Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 6 Sistem Sirkulasi pada Manusia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 6 Sistem Sirkulasi pada Manusia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 6 Sistem Sirkulasi pada Manusia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri Biologi kelas 11 khususnya Bab Sistem Sirkulasi pada Manusia.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas XI Bab 6 Sistem Sirkulasi pada Manusia ~ sekolahmuonline.com
Biologi kelas 11 Bab Sistem Sirkulasi pada Manusia terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Peredaran Darah pada Manusia
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Komponen Darah pada Manusia
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Kelainan pada Sistem Sirkulasi

Pada setiap kegiatan pembelajaran di atas, masing-masing meliputi pembahasan sebagai berikut ini:
- Pertama: Menjelaskan alat peredaran darah yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah
- Kedua: Menjelaskan struktur, fungsi serta bioproses plasma darah dan sel darah
- Ketiga: Menjelaskan gangguan/kelainan pencernaan pada manusia dalam kehidupan sehari-hari termasuk berbagai teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Sirkulasi pada Manusia

1. Sistem peredaran darah pada manusia melibatkan jantung dan pembuluh darah.

2. Jantung berfungsi untuk memompa darah. Jantung terdiri atas 4 ruangan, yaitu serambi (atrium) kiri dan serambi (atrium) kanan serta bilik (ventrikel) kiri dan bilik (ventrikel) kanan.

3. Pembuluh darah dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan kapiler.

4. Peredaran darah pada manusia terdiri atas peredaran darah kecil (peredaran darah pulmonari) dan peredaran darah besar (peredaran darah sistemik). Sistem peredaran darah kecil dimulai darah dari jantung mengalir paru-paru, kemudian kembali ke jantung. Sementara peredaran darah besar, darah yang berasal dari jantung menuju seluruh tubuh, kemudian kembali lagi ke jantung. 

5. Darah terdiri atas plasma darah dan sel darah. Sebagian plasma darah terdiri atas air dan bahan-bahan yang terlarut, seperti protein, karbohidrat, lemak, hormon, dan garam-garam mineral.

6. Fungsi plasma darah adalah:
a. Mengangkut limbah
b. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
c. Membantu proses pembekuan darah
d. Menjaga suhu tubuh
e. Membantu melawan infeksi
f. Menjaga keseimbangan asam dan basa

7. Sel darah merah (eritrosit) merupakan komponen sel darah yang berperan dalam pengangkutan O2 ke sel-sel tubuh/sel-sel jaringan tubuh dan mengikat kembali gas CO2 menuju paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.

8. Sel darah putih (leukosit) adalah komponen sel darah yang berfungsi melacak kemudian melawan mikroorganisme atau molekul asing penyebab penyakit atau infeksi, seperti bakteri, virus, jamur, atau parasite. Sel darah putih secara garis besar dikelompokkan menjadi dua, yaitu granulosit dan agranulosit.

9. Keping-keping darah (trombosit) adalah bagian sel-sel darah yang berperan dalam proses pembekuan darah (aglutinasi). 

10. Penggolongan darah sistem AB disusun berdasarkan ada tidaknya molekul aglutinogen dan aglutinin dalam sel darah. Darah manusia memiliki golongan darah A, B, AB dan O. Golongan darah O disebut donor universal, sedangkan golongan darah AB disebut resipien universal. 

11. Gangguan dan kelainan pada sistem peredaran darah adalah anemia, thalasemia, anemia bulan sabit (cicle cell anemia), polisetemia, leukemia (kanker darah), agranulositosis, hemofilia, trombositopenia, hipertrofi, jantung koroner, embolisme koroner, fibrilasi atrium, varises, flebitis, hipertensi, hipotensi, hemorage, dan lain sebagainya.

12. Dalam pengambilan tindakan untuk proses penyembuhan segala jenis gangguan dan kerusakan pada sistem peredaran darah pada tubuh manusia sudah banyak dibantu dengan alat teknologi.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 6 Sistem Sirkulasi pada Manusia. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Biologi kelas 11 dengan dikemas lagi agar mudah dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 6 Sistem Sirkulasi pada Manusia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...