Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 8 Sistem Pernafasan ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 8 Sistem Pernafasan ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 8 Sistem Pernafasan. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri Biologi kelas 11 khususnya Bab Sistem Pernafasan.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 11 Bab 8 Sistem Pernafasan ~ sekolahmuonline.com
Biologi kelas 11 Bab Sistem Pernafasan terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Struktur dan fungsi organ pernafasan
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Mekanisme pernafasan
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Kelainan sistem pernafasan

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Pernafasan

1. Sistem pernapasan pada manusia adalah sistem organ yang digunakan untuk menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar.

2. Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbondioksida dan uap air.

3. Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi.

4. Jalannya Udara Pernapasan: Udara masuk melalui lubang hidung - farink - larink - trakea - percabangan trakea (bronchus) - percabangan bronchus (bronchioles) - udara berakhir pada ujung bronchus berupa gelembung (alveolus).

5. Paru-paru tersusun oleh bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. Di dalam paru-paru, bronkiolus bercabang-cabang halus dengan diameter ± 1 mm, dindingnya makin menipis jika dibanding dengan bronkus.

6. Pernafasan adalah proses pertukaran gas oksigen dan karbondioksida

7. Menurut tempat terjadinya pertukaran gas, maka pernapasan dapat dibedakan atas 2 jenis, yaitu pernafasan dada dan pernafasan perut.

8. Pernafasan dada adalah pernafasan yang melibatkan otot antartulang rusuk.

9. Pernafasan perut adalah pernafaaan yang melibatkan otot diafragma.

10. Udara yang dipernafaskan oleh tubuh dapat digolongkan menjadi volume tidal, udara komplementer, udara suplementer, dan udara residu.

11. Pengangkutan O2 oleh darah dilakukan oleh hemoglobin dan plasma darah

12. Pengangkutan CO2 oleh darah dilakukan 3 cara yaitu:
a. plasma darah CO2 + H2O -----> H2CO3.
b. Oleh Hemoglobin CO2 + Hb -----> HbCO2
c. Pertukaran klorida : CO2 + H2O -------> HCO3

13. Gangguan sistem pernafasan terjadi karena organ-organ pernafasan tidak berfungsi normal. Kelainan fungsi tersebut bisa disebabkan oleh:
a. Prilaku yang merusak organ pernafasan, misalnya kebiasaan merokok.
b. Polutan di udara yang melebihi batas ambang, misalnya CO2.
c. Infeksi penyakit

13. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini dapat mengatasi beberapa gangguan sistem pernafasan, tetapi teknologi tersebut membutuhkan biaya yang tidak murah.

Pulmotor merupakan alat yang digunakan untuk melakukan proses pernapasan buatan. Alat ini biasanya digunakan pada pasien atau orang yang mengalami gangguan pernapasan, seperti gangguan pernapasan karena tenggelam dan gangguan pernapasan karena kaget.

Oxygen Catheter biasanya dipasang ke pasien pada kondisi-kondisi darurat saja, misalnya saja jika ada pasien yang mengalami koma, penyakit berat,

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 8 yang membahas tentang Sistem Pernafasan. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Biologi kelas 11 dengan dikemas lagi agar mudah dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Biologi Kelas 11 Baca pada postingan di bawah ini:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 8 Sistem Pernafasan ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...