Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jelaskan tentang ketentuan pembagian daging akikah dan hikmah pelaksanaan akikah!

Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan contoh soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 9 SMP dan MTs. Masih membahas Bab Akikah dan Qurban. Kali ini tentang Ketentuan Pembagian Daging Akikah dan Hikmah Pelaksanaan Akikah. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya.
ketentuan pembagian daging akikah dan hikmah pelaksanaan akikah



Ketentuan Pembagian Daging Akikah dan Hikmah Pelaksanaan Akikah



Jelaskan tentang ketentuan pembagian daging akikah dan hikmah pelaksanaan akikah!


Jawaban/Pembahasan:

Pembagian Daging Akikah


Ketentuan pembagian daging akikah berbeda dengan pembagian daging kurban. Dalam hal ini daging akikah diberikan dalam kondisi yang sudah dimasak.

Orangtua anak boleh memakannya, menghadiahkan sebagian dagingnya kepada sahabat-sahabatnya, dan menyedekahkan sebagian lagi kepada kaum muslimin. Boleh juga mengundang kerabat dan tetangga untuk menyantapnya, serta boleh juga disedekahkan semuanya. 

Hikmah Pelaksanaan Akikah


Pelaksanakan akikah mengandung banyak hikmah, di antaranya adalah seperti berikut ini.
1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam
2. Membebaskan anak dari ketergadaian.
3. Ibadah akikah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu. Dengan demikian anak yang telah ditunaikan akikahnya dengan rida dan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala akan lebih terlindungi dari gangguan setan yang sering mengganggu anak-anak.
4. Dengan rida dan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta'ala, akikah dapat menghindarkan anak dari musibah, keburukan moral, dan penderitaan.
5. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan lahirnya sang anak.
6. Akikah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syariat Islam.
7. Memperkuat tali silaturahim di antara anggota masyarakat

Demikian pembahasan Sekolahmuonline tentang Ketentuan Pembagian Daging Akikah dan Hikmah Pelaksanaan Akikah. Silahkan baca juga contoh soal-contoh soal lainnya yang kami sediakan. Semoga memudahkan Anda dalam belajar dimana saja dan kapan saja.

Posting Komentar untuk "Jelaskan tentang ketentuan pembagian daging akikah dan hikmah pelaksanaan akikah!"

Memuat...