Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 2 yang membahas tentang Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa.
Rangkuman IPS Kelas IX Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa
Silahkan dibaca dan dipelajari semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada yang lainnya. Cukup dengan meng-klik tombol share sosial media yang Sekolahmuonline sediakan pada postingan ini. Selamat dan semangat belajar.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 2 membahas tiga pembelajaran, yaitu:
- Pembelajaran 1 Sebab Dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya
- Pembelajaran 2 Peluang dan Tantangan dalam Perubahan Sosial Budaya
- Pembelajaran 3 Dampak Positif Negatif Perubahan Sosial Budaya dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Pada postingan mata pelajaran yang sama, Sekolahmuonline sudah menyajikan Contoh Soal Pilihan Ganda dan Essay Bab 2 ini. Yang belum membacanya dapat melihat postingan Sekolahmuonline pada tautan berikut ini:

Rangkuman IPS Kelas IX Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa

Rangkuman Pembelajaran 1 Sebab Dan Pengertian Perubahan Sosial Budaya

1. Perubahan sosial dan Kebudayaan adalah fenomena wajar dan terjadi secara terus menerus dalam kehidupan manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih sesuai dengan kebutuhan zaman. Perubahan terjadi karena secara alamiah karena manusia berkembang dan berubah mengatasi permasalahan yang diterimanya 

2. Perubahan sosial budaya disebabkan oleh sifat alamiah manusia yang ingin terus berubah. Perubahan sosial budaya juga terjadi karena pertama populasi manusia terus bertambah dan memerlukan perubahan untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkannya, kedua adanya kebutuhan suatu kelompok manusa bersaing dengan kelompok lain dalam mengakses sumber daya alam yang terbatas, dan ketiga penemuan ide, praktek dan teknik baru yang menyebar dan menyebabkan perubahan sosial di masyarakat yang mengadopsinya

3. Perubahan sosial lebih mudah terjadi daripada perubahan kebudayaan. Kehidupan sosial masyarakat mudah berubah karena selalu menghadapi hal-hal baru yang membutuhkan penyelesaian. Kebudayaan memiliki sifat yang lebih sulit berubah karena berisi nilai-nilai dan aturan tidak tertulis yang dianut dan dipegang teguh oleh seluruh masyarakat. Agar dapat dikatakan menjadi perubahan budaya, seluruh anggota masyarakat, laki-perempuan, tua muda harus dapat menerima kebutuhan untuk berubah dan melakukan perubahan atas nilai dan norma yang dianutnya secara sukarela

Rangkuman Pembelajaran 2 Peluang dan Tantangan dalam Perubahan Sosial Budaya

1. Perubahan sosial budaya adalah suatu hal penting untuk menciptakan kemajuan dalam masyarakat. Meskipun memberikan peluang positif untuk kemajuan, perubahan sosial budaya juga memberikan tantangan yaitu kerelaan masyarakat untuk terus berubah untuk berkembang. 

2. Perubahan sosial budaya disambut baik oleh generasi muda karena menunjukkan kemajuan tetapi seringkali menyulitkan generasi tua yang telah memiliki cara hidup yang mapan dan nyaman. 

Rangkuman Pembelajaran 3 Dampak Positif Negatif Perubahan Sosial Budaya dan Solusi Terbaik Mengatasinya

1. Perubahan sosial budaya terus terjadi, manusia tidak boleh menolak dan menutup diri pada perubahan. 

2. Perubahan sosial budaya memiliki dua sisi. Pada satu sisi, perubahan dapat dipandang positif karena memberikan manfaat bagi satu pihak tetapi pada sisi yang lain, perubahan dapat dianggap negatif karena mengganggu kehidupan pihak yang lain. 

3. Terkait dengan sifat perubahan sosial, maka manusia sebagai makhluk sosial tidak boleh egois. Manusia harus selalu waspada, memperhatikan dan peduli pada orang-orang disekitarnya. Mau membantu orang yang mengalami kesulitan akibat suatu perubahan sosial budaya yang terjadi disekitarnya. 

4. Perubahan sosial yang baik adalah perubahan yang tidak memecah belah atau mengganggu kerukunan kehidupan masyarakat. Suatu perubahan sosial akan bertahan lama dan menjadi kemajuan apabila mencerminkan nilai kebersamaan dalam suatu masyarakat.

5. Perubahan sosial yang mencerminkan nilai kebersamaan dapat membuat masyarakat berkembang tanpa mengalami konflik yang silih berganti. Untuk ini seluruh masyarakat harus bersikap terbuka, memperhatikan dan mendengarkan perspektif orang lain agar dalam setiap perubahan sosial dapat tercipta kompromi, agar perubahan sosial tidak merugikan satu pihak manapun.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman IPS Kelas 9 Bab 2 Perubahan Sosial Budaya yang Istimewa ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close