Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 2] ~ sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 2] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Bagian Kedua (Part 2) dari Contoh Soal Pilihan Ganda lengkap dengan Kunci Jawabannya mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XII Bab 2 yang membahas tentang Permainan Bola Kecil.
Soal PJOK Kelas XII Bab 2 Permainan Bola Kecil dan Kunci Jawabannya

Untuk Bagian Pertama (Part 1) silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Soal PJOK Kelas XII Bab 2 Permainan Bola Kecil dan Kunci Jawabannya [Part 2]


Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Pada saat melakukan aktivitas bermain bulutangkis, ketika pemain melakukan pukulan ke berbagai arah maka tujuan yang ingin dicapai yaitu….
A. meningkatkan kebugaran jasmani
B. membuat permainan lebih menarik
C. mempersulit lawan dalam mengembalikan shuttlecock
D. melatih kekuatan dan kelincahan lawan bermain
E. melatih komponen fisik seperti kecepatan dan kelincahan

Jawaban: C

Pembahasan:
Pada saat melakukan aktivitas bermain bulutangkis, ketika pemain melakukan pukulan ke berbagai arah maka tujuan yang ingin dicapai yaitu mempersulit lawan dalam mengembalikan shuttlecock.

Mengembalikan hasil pukulan lawan dalam permainan bulutangkis dengan bergerak, memerlukan tingkat kelincahan dan stamina yang bagus, karena shuttlecock yang dipukul di arahkan kebeberapa sisi area lapangan dengan tujuan agar pemain lawan kesulitan dalam mengembalikan shuttlecock.

2. Berikut ini yang termasuk taktik dan strategi dalam permainan bulutangkis nomor ganda yaitu….
A. permainan berdasarkan kekuatan dan kecepatan
B. permainan berdasarkan teknik dan tipuan
C. permainan berdasarkan keuletan dan daya tahan/ stamina
D. taktik samping kiri dan kanan
E. taktik penyerangan berdasarkan kemampuan fisik

Jawaban: D

Pembahasan:
Strategi Permainan Bulutangkis Nomor Ganda

Adapun taktik dan strategi bermain ganda yaitu :
a. Taktik samping kiri dan kanan
Menurut sistim ini lapangan di bagi menjadi 2 bagian yang sama besar, setiap pemain menguasai ½ lebar lapangan dari depan sampai belakang, biasanya sering dipakai ketika diserang, kelemahannya yaitu apabila terdapat salah satu pemain yang memiliki kelemahan dalam bermain, maka pemain tersebut akan di serang terus menerus.

b. Taktik depan dan belakang
Taktik ini menempatkan posisi pemain satu di depan dan satu di posisi belakang, pemain depan mempunyai tugas untuk mengambil kok yang berada di daerah dekat net dan pemain belakang mengambil kok yang mengarah kedaerah belakang. Pembagian lapangan setengah dari panjang lapangan sendiri, dari depan net sampai setengah lapangan tugas pemain depan, dan setengah lapangan sampai belakang merupakan daerah bagian pemain belakang. Pemain belakang di tuntut memiliki stamina yang bagus.

c. Taktik campuran / kombinasi
Taktik ini penggabungan antara taktik sampingkiri/kanan dan taktik depan/belakang, taktik ini lebih efektif digunakan saat bermain ganda, saat mendapat serangan atau bertahan maka taktik yang dipakai adalah taktik kanan dan kiri, namun saat melakukan serangan maka yang digunakan adalah taktik depan dan belakang.

3. Ketika menggunakan taktik campuran pada nomor ganda maka taktik bertahan yang paling tepat digunakan adalah….
A. taktik kanan dan kiri
B. taktik depan belakang
C. taktik individu
D. teknik gerak tipu
E. menggunakan kekuatan

Jawaban: A

Pembahasan:
Ketika menggunakan taktik campuran pada nomor ganda maka taktik bertahan yang paling tepat digunakan adalah taktik kanan dan kiri

Pada taktik campuran ketika bertahan menggunakan taktik kanan dan kiri, dimana lapangan di bagi menjadi 2 bagian yang sama besar, setiap pemain menguasai ½ lebar lapangan dari depan sampai belakang sehingga setiap pemain hanya fokus pada daerah nya saja dan diharapkan dapat lebih efektif dalam mengantisipasi datangnya pukulan dari lawan

4. Kelemahan dari taktik samping kanan kiri pada nomor ganda adalah….
A. posisi tidak terbagi dengan adil
B. pemain terlemah akan menjadi sasaran serangan
C. perlu memiliki stamina yang sangat baik
D. kurangnya ruang gerak sehingga tidak leluasa bergerak
E. dapat berbenturan dengan rekan satu tim

Jawaban: B

Pembahasan:
Kelemahan dari taktik samping kanan kiri pada nomor ganda adalah pemain terlemah akan menjadi sasaran serangan

Ketika menggunakan taktik bertahan kanan kiri maka pemain lawan akan menganalisis kelemahan setiap pemain sehingga pemain lawan akan mengincar pemain terlemah.

