Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 12 Sistem Reproduksi ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 12 Sistem Reproduksi ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab 12 Sistem Reproduksi. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga memudahkan Anda dalam belajar secara mandiri Biologi kelas 11 khususnya Bab Sistem Reproduksi.
Rangkuman Biologi Kelas XI Bab 12 Sistem Reproduksi ~ sekolahmuonline.com
Biologi kelas 11 Bab Sistem Reproduksi terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Kegiatan Pembelajaran Pertama: Alat-alat reproduksi laki-laki yang membahas mengenai: organ reproduksi bagian dalam, saluran reproduksi, hormon, Kelenjar asesoris, organ bagian luar, $permatogenesis dan $perma
- Kegiatan Pembelajaran Kedua: Alat-alat reproduksi wanita yang membahas mengenai Organ bagian dalam, saluran reproduksi, hormon, kelenjar asesoris, organ bagian luar, Oogenesis, 0vum, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, persalinan
- Kegiatan Pembelajaran Ketiga: Gangguan dan kelainan/penyakit pada sistem reproduksi

Rangkuman Biologi Kelas XI Bab Sistem Reproduksi

Untuk rangkuman atau ringkasan Sekolahmuonline sajikan per kegiatan pembelajaran. Silakan dibaca dan dipelajari. Semoga dapat membantu daya ingat. 

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Alat-alat Reproduksi Laki-laki

1. Organ reproduksi pria digolongkan menjadi organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar. Organ reproduksi dalam terdiri dari te$tis yang berisi tubulus seminiferous, saluran pengeluaran yang terdiri dari epididymis, vas deferens, saluran ej@kulasi dan uretra, serta kelenjar asesoris yang terdiri dari vesikaseminalis, kelenjar prostat dan kelenjar cowper. Organ reproduksi luar terdiri dari pen!s dan skrotum.

2. Hormon-hormon yang berperan dalam pada sistem reproduksi pria adalah hormon testosteron, LH, FSH, estrogen dan hormon pertumbuhan.

3. Proses pembentukan dan pemasakan $permatozoa disebut $permatogenesis. Proses pembentukan $permatozoa dipengaruhi oleh kerja beberapa hormon. Kelenjar hipofisismenghasilkan hormon perangsang folikel (Folicle Stimulating Hormon/FSH) dan hormon lutein (Luteinizing Hormone/LH).

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Alat-alat Reproduksi Wanita

1. Organ reproduksi wanita terdiri dari bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar terdiri dari l@bia mayora, l@bia minora, himen, klit0ris, dan mons veneris. Alat kel@min bagian dalam terdiri dari 0varium, oviduk/tub@ fallopi, uterus dan va6ina

2. Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur di dalam ov@rium pada siklus menstruasi.

3. Hormon yang berperan dalam sistem reproduksi wanita adalah FSH, LH, estrogen, dan progesteron.

4. Setelah terjadi fertilisasi, terbentuklah zig0t yang akan masuk kedalam uterus dan berkembang menjadi embrio. Di dinding rahim, embrio melanjutkan perkembangan dengan membentuk membran, yaitu kantong kuning telur, amnion, korion, dan alantois. Selain itu juga dibentuk plasenta (ari-ari) dan tali pusar. Setelah berkembang sempurna selama 9 bulan 10 hari, bayi dilahirkan.

5. Proses persalinan ditandai dengan adanya kontraksi, diikuti pecahnya amnion dan disusul keluarnya bayi. Kemudian 6-15 menit kemudian diikuti keluarnya plasenta. Hormon yang berperan adalah hormon relaksin, oksitosin, estrogen, dan prostaglandin.

6. Proses pengelupasan endometrium bersama dengan meluruhnya 0vum yang tidak dibuahi disebut menstruasi. Siklus menstruasi terdiri dari tiga fase, yaitu fase ploriferasi, fase sekresi, dan fase menstruasi.

Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Gangguan dan Kelainan/Penyakit pada Sistem Reproduksi

1. Kesehatan reproduksi secara umum didefenisikan sebagai kondisi sehat dari sistem, fungsi, dan proses alat reproduksi.

2. Beberapa penyakit yang berkaitan dengan reproduksi antara lain gangguan pada saat mentruasi, kanker ovarium, kanker 6enetalia, gonorhoea, kanker serviks, prostatitis, kanker v@gina, endometriosis, klamydia, urethritis, dan prostatitis.

3. Teknologi yang digunakan pada pengobatan penyakit sistem reprodukai meliputi pemberian obat-obatan, kemoterapi, bedah, sampai dengan memanfaatkan terapi hormon.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Biologi kelas 11 Bab Sistem Reproduksi. Rangkuman Sekolahmuonline rujuk dari Modul PJJ Biologi kelas 11 dengan dikemas lagi agar mudah dipelajari. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. 

Posting Komentar untuk "Rangkuman Biologi Kelas 11 Bab 12 Sistem Reproduksi ~ sekolahmuonline.com"

close