Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 8 Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 8 Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Fisika kelas 10 Bab 8 yang membahas Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Membantu memudahkan Anda dalam belajar Fisika secara mandiri. Jika menemukan kesulitan, diskusikan dengan teman belajar atau guru fisika di kelasmu.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Fisika Kelas 10 Bab 8 Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler
Fisika kelas 10 Bab 8 Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Gaya Gravitasi dan Medan Gravitasi
- Kedua: Gerak Satelit dan Hukum Kepler

Rangkuman Fisika Kelas X Bab 8 Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler

1. Hukum gravitasi umum Newton menyatakan apabila terdapat dua buah benda terpisah sejauh r dari pusat mass maka benda-bend tersebut akan mengalami gaya interaksi yang besarnya sebanding dengan perkalian massa-massa benda tersebut, tetapi berbanding terbalik dengan kuadrat jarak r yang memisahkan kedua benda tersebut.

2. Gaya gravitasi merupakan gaya tarik menarik akibat interaksi dua buah benda, yang selau berbanding lurus dengan perkalian massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya.

3. Terdapat tiga hal yang harus Ananda perhatikan dalam menerapkan hukum gravitasi Newton, yaitu :
a) Benda dianggap berbentuk bola seragam atau berupa partikel (titik materi) sehingga jarak pissah r adalah jarak pisah antara kedua pusat massa benda
b) Garis kerja gaya gravitasi terletak pada garis hubung yang menghubungkan pusat benda m1 dan pusat benda m2.
c) F12 adalah gaya grvitasi ada benda 1 yang dikerjakan olehbenda 2 (disebut aksi), dan F21 adalah gaya gravitasi pada benda 2 yang dikerjakan oleh benda 1 (disebut reaksi). Jadi F12 dan F21 adalah dua gaya yang bekerja pada dua benda yang berbeda, sama besar dan berlawanan arah (termasuk pasangan aksi-reaksi)
4. Medan gravitasi adalah ruang yang masih dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Besaran yang menyatakan medan gravitasi disebut kuat medan gravitasi (g), yaitu gaya gravitasi tiap satuan massa
5. Satelit adalah benda-benda langit yang mengitari planet dengan ukuran yang lebih kecil dari planet tersebut. Satelit dibagi menjadi dua, yaitu satelit alamiah dan satelit buatan. Pagar satelit bergerak pada orbitnya, maka berlaku hubungan gaya sentripetal (Fs) dan gaya gravitasi (Fg).

6. Gaya sentripetal (Fs) merupakan gaya yang bekerja pada benda yang bergerak melingkar dan arahnya selalu menuju ke pusat rotasi.

7. Kecepatan linier pada gerak satelit yang mengorbit pada lintasan orbit tertentu dipengaruhi oleh jarak satelit ke pusat massa planet yang dijadikan pusat orbit (R) dan kuat medan gravitasi yang dirasakan satelit pada titik orbit satelit (g)

8. Terdapat 3 buah hukum Kepler yang membahas tentang gerak planet, yaitu :
a. Hukum I Kepler
“Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari Matahari dengan Matahari berada di salah satu fokus elips”
b. Hukum II Kepler
“Suatu garis khayal yang menghubungkan Matahari dengan planet menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama”
c. Hukum III Kepler
“Perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planet”

9. Hukum Newton tentang gravitasi memiliki keterkaitan yang erat dan mampu menjelaskan hukum-hukum Kepler tentang gerak planet yang telah lahir lebih dulu.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan Fisika kelas 10 Bab 8 pembahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Fisika Kelas X. Selamat dan semangat belajar putra putri Indonesia semuanya dimanapun berada, kalian adalah generasi-generasi penerus pengisi perjuangan. Andil dan sumbangsih kalian kelak sangat diharapkan. Agar NKRI kuat dan tetap berjaya, rakyat adil makmur sentosa. Jangan jadikan uang atau biaya menjadi alasan untuk bilang tidak bisa belajar. Di sini gratis semuanya. Tinggal mau baca atau tidak. Silahkan baca-baca juga postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Soal dan rangkuman Fiska Kelas 10:
Rangkuman Fisika Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 8 Hukum Newton Tentang Gravitasi dan Hukum Kepler ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...
close