Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 9 Sistem Ekskresi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 9 Sistem Ekskresi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 9 Sistem Ekskresi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri Biologi kelas 11 khususnya Bab Sistem Ekskresi.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas 11 Bab 9 Sistem Ekskresi
Biologi kelas 11 Bab Sistem Ekskresi terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Struktur dan fungsi organ ekskresi pada manusia
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Mekanisme Pembentukan Urine
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Gangguan dan Teknologi yang berhubungan dengan Sistem Ekskresi

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Ekskresi

1. Sistem ekskresi adalah sistem pembuangan zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna dalam tubuh makhluk hidup, meliputi ginjal, hati, paru-paru, dan kulit.

2. Kulit sebagai alat ekskresi mengeluarkan lemak dan keringat yang mengandung air, garam, urea, serta ion-ion seperti Na+.

3. Paru-paru sebagai organ ekskresi berperan dalam mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O) yang dihasilkan dari respirasi.

4. Hati (hepar) berfungsi memecah beberapa senyawa yang bersifat racun (detoxifikasi), serta menghasilkan amonia, urea, dan asam urat yang akan diekskresikan ke dalam urine.

5. Ginjal atau “ren” berbentuk seperti biji buah kacang merah (kara/ercis). Ginjal terletak di kanan dan di kiri tulang pinggang yaitu di dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal dan berfungsi dalam pembentukan urine. 

6. Di dalam ginjal terjadi serangkaian proses pembentukan urin, yaitu filtrasi (penyaringan), reabsorbsi (penyerapan kembali), dan augmentasi (pengeluaran).

7. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengeluaran urin yaitu jumlah air yang dimunum, saraf, Hormon antidiuretik (ADH), Kadar garam, Penyakit Diabetes mellitus, dan suhu

8. Gangguan sistem ekskresi, antara lain diabetes insipidus, diabetes mellitus, edema, albuminaria, nefritis, ureamia, poliuria, batu ginjal, gagal ginjal.

9. Teknologi sistem eksresi yaitu hemodialisis, transplantasi ginjal, ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), Skin grafting (cangkok kulit)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 9 tentang Sistem Ekskresi. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Biologi kelas 11 dengan dikemas lagi agar mudah dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 9 Sistem Ekskresi ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...