Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal IPS Kelas 9 Bab 3 Menyikapi Arus Globalisasi ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 9 Bab 3 Menyikapi Arus Globalisasi. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal  beserta dengan jawabannya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 3 yang membahas tentang Menyikapi Arus Globalisasi.
Soal IPS Kelas 9 Beserta Kunci Jawaban


Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan di bawah ini. Selamat dan semangat belajar.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 3 membahas tiga pembelajaran, yaitu:
- Pembelajaran 1 Modernisasi dan Globalisasi
- Pembelajaran 2 Dampak Globalisasi pada Berbagai Bidang Kehidupan
- Pembelajaran 3 Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi

Soal IPS Kelas 9 Bab 3 Menyikapi Arus Globalisasi


✍️Soal 1 Modernisasi dan Globalisasi


1. Jelaskan pengertian globalisasi, dengan Bahasa Ananda sendiri !

Jawaban:
Globalisasi adalah suatu proses mendunia dimulai dari dengan pesatnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini merupakan sebuah tantangan, unsur-unsur budaya setempat mempunyai peran yang sangat besar yang harus dihadapi oleh semua negara dalam mempertahankan kebudayaannya

2. Sebutkan ciri-ciri globalisasi!

Jawaban:
Ciri-ciri globalisasi adalah:
- Adanya kemajuan dalam bidang teknologi dan informasi yang menjadikan dunia seakan tiada batas.
- Terjadinya tranformasi perubahan yang mengubah bentuk tatanan lama ke dalam tatanan baru yang lebih maju, efektif dan efisien dalam segala bidang.
- Terjadi nya perubahan perilaku masyarakat yang berbeda dengan sebelumnya dalam menyikapi perkembangan teknologi dan informasi yang pesat.

3. Jelaskan perbedaan antara globalisasi dan westernisasi!

Jawaban:
Perbedaan mendasar antara modernisasi dengan westernisasi adalah sebagai berikut;
- Kalau modernisasi adalah suatu proses untuk mengarah pada suatu tatanan kehidupan yang lebih modern, terutama karena mendapat dukungan penuh dari perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan informasi yang berkembang dengan pesat. 

- Sedangan westernisasi adalah peniruan gaya hidup kebarat-baratan, lebih mengarah pada sikap dan perilaku, karena menganggap gaya hidup barat lebih tinggi dan bergengsi daripada budaya lokal sebelumnya

4. Sebutkan 4 saluran globalisasi beserta contoh nya!

Jawaban:
Ada 4 Macam Saluran Globalisasi, yaitu:
1. Saluran Pergaulan
2. Saluran Teknologi
3. Saluran ekonomi
4. Saluran Media Hiburan

5. Berikan contoh globalisasi di sekitar Ananda, yang melalui saluran media hiburan!

Jawaban:
Globalisasi yang menggunakan saluran hiburan masuk dengan pesat dengan berkembangnya media informasi dan teknologi. Jenis saluran hiburan yang cepat masuk dan berkembang diantaranya musik, film, permainan game, tempat rekreasi/wisata, dan lainya

✍️Soal 2 Dampak Globalisasi pada Berbagai Bidang Kehidupan


1. Apakah kita bisa menentang adanya globalisai? Jelaskan pendapat Ananda!

Jawaban:
Kita tidak bisa menentang arus globalisasi, karena akan menjadikan kita (masyarakat/negara) menjadi terkucil dan mengalami kehidupan yang tidak berkembang. Yang bisa kita lakukan adalah menerima globalisasi dengan filter yang disesuaikan dengan kepribadian bangsa sendiri.

2. Berikan contoh dampak positif globalisasi dalam bidang komunikasi!

Jawaban:
Dampak positif globalisasi dalam bidang komunikasi adalah dengan makin berkembang pesat kemajuan teknologi yang di dukung oleh internet, sehingga segala sesuatu dapat dikerjakan dari jarak jauh. Komunikasi tidak lagi terhalang oleh jarak dan waktu. Banyak aktifitas komunikasi dilakukan dengan online.

3. Bagaimana jika suatu negara menentang masuknya globalisasi dalam bidang ekonomi?

Jawaban:
Kalau suatu negara menentang masuknya arus globalisasi dalam bidang ekonomi, akan semakin terkucil dari pergaulan ekonomi dunia. Karena masing-masing bangsa tidak bias mencukupi kebutuhan nya sendiri, dan masih ada ketergantungan dengan negara lain, terkait dengan SDA dan SDM nya. Ekonomi global dunia pasti akan mempengaruhi perekonomian suatu bangsa.

