Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 1] ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 1] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Bagian Pertama (Part 1) dari Contoh Soal Pilihan Ganda lengkap dengan Kunci Jawabannya mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XII Bab 2 yang membahas tentang Permainan Bola Kecil.
Soal PJOK Kelas XII Bab 2 Permainan Bola Kecil dan Kunci Jawabannya


Soal PJOK Kelas XII Bab 2 Permainan Bola Kecil dan Kunci Jawabannya


Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Pukulan pendek bertujuan untuk….
A. mendorong pelari menuju base selanjutnya
B. memudahkan penjaga dalam mengambil bola
C. memudahkan pemukul sehingga bola mudah dijangkau
D. memudahkan tim untuk mendapatkan poin
E. memberi kesempatan kepada lawan untuk bergerak

Jawaban: A

Pembahasan:
Pukulan pendek bertujuan untuk mendorong pelari menuju base selanjutnya.

Pukulan pendek atau dikenal dengan istilah bunt, merupakan jenis pukulan pada permainan softball yang tidak melakukan ayunan lengan penuh dikarenakan hasil pukulan tidak akan jauh dan hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi pemain bertahan sehingga pelari dapat menuju base tanpa dimatikan.

2. Taktik penyerangan yang sering digunakan untuk mendapatkan poin yaitu hit and run , hal yang paling penting dalam melakukan hit and run yaitu….
A. mudah mendapatkan poin
B. kemampuan baserunner dalam berlari
C. tingkat penguasaan keterampilan pemain
D. instruksi dapat difahami oleh pemukul dan pelari
E. kecepatan dalam melakukan pukulan

Jawaban: D

Pembahasan:
Taktik penyerangan yang sering digunakan untuk mendapatkan poin yaitu hit and run , hal yang paling penting dalam melakukan hit and run yaitu instruksi dapat difahami oleh pemukul dan pelari.

Pada saat melakukan hit and run hal yang paling penting yaitu instruksi mengenai hit and run harus difahami oleh pemukul dan pelari karena apabila komunikasi tidak terjadi dengan baik maka tujuan mendapatkan poin tidak akan tercapai, contohnya ketika pelatih memberikan instruksi hit and run dan tidak difahami oleh pelari maka pelari akan bingung apa yang harus dilakukan sehingga pelari tersebut tidak fokus yang mengakibatkan mudah untuk dimatikan.

3. Double play tidak bisa di lakukan apabila….
A. sebelum terjadi dua mati
B. belum terjadi mati/out
C. tidak ada pelari di setiap base
D. pemukul melakukan pukulan keras
E. pelari memiliki tingkat kecepatan yang rendah

Jawaban: C

Pembahasan:
Double play tidak bisa di lakukan apabila tidak ada pelari di setiap base

Dikarenakan tujuan dari bermain double play maka syarat utama nya adalah terdapat minimal 1 orang pelari di base (dari keseluruhan base) 

4. Cara mematikan pelari yang tidak terpaksa yaitu….
A. dimatikan tanpa di sentuhkan ke badan pelari
B. melemparkan bola ke tubuh pelari
C. menyentuhkan bola ke badan pelari tanpa jatuh bola nya
D. mendorong pelari yang menuju base berikutnya
E. Menghalangi jalur pelari

Jawaban: C

Pembahasan:
Cara mematikan pelari yang tidak terpaksa yaitu menyentuhkan bola ke badan pelari tanpa jatuh bola nya

Dalam permainan softball cara mematikan pelari terdapat beberapa cara salah satunya yaitu menyentuhkan bola yang di kuasai penjaga/fielder kepada anggota tubuh pelari.

5. Stealing atau mencuri base memerlukan keterampilan berlari dan…
A. kekuatan
B. kelincahan
C. daya tahan
D. power
E. Kecepatan

Jawaban: E

Pembahasan:
Stealing atau mencuri base memerlukan keterampilan berlari dan Kecepatan

Untuk dapat mencuri base dengan baik dibutuhkan keterampilan berlari dan kecepatan, kecepatan merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas dengan waktu yang singkat.

