Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal IPS Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa ~ sekolahmuonline.com

Soal IPS Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal lengkap dengan jawabannya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IX Bab 2 yang membahas tentang Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa.
Soal IPS Kelas IX Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa


Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan di bawah ini. Selamat dan semangat belajar.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 2 membahas tiga pembelajaran, yaitu:
- Pembelajaran 1 Sebab Dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya
- Pembelajaran 2 Peluang dan Tantangan dalam Perubahan Sosial Budaya
- Pembelajaran 3 Dampak Positif Negatif Perubahan Sosial Budaya dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Soal IPS Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa

Untuk memudahkan navigasi Soal per pembelajaran, Anda dapat melihat Daftar Isi berikut ini. Bila ingin loncat langsung ke salah satu Pembelajaran, langsung Klik judulnya saja. Nanti Anda akan diarahkan menuju konten yang Anda cari atau inginkan. Berikut ini Daftar Isi-nya:

DAFTAR ISI: KLIK SHOW/TAMPILKAN👇

✍️Soal 1 Sebab Dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya


1. Jelaskan apa saja hal yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan !

Jawaban:
3 sebab terjadinya perubahan sosial dan kebudayaan:
a. Populasi mansia bertambah dan kehidupan menjadi kompleks sehingga terjadilah perubahan sosial

b. Kelompok manusia bersaing dengan kelompok lain dalam mengakses sumber daya alam yang terbatas. Perubahan sosial budaya dilakukan untuk dapat memenangkan persaingan dengan kelompok masyarakat lain 

c. Perubahan sosial budaya terjadi karena penemuan ide, praktek dan teknik baru yang menyebar diantara masyarakat 

2. Berikan dua contoh perubahan sosial akibat pertambahan populasi!

Jawaban:
2 contoh perubahan sosial akibat pertambahan populasi:
a. Pertambahan populasi manusia di perkotaan membuat rumah tinggal yang semula melebar sejajar tanah, kini dibuat berusun ke atas (contoh apartemen dan rumah susun)

b. Pertambahan populasi manusia di pinggiran kota membuat ruang 
kosong yang semula digunakan untuk bermain anak habis untuk pemukiman dan industri. Anak harus disediakan lokasi lokasi bermain khusus agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas akibat keramaian jalan 

3. Berikan dua contoh perubahan sosial akibat kebutuhan bersaing dengan masyarakat lain !

Jawaban:
2 Contoh perubahan sosial dalam masyarakat akibat kebutuhan bersaing dengan masyarakat lain:
a. Perdagangan online adalah aktifitas jual beli modern. perdagangan online membuat suatu negara akan tertinggal bila mengandalkan transaksi jual beli konvensional. Peningkatan dan pembangunan fasilitas jaringan internet hingga ke desa-desa merupakan aktifitas yang akan menimbulkan perubahan sosial budaya. Perubahan ini penting agar Indonesia dapat bersaing dengan negara lain

b. Pembangunan pabrik alat persenjataan modern, galangan kapal, perakitan kereta api adalah upaya Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara lain

4. Berikan satu contoh perubahan sosial akibat penemuan ide, praktek dan teknik baru yang menyebar kepada masyarakat !

Jawaban:
2 Contoh perubahan sosial akibat adanya penemuan ide, praktek dan teknik baru:
a. Smartphone adalah alat yang dapat membuat komunikasi dan pencarian informasi berlangsung lebih lancar, praktis dan murah. Penemuan smartphone membuat masyarakat Indonesia ikut mengadopsinya. Sebagai akibatnya keberadaan jaringan internet, listrik dan penyedia pulsa diperlukan hingga ke desa desa

b. Sepeda motor matic injeksi adalah sepeda motor yang efisien, praktis dan mudah digunakan siapapun. Masyarakat Indonesia sangat menyukai dan tertarik membeli sepeda motor matic injeksi ini. Hal ini membuat terjadinya perubahan sosial, wanita-wanita di pelosok desa mendapatkan kemerdekaan berpergian dengan menggunakan motor matic injeksi. Mereka tidak lagi tergantung pada laki-laki yang mengantarnya dengan sepeda motor biasa. 

5. Jelaskan mengapa perubahan kebudayaan lebih sukar terjadi daripada perubahan sosial !

Jawaban:
Kehidupan sosial lebih mudah berubah karena masyarakat selalu menghadapi hal-hal baru yang membutuhkan penyelesaian. Kebudayaan memiliki sifat yang lebih sulit berubah karena berisi nilai-nilai dan aturan tidak tertulis yang dianut dan dipegang teguh oleh seluruh masyarakat. 

✍️Soal 2 Peluang dan Tantangan dalam Perubahan Sosial Budaya


1. Jelaskan mengapa perubahan sosial dapat memberikan peluang yang bermanfaat bagi masyarakat !

Jawaban:
Alasan mengapa perubahan sosial dapat memberikan peluang yang bermanfaat bagi masyarakat adalah:
- Perubahan sosial budaya memberikan peluang karena membuat masyarakat dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan baru atau tantangan kehidupan terkini yang mereka alami.
- Terjadinya perubahan sosial kebudayaan membuat masyarakat mengalami kemajuan sehingga dapat menjadi setara dengan masyarakat lain. 

2. Jelaskan mengapa perubahan sosial dapat memberikan tantangan bagi kehidupan manusia! 

Jawaban:
Perubahan sosial budaya memberikan tantangan karena membuat sekelompok orang harus belajar kembali, rela berubah demi mengikuti perubahan sosial budaya yang terjadi 

3. Jelaskan kelompok masyarakat manakah yang biasanya dapat menerima perubahan sosial dengan mudah, dan mengapa demikian!

