Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman PPKn Kelas 12 Bab 3 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman PPKn Kelas 12 Bab 3 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 3 yang membahas tentang Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Rangkuman PPKn Kelas 12 Bab 3 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 3 membahas dua pembelajaran. Pembelajaran Pertama membahas tentang Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembelajaran Kedua membahas tentang Sikap Selektif dalam Menghadapi Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek.

Rangkuman PPKn Kelas XII Bab 3 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia


Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia


1. ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi.

2. Pembangunan iptek ditujukan untuk membantu pemecahan persoalan kekinian dan mengantisipasi masalah masa depan. 

3. Ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu selalu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma yang secara sadar diperoleh melalui kegiatan ilmiah. Sedangkan pengetahuan didapat melalui proses pemahaman di luar metode ilmiah.

4. Pengaruh kemajuan iptek cukup besar dalam membantu kehidupan masyarakat di dunia dan khususnya bagi Indonesia. Selain itu kemajuan iptek ini juga membawa pengaruh positif dan negatif bagi bangsa dan negara Indonesia.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2 Sikap Selektif dalam Menghadapi Berbagai Pengaruh Kemajuan Iptek


1. Sikap selektif dapat diartikan sebagai sikap untuk memiliki dan menentukan alternatif yang terbaik bagi kehidupan diri, lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara melalui proses yang berhati-hati, rasional, dan normatif terhadap segala macam pengaruh dari luar sehingga apa yang telah menjadi pilihan dapat diterima oleh semua pihak dengan penuh tanggung jawab.

2. Bertanggung jawab mempunyai pengertian suatu keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menangung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

3. Setiap orang berhak untuk mengembangkan diri dalam kemajuan iptek. Selain itu pemerintah juga punya kewajiban untuk memajukan iptek dengan menjunjung nilai agama dan persatuan bangsa. 

4. Seluruhnya kemajuan iptek digunakan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan negara kita yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

5. Sebagai warga negara Indonesia kita jadikan Pancasila sebagai pegangan hidup bangsa. Dengan sikap tanggung jawab dan selektif yang berpegangan pada Pancasila

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 3 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman PPKn Kelas 12 Bab 3 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...