Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal PPKn Kelas VII dan Jawabannya Bab Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat ~ (PPKn Kelas 7 SMP/MTs)

Contoh Soal PPKn Kelas VII dan Jawabannya Bab Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat ~ (PPKn Kelas 7 SMP/MTs). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda Contoh Soal Materi Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kurikulum 2013 untuk Kelas VII SMP/MTs yang disertai dengan pembahasan atau jawabannya. Kali ini kita akan membahas Bab Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
Dalam Bab ini ada beberapa materi pembelajaran yaitu: Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat, Pentingnya kerjasama, dan Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.

Selamat membaca dan mempelajarinya, jangan lupa share atau berbagi kepada yang lainnya. Berbagi tak akan membuat Anda jadi hilang ilmunya. Karena berbagi itu indah.

Jawablah soal-soal berikut dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Apa arti dari kerjasama antar sesama manusia?

Jawaban:

Kerjasama antar sesama manusia berarti setiap manusia saling membantu secara bersama-sama antara satu manusia dengan manusia lainnya dalam melaksanakan suatu kegiatan untuk mewujudkan tujuan bersama.

2. Apa hubungan atau kaitan antara kerjasama dengan perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan?

Jawaban:

Sejarah mencatat bahwa perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan merupakan hasil kerja sama rakyat yang berjuang mengusir penjajah dari bumi nusantara. Bangsa Indonesia meyakini bahwa kemerdekaan yang diraih merupakan atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan hasil kerja sama rakyat tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama dan bahasa daerah. Kerja sama dalam mengusir penjajah dalam meraih kemerdekaan bangsa merupakan bukti kemampuan bangsa Indonesia mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada.

3. Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut maupun mempertahankan kemerdekaan. 

Jelaskan arti persatuan dan persatuan Indonesai!


Jawaban:

Persatuan mengandung arti ”bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.” 
Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah negara Indonesia.

4. Jelaskan pengertian pembangunan nasional!

Jawaban:

Pembangunan nasional adalah usaha secara sadar untuk mewujudkan suatu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

5. Tercantum di manakah tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional? Sebutkan tujuan-tujuan tersebut!

Jawaban:

Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional, tercantum dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat, yaitu sebagai berikut.
a. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
b. Memajukan kesejahteraan umum.
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
d. Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

6. Kerja sama merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Semangat kerja sama dalam kehidupan dimasyarakat terwujud dalam kegiatan gotong royong yang sesuai dengan kehidupan budaya daerah. Jelaskan pengertian gotong royong dan contoh istilah-istilah gotong royong pada beberapa daerah!

Jawaban:

Gotong royong berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Sikap gotong royong adalah bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil atau suatu usaha atau pekerjaan yang dilakukan tanpa pamrih dan dilakukan secara sukarela oleh semua warga menurut batas kemampuannya masing-masing.

Contoh kegiatan gotong royong yang dilandasi semangat kerja sama misalnya manunggal sakato di daerah Sumatra Barat, sikaroban di daerah Palembang, gugur gunung di daerah Jawa, mapalus di Minahasa, dan subak di daerah Bali.

7. Apa yang mendorong masyarakat Indonesia suka gotong royong?

Jawaban:

Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia yang didorong adanya kesadaran bahwa :
a. Manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupannya;
b. Manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya.

8. Apa yang menjadi landasan kehidupan sosial politik masyarakat Indonesia? Sebutkan dan jelaskan kaitannya dengan gotong royong!

Jawaban:

Landasan kehidupan sosial politik masyarakat Indonesia adalah sila keempat Pancasila yang berbunyi ”Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Perilaku politik harus didasari nilai hikmat, kebijaksanaan, permusyawaratan dan perwakilan. Hal itu semua merupakan bagian dari gotong royong.

9. Sebutkan keunggulan Koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya!

Jawaban:

Keunggulan Koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya adalah sebagai berikut. 
a. Dasar persamaan artinya setiap anggota dalam koperasi mempunyai hak suara yang sama; 
b. Persatuan, artinya dalam koperasi setiap orang dapat diterima menjadi anggota, tanpa membedakan, agama, suku bangsa, dan jenis ke1amin;
c. Pendidikan, artinya koperasi mendidik anggotanya untuk hidup sederhana, tidak boros, dan suka menabung; 
d. Demokrasi ekonomi, artinya imbalan jasa yang disesuaikan dengan jasa masing- masing anggota berdasarkan keuntungan yang diperoleh; dan 
e. Demokrasi kooperatif artinya koperasi dibentuk oleh para anggota dijalankan oleh anggota dan hasilnya untuk kepentingan anggota.