6. Dalam permainan softball apabila tim menyerang dalam kondisi full base (semua base terisi pelari) dengan kondisi tanpa mati, maka yang harus dilakukan tim bertahan adalah....
A. melakukan pertahanan terbuka
B. melakukan pertahanan normal
C. melakukan pertahanan jauh dari base
D. melakukan pertahanan dengan fokus ke base 1
E. melakukan pertahanan tertutup

Jawaban: E

Pembahasan:
Dalam permainan softball apabila tim menyerang dalam kondisi full base (semua base terisi pelari) dengan kondisi tanpa mati, maka yang harus dilakukan tim bertahan adalah melakukan pertahanan tertutup.

Close system atau biasa disebut C-position, digunakan bila ada pelari di base ke-3 yang menentukan kemenangan atau keadaan sama/draw (tie game) dan dalam keadaan kurang dari dua mati (out). Kemudian ketika semua penjaga khususnya penjaga dilapangan dalam/infield melakukan system tertutup maka pergerakan bola akan mudah terbaca dan memperpendek jarak ke home base agar bisa lebih cepat dalam mematikan pelari di home base sehingga lawan tidak bisa mencetak poin.

Untuk nomor 7 dan 8 perhatikan gambar berikut ini !


7. Apabila bola hasil pukulan mengelinding ke arah penjaga nomor 6, maka pemain tersebut seharusnya melakukan lemparan ke arah....
A. base 1
B. base 3
C. home base
D. base 2
E. dikembalikan ke pitcher

Jawaban: D

Pembahasan:
Apabila bola hasil pukulan mengelinding ke arah penjaga nomor 6, maka pemain tersebut seharusnya melakukan lemparan ke arah base dua.

Ketika terdapat dua pelari maka yang paling dahulu dimatikan adalah pelari terdepan dikarenakan pelari terdepan lebih berpotensi mencetak poin.

8. Apabila bola hasil pukulan menggelinding dan mengarah ke pemain no 3, untuk melakukan double play maka pemain no 3 harus melempar ke arah base 2 yang seharusnya masuk ke base 2 dan menerima bola untuk mematikan pelari yang menuju base 2 adalah pemain....
A. nomor 1
B. nomor 6
C. nomor 5
D. nomor 4
E. nomor 2

Jawaban: B

Pembahasan:
Apabila bola hasil pukulan menggelinding dan mengarah ke pemain no 3, untuk melakukan double play maka pemain no 3 harus melempar ke arah base 2 yang seharusnya masuk ke base 2 dan menerima bola untuk mematikan pelari yang menuju base 2 adalah pemain nomor 6 

9. Bagi seorang fielder perlu memahami taktik pertahanan, seperti halnya bermain double play, adapun tujuan bermain double play yaitu….
A. mematikan 1 pelari
B. mematikan pelari terdepan
C. mematikan 2 pelari
D. mematikan pelari terakhir
E. meningkatkan kecepatan bermain

Jawaban: C

Pembahasan:
Bagi seorang fielder perlu memahami taktik pertahanan, seperti halnya bermain double play, adapun tujuan bermain double play yaitu mematikan 2 pelari.

Double play yaitu bermain dengan melakukan lemparan ke dua base yang berbeda untuk mematikan 2 pelari secara berturut-turut.

10. Jika terdapat 2 pelari pada base satu dan base dua maka yang perlu dimatikan terlebih dahulu adalah….
A. pelari 2 dimatikan di base 2
B. pelari 2 dimatikan di base 3
C. pelari 1 dimatikan di base 1
D. pelari 1 dimatikan di base 2
E. pemukul yang menuju base 1

Jawaban: B

Pembahasan:
Jika terdapat 2 pelari pada base satu dan base dua maka yang perlu dimatikan terlebih dahulu adalah pelari 2 dimatikan di base 3 Ketika terdapat pelari di base ke- dua dan base ke- satu maka prinsipnya matikan pelari terdepan, dikarenakan pada situasi tersebut pelari terdepannya yaitu pelari di base dua maka pelari pada base dua harus dimatikan di base 3 karena pelari tersebut menuju base 3.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Kunci Jawabannya Bagian Pertama (Part 1) untuk pembahasan PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 1] ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close