Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Essay + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 3] ~ sekolahmuonline.com

Soal Essay + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 3] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Bagian Ketiga (Part 3) dari Contoh Soal mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XII Bab 2 yang membahas tentang Permainan Bola Kecil lengkap dengan Kunci Jawabannya. Pada Bagian Ketiga atau Part 3 ini khusus hanya soal Essay atau Uraian saja.
Soal Essay PJOK Kelas XII Bab 2 Permainan Bola Kecil dan Kunci Jawabannya


Bagi Anda yang belum membaca soal Bagian Pertama dan Kedua yang berisi soal-soal Pilihan Ganda dan Jawabannya silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal Essay PJOK Kelas XII Bab 2 Permainan Bola Kecil dan Kunci Jawabannya [Part 3]


Jawablah soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar dan tepat!

1. Salah satu taktik dalam permainan softball adalah pukulan pendek atau bunt, mengapa pukulan pendek digunakan dalam taktik penyerangan?

Jawaban:
Bunt atau pukulan pendek termasuk kedalam taktik penyerangan dikarenakan 
fungsi dari pukulan pendek ini dapat mengecoh para penjaga yang melakukan penjagaan normal sehingga dapat menghambat penjaga dalam mematikan pelari, dan tujuan dari pukulan pendek atau bunt yaitu mendorong pelari menuju base 
berikutnya sehingga dapat berpotensi mencetak poin

2. Ketika melakukan pukulan bunt, hasil pukulan yang seperti apakah yang diharapkan dan berikan penjelasannya.

Jawaban:
Pukulan bunt yang efektif adalah yang hasil pukulannya tidak jauh dari plate dikarenakan untuk memberi kesulitan kepada penjaga, semakin jauh dari jangkauan penjaga akan semakin baik

3. Apabila terdapat pelari di base 3 dan berpeluang untuk mendapatkan skor sedangkan kondisi belum 2 mati, intruksi apa yang harus diberikan kepada pemukul untuk dapat mendorong pelari di base 3 menuju home?

Jawaban:
Ketika terdapat pelari di base 3 dan berpeluang untuk mendapatkan score sedangkan kondisi belum 2 mati maka lebih baik menggunakan taktik sacrifice fly dimana pemukul memukul bola jauh ke atas sehingga dapat mendorong pelari di base 3 masuk ke homebase dan mencetak poin, namun dikarenakan sacrifice atau pengorbanan maka pemukul kemungkinan besar mati, akan tetapi masih dapat meyerang dikarenakan kondisi out belum mencapai 2 out.

4. Ketika menghadapi pemukul yang memiliki kekuatan yang besar dan tidak ada pelari di base manapun. apakah yang harus dilakukan penjaga untuk mengantisipasi hasil pukulan?

Jawaban:
Untuk mengantisipasi pukulan yang jauh dari pemukul dengan tipe slugger dimana tidak ada pelari satupun di base maka system pertahanan yang digunakan yaitu Deep system atau D-position dikarenakan penjagaan model ini memungkinkan pemain untuk menggapai bola yang jauh sebab posisi pemain agak terbuka dan jauh dari posisi normal, dan lebih mudah mencapai hasil pukulan yang jauh

5. Perhatikan gambar berikut ini :


Dari gambar diatas, apabila bola hasil pukulan bergulir ke arah pemain nomor 6, strategi seperti apakah yang harus dilakukan pemain bertahan/penjaga (fielder)? Tentukanlah pergerakan setiap penjaganya. Kondisi permainan dalam keadaan tanpa mati/out.

Jawaban:
Dikarenakan terdapat pelari di base 3 dan base 1 dan kondisi belum ada yang mati maka, pemain nomor 6 setelah menangkap bola hasil pukulan terlebih dahulu melihat pergerakan pelari di base 3 apabila pelari di base 3 lari ke home maka pilihan pertama bisa melempar ke arah home plate, namun apabila pelari 3 tidak berlari ke home maka pilihan melempar bisa di alihkan ke arah base 2 atau base 1 namun penjaga yang menangkap bola tetap mewaspadai pelari base 3 dengan memperhatikan gerakan pelari di base 3.

6. Bagaimanakah pola penyerangan permainan tunggal dalam olahraga bulutangkis ?

Jawaban:
Pola penyerangan permainan tunggal:
- Permainan berdasarkan keuletan dan daya tahan
- Permainan berdasarkan kekuatan dan kecepatan
- Permainan berdasarkan faktor deception [tipuan] dan teknik

Pembahasan : 
- Permainan berdasarkan keuletan dan daya tahan : Bentuk permainan ini mengutamakan pukulan rally yang didasarkan pada faktor keuletan dan daya tahan atau lebih mengutamakan pukulan panjang.

- Permainan berdasarkan kekuatan dan kecepatan : Permainan ini lebih mengutamakan pukulan yang cepat dan keras. Rata-rata shuttlecock yang dipukul dengan kekuatan ini jatuh ke bawah atau curam.

- Permainan berdasarkan faktor deception [tipuan] dan teknik : Untuk pemain yang menggunakan teknik ini, maka ia sudah benar-benar ahli dalam bermain bulu tangkis.

7. Apa keuntungan permainan depan belakang pada nomor ganda permainan bulutangkis ?

Jawaban:
Untuk menyerang dan menyembunyikan kawan yang memiliki permainan lemah.

Pembahasan: Ada beberapa keuntungan yang di dapatkan oleh pemain ganda dalam menggunakan sistem depan belakang. Salah satu keuntungan yang bisa di dapat oleh pemain adalah sistem ini dikhususkan untuk menyerang dan juga bisa menyembunyikan kawan yang memiliki permainan lemah

8. Apa yang dimaksud dengan sistem bergantian pada nomor ganda permainan bulutangkis ?

Jawaban:
Adalah salah satu sistem yang menggabungkan antara sistem berdampingan (side by side) dengan sistem depan belakang (front and back).

Pembahasan: Sistem ini muncul untuk menutupi kelemahan dari sistem yang lain seperti front and back dan side by side, Sistem berdampingan bisa digunakan untuk bertahan dari serangan lawan yang begitu kuat. Dan untuk sistem depan belakang bisa digunakan untuk menyerang lawan.

9. Apa yang dimaksud dengan taktik servis adalam permainan tenis meja ?

Jawaban:
Taktik servis yaitu servis dari daerah mana saja, arahkan servis ke mana saja ke daerah lawan.

Pembahasan: Taktik servis dalam tenis meja merupakan servis dari daerah mana saja, arahkan servis ke mana saja ke daerah lawan. Usahakan setelah bola dipukul servis, lawan tidak dapat melakukan serangan.

10. Apa prinsip adari strategi pertahanan permainan tenis meja dengan melakukan blok ?

Jawaban:
Mengembalikan bola dengan cara menggunakan atau meminjam datangnya tenaga desakan bola serangan lawan artinya memanfaatkan keuatan bola.

Pembahasan : Blok mampu menyerap, mengurangi, atau memperlemah tenaga pantulan bola lawan. Blok sangat efektif digunakan ketika lawan berada pada posisi jarak tengah atau jarak jauh dari meja

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Ketiga (Part 3) Soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil lengkap dengan Kunci Jawabannya. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Essay + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 3] ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close