10. Setiap warga negara harus melakukan kerja sama untuk mewujudkan keamanan dan pertahanan negara. Kerja sama warga negara untuk mewujudkan pertahanan dan keamanan negara merupakan contoh sikap dari bela negara. Jelaskan pengertian bela negra!

Jawaban:

Bela negara adalah sikap mental yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta dalam usaha melindungi dan mempertahankan keberadaan bangsa dan negara. Bagi bangsa Indonesia, bela negara adalah hak dan kehormatan sebagai warga negara sekaligus merupakan kewajiban hukum yang harus dijalani oleh setiap warga negara

11. Sebutkan tanda-tanda adanya kerjasama antarumat beragama!

Jawaban:

Kerjasama antarumat beragama ditandai dengan adanya sikap-sikap sebagai berikut:
- saling menghormati umat seagama dan berbeda agama;
- saling menghormati lembaga keagamaan yang seagama dan berbeda agama;
- sikap saling menghormati hak dan kewajiban umat beragama


12. Sebutkan contoh-contoh sikap tidak terpuji yang harus dihindari oleh setiap warga negara dalam  mengembangkan sikap kerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat!

Jawaban:

Dalam mengembangkan sikap kerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat, setiap warga negara harus menghindari sikap tidak terpuji seperti di bawah ini.
a. Sikap fanatik sempit, yaitu sifat yang merasa diri sendiri paling benar.
b. Sikap individualis, yaitu sifat yang lebih mendahulukan kepentingan sendiri.
c. Sikap eksklusivisme, yaitu sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama, dan bahasa daerah.
d. Sikap primordialisme, yaitu perasaan kesukuan yang berlebihan.

13. Apa arti penting kerja sama dalam berbagai kehidupan di negara Indonesia bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara?

Jawaban:

Selain memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, arti penting kerja sama dalam berbagai kehidupan di negara Indonesia bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara diantaranya sebagai berikut:
a. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
b. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan.
c. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.
d. Menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat di selesaikan.
e. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja

14. Bagaimana cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan 
sekolah?

Jawaban:

Cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah, dapat dilaksanakan, dengan cara sebagai berikut:
a. Tentukan dan raih tujuan bersama. Semua sekolah memiliki visi dan misi. Sebagai tujuan bersama sebuah sekolah yang disusun dan ingin diraih oleh warga sekolah. Visi dan misi sekolah hendaknya diketahui semua warga sekolah dan semua warga sekolah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan ber sama tersebut
b. Berpartisipasi secara aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah. 
c. Laksanakan aturan sekolah. Peraturan sekolah apabila ditaati akan membentuk sekolah tersebut menjadi sekolah yang tertib. 
d. Selalu bekerjasama. Jangan memandang rendah peserta didik lain sehingga dia tidak pernah diajak kerja sama. Mungkin saja peserta didik yang pendiam memiliki banyak ide dan gagasan.
e. Tidak membuat masalah, misalnya peserta didik yang malas mengerjakan tugas piket. 
f. Saling percaya. Jika kepercayaan antar peserta didik hilang, sulit terbentuknya kerjasama. 
g. Saling menghargai dan memberikan penghargaan. Kehidupan di sekolah akan semakin baik apabila seluruh peserta didik dapat saling menghargai. 
Memberikan penghargaan seperti dengan mengucapkan terimakasih ataupun memuji teman akan meningkatkan rasa pertemanan di sekolah.

15. Bagaimana mewujudkan kerjasama antarsesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

Jawaban:

Mewujudkan kerjasama antarsesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
a. Warga negara bekerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan nasional dengan membayar pajak.
b. Menyelenggarakan peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional yang diatur oleh pemerintah
c. Berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program-program dari pemerintah.

Demikian Contoh Soal PPKn Kelas VII dan Jawabannya Bab Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat. Semoga bermanfaat. Silahkan dibagikan juga kepada teman-teman lainnya, agar yang lainnya bisa juga mengambil manfaat dari contoh-contoh soal ini. Tinggal Anda bagikan dengan memencet tombol share sosial media di bawah ini. Bisa dishare ke WhatsApp, Facebook, Twitter.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPKn Kelas VII dan Jawabannya Bab Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat ~ (PPKn Kelas 7 SMP/MTs)"

Memuat...