Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PPKn Kelas XI Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 2

Contoh Soal PPKn Kelas XI Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 2. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Bagian Kedua (Part 2) dari contoh soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Pembahasan contoh soal PPKn Part 2 ini masih tentang Bab Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia.
Contoh Soal PPKn Kelas XI Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 2


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Jelaskan mengapa suatu negara harus mengadakan hubungan yang baik dengan negara lain? Negara Indonesia misalnya.

Jawaban:
Suatu bangsa yang merdeka tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari negara lain. Untuk menjaga kelangsungan hidup dan mempertahankan kemerdekaannya, negara tersebut membutuhkan dukungan dari negara lain. Nah, untuk mendapatkan dukungan tersebut, suatu negara harus mengadakan hubungan yang baik dengan negara lain. Misalnya, ketika awal kemerdekaan, bangsa Indonesia membutuhkan pengakuan dan dukungan dari negara lain. Oleh karena itu, para pendiri negara menjalin hubungan dengan India, Australia, Amerika Serikat, Belgia, Mesir, dan sebagainya. Alhasil, kemerdekaan Negara Indonesia mendapatkan dukungan dari negara-negara lain di dunia.

2. Faktor-faktor apa sajakah yang membuat suatu negara perlu kerja sama dalam bentuk hubungan internasional?

Jawaban:
Suatu negara dapat menjalin hubungan dengan negara lain manakala kemerdekaan dan kedaulatannya telah diakui secara de facto dan de jure oleh negara lain.

Perlunya kerja sama dalam bentuk hubungan internasional antara lain karena faktor-faktor berikut.
a. Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup kesananya, baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.
b. Faktor ekternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan.

3. Ruang lingkup hubungan internasional terletak dalam dua bidang. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Ruang lingkup hubungan internasional terletak dalam dua bidang
1. Bidang publik, yang meliputi politik internasional, politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, hukum internasional, diplomasi, organisasi internasional, dan kejahatan internasional.
2. Bidang privat, meliputi ekonomi dan moneter internasional, ilmu pengetahuan, dan turisme (kepariwisataan)

4. Seperti apakah pola hubungan internasional yang dibangun oleh bangsa Indonesia? 

Jawaban:
Pola hubungan internasional yang dibangun oleh bangsa Indonesia dapat dilihat dari kebijakan politik luar negeri Indonesia. Bangsa Indonesia dalam membina hubungan dengan negara lain menerapkan prinsip politik luar negeri yang bebas aktif dan diabdikan bagi kepentingan nasional, terutama kepentingan pembangunan di segala bidang serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

5. Apa arti penting hubungan internasional bagi bangsa Indonesia?

Jawaban:
Hubungan internasional bagi bangsa Indonesia memiliki arti yang sangat penting sekali. Pembangunan hubungan internasional bangsa Indonesia ditujukan untuk peningkatan persahabatan dan kerja sama bilateral, regional, dan multilateral melalui berbagai macam forum sesuai dengan kepentingan dan kemampuan nasional. Selain itu, bagi bangsa Indonesia, hubungan internasional diarahkan untuk hal-hal berikut.
a. Pembentukan satu negara Republik Indonesia yang berbentuk negara kesatuan dan negara kebangsaan yang demokratis.
b. Pembentukan satu masyarakat yang adil dan makmur secara material ataupun spiritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Pembentukan satu persahabatan yang baik antara Republik Indonesia dan semua negara di dunia, dasar kerja sama adalah membentuk satu dunia baru yang bersih dari imperialisme dan kolonialisme menuju perdamaian dunia yang sempurna 
d. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara.
e. Memperoleh barang-barang yang diperlukan dari luar untuk memperbesar kemakmuran rakyat, apabila barang-barang itu tidak atau belum dihasilkan sendiri.
f. Meningkatkan perdamaian internasional, karena hanya dalam keadaan damai Indonesia dapat membangun dan memperoleh syarat-syarat yang diperlukan untuk memperbesar kemakmuran rakyat.
g. Meningkatkan persaudaraan segala bangsa sebagai pelaksanaan cita-cita yang tersimpul di dalam Pancasila, dasar dan flsaIah negara kita

Baca juga:
Demikian postingan Sekolahmuonline tentang pembahasan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 11 Bab Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Semoga bermanfaat dan memudahkan Anda dalam belajar. Silahkan dibaca dan dipelajari contoh soal-contoh soal lainnya. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang ada di bawah postingan ini. Selamat belajar.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPKn Kelas XI Bab 4 Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia (PPKn Kelas XI SMA/SMK/MA) ~ Part 2"

close