4. Jelaskan sisi negatif dampak globalisasi dalam bidang kebudayaan!

Jawaban:
Sisi negatif adanya globalisasi dalam bidang kebudayaan adalah, dengan masuknya budaya asing ke Indonesia bias mempengaruhi identitas nasional bangsa yang berbasis adat ketimuran. Oleh karena itu perlunya filter, sehingga tidak semua budaya asing yang masuk diterapkan apa adanya, namun harus di sesuaikan dengan identitas bangsa. Supaya budaya asli Indonesia tidak semakin luntur dan tersisih oleh arus masuknya budaya asing.

5. Sebutkan beberapa penyimpangan yang dilakukan remaja, akibat dampak negatif dari globalisasi bidang media komunikasi!

Jawaban:
Beberapa penyimpangan yang dilakukan oleh para remaja dengan masuknya arus globalisasi, karena para remaja lebih aktif dan reaktif dalam menerima pengaruh dari luar. Karena ada beberapa anggapan mereka budaya luar lebih bergengsi daripada budaya setempat. Beberapa penyimpangan yang dilakukan diantaranya, penyalahgunaan media HP dan game online, kehidupan kekerasan/tawuran, penyalahgunaan nark0ba, kriminalitas, dan lain sebagainya.

✍️Soal 3 Upaya Menanggulangi Arus Urbanisasi


1. Mengapa sikap terbuka (open ended) merupakan langkah awal dalam menerima arus positif masuknya globalisasi?

Jawaban:
Open ended dan sifat terbuka merupakan hal positif dalam menerima arus globalisasi, karena segala perubahan kearah yang baik, di perlukan adanya kesediaan terbuka dan mau menerima bentuk bentuk perubahan baru, yang tentunya kearah yang lebih baik, lebih maju, lebih modern dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat

2. Mengapa kita harus bersikap postif dan selektif, dalam menerima arus globalisasi yang masuk? Jelaskan alasan ananda! 

Jawaban:
Kita harus bersifat selektif karena semua budaya dan teknologi informasi yang masuk ke Indonesia belum tentu sesuai dengan unsur-unsur dan nilai tatanan masyarakat kita. Hanya budaya yang mempunyai sisi positif dan nilai kemajuan masyarakat yang bisa kita terima menjadi arus perubahan dan globalisasi.

3. Apa yang harus dilakukan suatu masyarakat atau bangsa agar mampu mengikuti kemajuan zaman tanpa harus kehilangan identitas budaya mereka?

Jawaban:
Kemajuan zaman tetap harus dilakukan sebagai bentuk dari perubahan kearah yang lebih maju dan baik, namun kita tidak harus kehilangan jatidiri dan identitas sebagai bangsa. Hal ini kita lakukan dengan tetap memperkuat budaya lokal sebagai budaya dan jatidiri kita, meskipun banyak budaya asing masuk, budaya kita juga tidak kalah dengan budaya yang datang dari luar

4. Apakah pembangunan yang dilaksanakan setiap negara termasuk dalam proses modernisasi? Jelaskan alasan ananda!

Jawaban:
Proses pembangunan di suatu bangsa merupakan upaya modernisasi, karena proses pembangunan di lakukan secara terencana untuk mencapai sutau tujuan tertentu yang mana tujuan tersebut pasti kea rah yang lebih baik. Selain ada perencanaa, pembangunan juga merupakan perwujudan dari cita cita dari masyarakat/bangsa untuk mnjadi masyarakat yang lebih maju.

5. Pancasila merupakan ideologi bangsa yang diharapkan mampu menjadi tameng yang kuat dalam menyikapi arus globalisasi. Bagaimana menurut pendapat Ananda?

Jawaban:
Pancasila menjadi tameng yang kuat dalam menjaga arus globalisasi, karena Pancasila merupakan jatidiri bangsa Indonesia. Pancasila telah digali dari nilai-nliai luhur bangsa yang sudah menjadi kepribadian bangsa Indonesia. Sehingga globalisasi harus tetap di saring dan di sesuaikan dengan Pancasila sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 3 Menyikapi Arus Globalisasi lengkap dengan jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 9 Bab 3 Menyikapi Arus Globalisasi ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close