Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 10 Impuls dan Momentum Linier ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 10 Impuls dan Momentum Linier ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Fisika kelas 10 Bab 10 yang membahas Impuls dan Momentum Linier. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Membantu memudahkan Anda dalam belajar Fisika secara mandiri. Jika menemukan kesulitan, diskusikan dengan teman belajar atau guru fisika di kelasmu.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Fisika Kelas 10 Bab 10 Impuls dan Momentum Linier
Fisika kelas 10 Bab 10 Impuls dan Momentum Linier terdiri dari dua kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama: Impuls, Momentum dan Hukum Kekekalan Momentum
- Kedua: Jenis-jenis Tumbukan

Rangkuman Fisika Kelas X Bab 10 Impuls dan Momentum Linier

1. Momentum p dapat didefinisikan sebagai tingkat kesukaran untuk menghentikan gerak suatu benda. Semakin besar massa (m) dan kecepatan (v) suatu benda maka benda tersebut semakin sulit dihentikan, sehingga momentum dapat ditulis dengan persamaan p = m . v. Arah momentum suatu benda yang bergerak searah dengan kecepatan benda tersebut

2. Impuls (I) merupakan gaya kontak rata-rata yang bekerja pada suatu benda yang terjadi dalam selang waktu yang sangat singkat (Δt ~ 0), Impuls I secara matematis dapat ditulis I = F . Δt. Arah impuls yang dialami oleh uatu benda searah dengan gaya rata-rata F yang bekerja pada benda tersebut.

3. Impuls yang dikerjakan pada suatu benda sama dengan perubahan momentum yang dialami benda tersebut, yaitu beda antara momentum akhir dengan momentum awal (I = p2 – p1).

4. Hukum Kekekalan Momentum Linier menyatakan bahwa “dalam peristiwa tumbukan sentral, momentum total sistem sesaat sebelum tumbukan sama dengan momentum total sistem sesaat setelah tumbukan”. Hukum kekekalan momentum ini berlaku jika tidak ada gaya luar yang mempengaruhi sistem. 


5. Koefisien resitusi merupakan parameter yang terjadi pada peristiwa tumbukan suatu benda dengan benda lain yang nilainya diperoleh dari negatif perbandingan selisih kecepatan benda setelah tumbukan (Δv’) dengan selisih kecepatan benda sebelum tumbukan (Δv), sehingga koefisien restitusi dapat ditulis:

6. Jenis-jenis tumbukan suatu benda terbagi atas 3 jenis yaitu :
a. Tumbukan lenting sempurna
b. Tumbukan lenting sebagian
c. Tumbukan tidak lenting sama sekali

7. Tumbukan lenting sempurna memiliki syarat sebagai berikut :
a) Berlaku hukum kekekalan momentum
b) Tidak ada energi gerak yang hilang pada benda sebelum dan sesudah tumbukan (berlaku hukum kekekalan energi mekanik)
c) Memiliki koefisien restitusi sama dengan 1 (e = 1)

8. Tumbukan lenting sebagian memiliki syarat sebagai berikut :
a) Berlaku hukum kekekalan momentum
b) Tidakberlaku hukum kekekalan energi mekanik, karena pada peristiwa ini ada energi gerak yang hilang pada benda
c) Setelah tumbukan benda bergerak sendiri-sendiri (tidak menyatu)
d) Memiliki nilai koefisien restitusi (e) yaitu 0 < e < 1

9. Tumbukan tidak lenting sama sekali memiliki syarat sebagai berikut :
a) Berlaku hukum kekekalan momentum
b) Tidak berlaku hukum kekekalan energi mekanik, karena terdapat energi gerak yang hilang pada diri benda
c) Benda menyatu setelah tumbukan sehingga kecepatan setelah tumbukan sama dan bergerak kearah yang sama (v1’ = v2’ = v’).
d) Memiliki nilai koefisien restitusi sama dengan nol (e = 0)

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan Fisika kelas 10 Bab 10 pembahasan Impuls dan Momentum Linier. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Fisika Kelas X. Selamat dan semangat belajar putra putri Indonesia semuanya dimanapun berada, kalian adalah generasi-generasi penerus pengisi perjuangan. Andil dan sumbangsih kalian kelak sangat diharapkan. Agar NKRI kuat dan tetap berjaya, rakyat adil makmur sentosa. Jangan jadikan uang atau biaya menjadi alasan untuk bilang tidak bisa belajar. Di sini gratis semuanya. Tinggal mau baca atau tidak. Silahkan baca-baca juga postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Soal dan rangkuman Fiska Kelas 10:
Rangkuman Fisika Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 10 Impuls dan Momentum Linier ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...