5. Pada taktik depan belakang dalam nomor ganda diperlukaan koordinasi yang baik, dan pemain belakang harus memiliki stamina yang bagus dikarenakan….
A. pemain belakang memiliki daya jelajah yang tinggi
B. pemain belakang lebih bagus dari pemain depan
C. tenaga yang dikeluarkan sangat besar
D. untuk mengcover pemain depan
E. posisi bermain yang terlalu jauh

Jawaban: A

Pembahasan:
Pada taktik depan belakang dalam nomor ganda diperlukaan koordinasi yang baik, dan pemain belakang harus memiliki stamina yang bagus dikarenakan pemain belakang memiliki daya jelajah yang tinggi.

Ketika pemain dengan jelajah tinggi maka akan menguas tenaga dan stamina sehingga pemain yang disimpan dibelakang sebaiknya memiliki stamina yang sangat baik.

6. Ketika bola berada disebelah kanan tubuh, maka pemain yang memegang bet dengan tangan kanan lebih efektif memukul bola dengan teknik pukulan….
A. drive
B. medium service
C. long service
D. backhand
E. forehand

Jawaban: E

Pembahasan:
Ketika bola berada disebelah kanan tubuh, maka pemain yang memegang bet dengan tangan kanan lebih efektif memukul bola dengan teknik pukulan forehand.

pukulan forehand adalah memukul bola dimana posisi telapak tangan yang memegang bet megahadap ke depan sehingga lebih mudah memukul bol yang mengarah ke area sebelah kanan.

7. Ketika bola berada disebelah kiri tubuh, maka pemain yang memegang bet dengan tangan kanan lebih efektif memukul bola dengan teknik pukulan….
A. drive
B. medium service
C. long service
D. backhand
E. forehand

Jawaban: D

Pembahasan:
Ketika bola berada disebelah kiri tubuh, maka pemain yang memegang bet dengan tangan kanan lebih efektif memukul bola dengan teknik pukulan Backhand.

Pukulan backhand adalah dimana pada waktu memukul bola posisi telapak tangan yang memegang bet menghadap ke belakang atau posisi punggung tangan yang memegang bet mengahadap ke depan sehingga lebih mudah memukul bola di area sebelah kiri.

8. Teknik pukulan pada permainan tenis meja yang tepat untuk menghasilkan bola tidak melambung terlalu tinggi di atas net yaitu….
A. top spin
B. chop (gerakan memotong)
C. push (mendorong bola)
D. drive
E. long

Jawaban: C

Pembahasan:
Teknik pukulan pada permainan tenis meja yang tepat untuk menghasilkan bola tidak melambung terlalu tinggi di atas net yaitu Push (mendorong bola).

Teknik pukulan push membuat pukulan lurus di atas net asalkan gerakannya mendorong dari arah belakang ke arah depan secara lurus.

9. Yang membedakan pukulan forehand dan backhand baik pada saat melakukan serangan maupun pertahanan yaitu terletak pada….
A. jenis pegangan/grip
B. posisi gerakan tangan
C. posisi pandangan
D. posisi berdiri
E. tumpuan kaki

Jawaban: B

Pembahasan:
Yang membedakan pukulan forehand dan backhand baik pada saat melakukan serangan maupun pertahanan yaitu terletak pada posisi gerakan tangan.

Pukulan backhand dan forehand secara alur gerakan adalah sama namun perbedaannya yaitu dari perkenaan bola dengan bet dimana pukulan forehand perkenaannya adalah permukaan yang dipegang oleh telapak tangan sedangkan backhand bagian punggung bet sehingga akan berbeda ketika melakukan sebuag gerakan.

10. Pada saat melakukan loop drive yang harus diperhatikan adalah….
A. dilakukan dengan kecepatan dan koordinasi yang baik
B. dilakukan dengan lambat dan memutar bet
C. dilakukan hanya pergelangan tangan dan lengan saja
D. dilakukan dengan suatu kerjasama antara pergelangan tangan, siku dan lengan
E. dilakukan dengan gerakan yang luwes

Jawaban: D

Pembahasan:
Pada saat melakukan loop drive yang harus diperhatikan adalah dilakukan dengan suatu kerjasama antara pergelangan tangan, siku dan lengan.

Pukulan Loop drive merupakan pukulan dengan menggesek bola ke atas dan hampir tidak ada tenaga/kekuatan ke depan, kemudian bet berhenti di sebelah belakang kepala sehingga perlu adanya singkronisasi gerakan antara pergelangan tangan, sikut dan lengan tidak bisa hanya pergelangan saja.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Bagian Kedua (Part 2) Soal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Kunci Jawabannya untuk pembahasan PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PJOK Kelas 12 Bab 2 Permainan Bola Kecil [Part 2] ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...