Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 5 Sistem Gerak Pada Manusia ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 5 Sistem Gerak Pada Manusia ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 5 Sistem Gerak Pada Manusia. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri Biologi kelas 11 khususnya Bab Sistem Gerak Pada Manusia.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi Kelas XI Bab 5 Sistem Gerak Pada Manusia ~ sekolahmuonline.com
Biologi kelas 11 Bab Sistem Gerak Pada Manusia terdiri dari tiga Kegiatan Pembelajaran (KP), yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Rangka Manusia
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Otot Manusia
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Kelainan pada Sistem Gerak Manusia

Pada setiap kegiatan pembelajaran masing-masing berisi pembahasan:
- KP Pertama: Menguraikan fungsi serta srtuktur rangka tubuh pada manusia.
- KP Kedua: Menguraikan klasifikasi otot serta mekanisme kerja otot pada manusia.
- Ketiga: Menguraikan kelainan sistem gerak manusia serta teknologi yang berhubungan dengan kelainan sistem gerak pada manusia.

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Gerak Pada Manusia

1. Sistem gerak pada manusia terbagi dua, yaitu sistem gerak aktif dan sistem gerak pasif. Tulang sebagai alat gerak pasif dan otot sebagai alat gerak aktif.

2. Fungsi tulang rangka sebagai berikut.
a. Alat gerak pasif.
b. Memberi bentuk tubuh.
c. Melindungi alat-alat atau bagian tubuh yang lunak.
d. Tempat melakatnya otot-otot rangka.
e. Tempat pembentukan sel darah dan penimbunan mineral.

3. Pada manusia, rangka tubuh dibagi menjadi dua yaitu rangka aksial dan apendikular.
Rangka aksial terdiri atas tulang tengkorak, tulang belakang, tulang rusuk dan tulang dada. Rangka apendikular terdiri atas tulang gelang bahu, tulang gelang panggul dan tulang anggota gerak. 

4. Menurut jenisnya, tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras.

5. Menurut bentuknya, tulang dibedakan menjadi tulang pipih, tulang pendek, dan tulang pipa.

6. Hubungan antartulang disebut artikulasi (persendian) yang dikelompokkan menjadi sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis.

7. Otot manusia meliputi tiga jenis yaitu otot rangka, otot polos dan otot jantung.

8. Sifat kerja otot dapat dibedakan atas otot anagonis dan otot sinergis.
Otot antagonis merupakan otot yang hubungan kerjanya saling berlawanan sedangkan otot sinergis merupakan otot yang hubungan keranya saling berkerjasama secara bersamaan

9. Otot dapat melakukan kontraksi. Kontraksi otot terjadi mengikuti teori model geseran (luncuran filamen). Filamen otot ada dua jenis yaitu filamen halus (tipis) dan kasar (tebal).

10. Saat otot berkontraksi diperlukan energi yaitu dalam bentuk ATP. Energi ATP diperoleh dengan respirasi aerob dan anaerob. Penimbunan asam laktat dalam otot terjadi sebagai akibat dari usaha otot dalam pemenuhan energi kontraksi otot melalui proses aerob. Asam laktat dapat menimbulkan kelelahan.

11. Gangguan pada otot dan tulang dapat mengganggu pergerakan dari manusia. Gangguan dan penyakit pada otot disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi virus, infeksi bakteri, maupun aktivitas.

12. Kemajuan ilmu pengetahuan, para ilmuwan telah berhasil mengembangkan teknologi guna mengatasi kelainan pada sistem gerak.

13. Teknologi biopsi merupakan teknologi yang diyakini cocok untuk mengatasi kelainan lemahnya otot. Sedang teknologi EMG cocok untuk menentukan kelainan otot atau gangguan hantaran listrik pada membran otot.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 5 Sistem Gerak Pada Manusia. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Biologi kelas 11 dengan dikemas lagi agar mudah dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 5 Sistem Gerak Pada Manusia ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...