Jawaban:
Generasi muda merupakan kelompok yang dengan mudah dan sukarela menerima perubahan sosial budaya karena dianggap sebagai kemajuan. Generasi muda tidak banyak mengalami kesulitan menyesuaikan diri pada perubahan karena masih memiliki tubuh dan pemikiran yang segar. Generasi muda masih dalam tahap belajar dan belum memiliki gaya hidup yang mapan dan belum terikat kuat pada nilai dan norma. Kesemuanya membuat generasi muda mudah beradaptasi pada perubahan sosial budaya 

4. Jelaskan kelompok masyarakat mana yang biasanya mengalami kesulitan dalam menghadapi perubahan sosial budaya, berikan alasan!

Jawaban:
Kelompok masyarakat generasi tua sulit menerima perubahan akibat tubuh fisik telah melemah. Generasi tua telah memiliki cara hidup yang mapan dan nyaman dengan kehidupannya sehingga memiliki keengganan untuk berubah. 

Perubahan sosial memberikan tantangan kepada generasi muda karena mengganggu kenyamanan hidup mereka.

Selain kaum generasi tua, kelompok masyarakat yang miskin dan tidak terpelajar juga memiliki kecenderungan mengalami kesulitan mengikuti perubahan sosial budaya

5. Berikan 2 contoh perubahan sosial yang disambut baik generasi muda tetapi memberikan kesulitan bagi generasi tua untuk melaksanakannya!

Jawaban:
2 contoh perubahan sosial budaya yang disambut generasi muda dengan antusias secara tepat:
- Kepopuleran musik musik dan gaya berpakaian Korea atau Barat disambut hangat generasi muda karena dipandang sebagai kemajuan. Generasi muda mudah menerimanya akibat familiar dengan teknologi internet. 

- Smartphone merupakan teknologi baru yang mudah diterima generasi muda karena mereka dekat dengan dunia internet. Generasi tua kesulitan menggunakan smartphone karena tidak familiar dengan teknologi internet, email, install aplikasi dan layar sentuh, dll

✍️Soal 3 Dampak Positif Negatif Perubahan Sosial Budaya dan Solusi Terbaik Mengatasinya


1. Jelaskan bagaiman sikap terbaik untuk manusia dalam menghadapi perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat sekitarnya!

Jawaban:
Sikap terbaik untuk manusia dalam menghadapi perubahan sosial budaya di sekitar masyarakat adalah mau terus belajar, berupaya terus beradaptasi, menyesuaikan diri pada perubahan sosial yang terus terjadi. 

Manusia tidak boleh menyerah, menolak dan menutup diri pada perubahan sosial. Hal ini dapat membuat seorang manusia tertinggal, tidak mampu bersaing dan tidak memiliki kemampuan memadai untuk beradaptasi pada kebutuhan zaman yang baru.

2. Jelaskan dengan bahasa Ananda tiga kriteria perubahan sosial budaya yang dikatakan baik untuk semua masyarakat !

Jawaban:
Perubahan sosial yang baik adalah perubahan yang tidak menguntungkan satu pihak tetapi merugikan pihak yang lain. Perubahan sosial semacam ini memiliki 3 kriteria yaitu :
- Memberikan keuntungan bagi semua pihak. Tidak ada yang dirugikan dari perubahan sosial yang terjadi, semua orang menerima 

- Merupakan hasil dari terjadinya kompromi atau hasil diskusi semua pihak. Perubahan sosial dan budaya yang terjadi mencerminkan nilai kebersamaan dalam masyarakat 

- Perubahan sosial budaya tidak memunculkan perpecahan dalam masyarakat karena semua merasa diuntungkan oleh perubahan sosial budaya tersebut 

3. Jelaskan sikap terbaik bagi manusia sebagai makhluk sosial agar membuat suatu perubahan sosial dan budaya menjadi baik dan tidak merugikan pihak manapun!

Jawaban:
- Sikap terbaik manusia untuk membuat perubahan sosial dan budaya tidak merugikan pihak manapun
- Waspada, mau memperhatikan lingkungan sekitar. Memperhatikan pihak-pihak yang mengalami kesulitan beradaptasi pada perubahan sosial budaya. 

- Tidak egois, memiliki kepedulian dan mau membantu sesama mansuia yang dirugikan atau yang mengalami kesulitan beradaptasi pada perubahan sosial budaya. 

4. Sebutkan dua contoh perubahan sosial yang baik dan menguntungken semua pihak !

Jawaban:
Dua contoh perubahan sosial yang baik dan menguntungken semua pihak 
- Pembuatan sumur resapan agar air hujan di perkotaan dapat diserap di tanah. Membuat cadangan air tanah di perkotaan terjaga dan masyarakat pinggiran sungai tetap aman dari air sungai yang meluap akibat pembuangan air hujan ke sugai 

- Pembangunan rest area Jalan Tol yang menjual produk lokal masyarakat sekitar. Ini membuat pembangunan jalan tol tidak merampas penghasilan dan ciri khas masyarakat daerah yang dilewati tol.

5. Sebutkan tiga komponen yang berperan penting untuk membuat perubahan sosial budaya menjadi baik untuk semua manusia!

Jawaban:
Dua pihak-pihak yang memiliki peran penting untuk membuat perubahan sosial budaya menjadi baik untuk semua manusia dalam masyarakat.
- Sesama manusia
- Pemerintah dan Ilmu pengetahuan

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa lengkap dengan jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal IPS Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close