Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 11 Getaran Selaras ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 11 Getaran Selaras ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Fisika kelas 10 Bab 11 yang membahas Getaran Selaras. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Membantu memudahkan Anda dalam belajar Fisika secara mandiri. Jika menemukan kesulitan, diskusikan dengan teman belajar atau guru fisika di kelasmu.
Rangkuman atau ringkasan Fisika Kelas 10 Bab 11 Getaran Selaras
Apakah kalian pernah melihat gerakan pada bandul? gerakan yang kalian amati tersebut tergolong ke dalam gerak harmonik sederhana. Ini adalah gerakan bolak-balik di sekitar titik keseimbangannya. Kalau kalian perhatikan, bandul memiliki titik kesetimbangan di tengah, karena walaupun kecepatannya menurun, bandul akan tetap bergerak di sekitar titik kesetimbangan tersebut. Gerak harmonik sederhana memiliki amplitudo (simpangan maksimum) dan frekuensi yang tetap. Gerak ini bersifat periodik. Setiap gerakannya akan terjadi secara berulang dan teratur dalam selang waktu yang sama. Dalam gerak harmonik sederhana, resultan gayanya memiliki arah yang selalu sama, yaitu menuju titik kesetimbangan. Gaya ini disebut dengan gaya pemulih. Besar gaya pemulih berbanding lurus dengan posisi benda terhadap titik kesetimbangan.

Fisika kelas 10 Bab 11 Getaran Selaras terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Gerak Harmonis Sederhana
- Kedua: Analisis Gerak Harmonis Sederhana

Rangkuman Fisika Kelas X Bab 11 Getaran Selaras

1. Beban yang terhubung oleh pegas yang bergerak harmonis sederhana mengalami resultan gaya yang besarnya berbanding lurus dengan simpangan

2. Periode menyatakan waktu selama terjadi satu kali getaran

3. Frekuensi banyaknya getaran dalam satu sekon

4. Nilai frekuensi sama dengan perbandingan antara banyaknya getaran (n) per lamanya waktu bergetar (t). Sama seperti pada periode, nilai frekuensi berbanding terbalik dengan periode.

5. Frekuensi sudut yang ditulis sebagai 𝛚 adalah tetapan yang ditentukan menurut 𝛚 = 2𝜋/𝑇, frekuensi sudut menyatakan seberapa sering getaran itu terjadi.

6. Untuk pegas berlaku
𝛚 = √𝑘/𝑚

7. Waktu terpendek yang diperlukan oleh benda yang melakukan getaran untuk Kembali ke posisi semula disebut periode getaran
T = 2π√𝑚/𝑘

8. Untuk ayunan berlaku
𝛚 = √𝑔/𝑙

9. T = 2π√𝑙/𝑔

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan Fisika kelas 10 Bab 11 pembahasan Getaran Selaras. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Fisika Kelas X. Selamat dan semangat belajar putra putri Indonesia semuanya dimanapun berada, kalian adalah generasi-generasi penerus pengisi perjuangan. Andil dan sumbangsih kalian kelak sangat diharapkan. Agar NKRI kuat dan tetap berjaya, rakyat adil makmur sentosa. Jangan jadikan uang atau biaya menjadi alasan untuk bilang tidak bisa belajar. Di sini gratis semuanya. Tinggal mau baca atau tidak. Silahkan baca-baca juga postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Soal dan rangkuman Fiska Kelas 10:
Rangkuman Fisika Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 11 Getaran Selaras ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close