengan nama teori atom Roti Kismis.

10. Jelaskan teori atom yang diungkapkan oleh Rutherford!

Jawaban:
Ernest Rutherford tahun 1911 mengungkapkan model inti untuk suatu atom.
Pada model inti digambarkan atom sebagai ruangan kosong dengan inti yang
padat mengandung muatan positif terletak di pusat dan elektron beredar mengelilingi inti. Teori atom Rutherford menerangkan sebagai berikut.
a. Massa atom terpusat pada inti atom
b. Elektron beredar mengelilingi inti pada orbitnya atau kulitnya.
c. Ukuran atom sekitar 10–8 cm dan inti atom 10–13 cm.

Model atom Rutherford ada kekurangannya yaitu, jika elektron-elektron terus mengelilingi inti akhirnya akan kehilangan energi dan kemungkinan dapat
menumbuk inti.

11. Jelaskan teori atom yang diungkapkan oleh Teori Atom Bohr Niels Bohr tahun 1913 bekerja dengan Rutherford memodifikasi model atom dengan menambahkan bahwa elektron mengelilingi inti pada tingkat-tingkat energi yang berbeda.
Bohr mengungkapkan sebagai berikut.
a. Elektron mengelilingi inti atom pada tingkat-tingkat energi tertentu yang disebut kulit elektron.
b. Elektron dapat pindah dari tingkat energi yang satu ke yang lain dengan melepaskan atau menyerap energi.
Walaupun model atom Bohr menjelaskan bagaimana elektron tidak akan menumbuk inti, model Bohr tidak berlaku untuk atom berelektron banyak!

12. Jelaskan seperti apa rumusan Teori Atom Modern!

Jawaban:
Teori atom modern berdasarkan mekanika quantum (tahun 1927) merupakan kelanjutan hasil kerja Rutherford dan Bohr.
Teori atom modern menyatakan Elektron bergerak mengelilingi inti pada orbital. Orbital menggambarkan daerah kebolehjadian ditemukannya elektron.

13. Jelaskan pengertian konfigurasi elektron dan elektron valensi!

Jawaban:
konfigurasi elektron adalah Susunan elektron pada masing-masing elektron

Elektron valensi menunjukkan jumlah elektron yang terdapat pada kulit
terluar dari suatu atom

14. Sebutkan sifat-sifat unsur logam!

Jawaban:
Logam memiliki sifat-sifat berikut:
- Menghantarkan Listrik
- Menghantarkan Panas
- Mempunyai Titik Leleh Tinggi
- Permukaannya Mengkilat

15. Jelaskan tentang sifat-sifat unsur non logam!

Jawaban:
Sifat unsur nonlogam dalam satu golongan sangat bervariasi. Ada yang mengandung unsur berwujud padat saja, gas saja, dan bermacam-macam wujud, seperti golongan VIIA terdiri dari unsur berwujud padat, cair, dan gas. Golongan VIIIA terdiri dari unsur berwujud gas saja.
Unsur nonlogam ada yang reaktif seperti golongan VIIA (golongan halogen) dan yang tidak reaktif seperti golongan VIIIA (gas mulia). Unsur nonlogam ada yang bersifat penghantar listrik yang baik contohnya karbon, biasa digunakan dalam batu baterai. Titik didih dan titik leleh unsur nonlogam umumnya sangat rendah kecuali karbon.

16. Jelaskan sifat-sifat unsur semi logam (metaloid)!

Jawaban:
Unsur-unsur yang berada pada perbatasan unsur logam dan nonlogam bersifat semi logam atau metaloid. Sifat-sifat unsur metaloid ada yang masuk ke sifat unsur logam dan yang masuk ke sifat unsur nonogam. Contohnya permukaannya mengkilat, titik didih tinggi seperti logam tetapi ada yang massa jenis
dan kerapuhannya seperti nonlogam.
Unsur-unsur metaloid, yaitu B, Si, Ge, As, Sb, Te, dan To. Unsur yang banyak digunakan adalah silikon yaitu dalam industri elektronik sebagai chip dalam alat
elektronik.

17. Jelaskan pengertian Keelektronegatifan!

Jawaban:
Keelektronegatifan adalah kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap elektron dari atom lain dalam senyawanya.

18. Bagaimana keelektronegatifan unsur-unsur dalam tabel periodik? Dari seluruh unsur dalam tabel periodik unsur, unsur apa yang memiliki harga keelektronegatifan tertinggi dan yang terendah?

Jawaban:
Fluor memiliki harga keelektronegatifan terbesar yaitu 4, artinya fluor paling mudah menarik elektron dari atom lain. Fransium dengan harga keelektronegatifan paling rendah yaitu 0,7 merupakan unsur yang sangat sukar menarik elektron atau lebih mudah melepaskan elektronnya.

"Dalam satu periode dengan bertambahnya nomor atom, keelektronegatifan cenderung makin besar.
Dalam satu golongan dengan bertambahnya nomor atom, keelektronegatifan cenderung makin kecil".

19. Jelaskan pengertian keperiodikan sifat unsur!

Jawaban:
Sifat-sifat unsur dalam satu golongan atau periode berubah secara teratur, yang dikenal sebagai keperiodikan sifat unsur yang terdiri dari jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.

20. Jelaskan pengertian teori atom!

Jawaban:
Teori ataom adalah struktur atom yang menggambarkan keberadaan proton, neutron, dan elektron

Daftar List contoh soal Kimia kelas X:

Silahkan dibaca dan dipelajari, cukup dengan klik judul-judul yang ada. Judul yang belum ada link tautannya, sedang dalam proses pengerjaan.

1. Contoh Soal Kimia Bab 1 Tabel Periodik Unsur dan Struktur Atom dan Jawabannya

2. Contoh Soal Kimia Kelas X Bab 2 Ikatan Kimia dan Jawabannya

3. Contoh Soal Bab 3 Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi dan Jawabannya

4. Contoh Soal Kimia Bab IV Hukum Dasar Kimia  dan Jawabannya

5. Contoh Soal Kimia Bab 5

6. Contoh Soal Kimia Bab 6 Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dan Jawabannya

7. Contoh Soal Kimia Bab VII Reaksi Oksidasi-Reduksi dan Jawabannya

Contoh Soal Lainnya:

- Jelaskan pengertian eter!

- Sebutkan dan jelaskan sifat kimia eter!

- Sebutkan dan jelaskan sifat fisika eter!


- Contoh soal UTS Kimia kelas X

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Kimia Bab I Tabel Periodik Unsur dan Struktur Atom Serta Jawabannya (Kelas X SMA dan MA)."

close