Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 7 Hukum Newton pada Gerak Lurus ~ sekolahmuonline.com

Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 7 Hukum Newton pada Gerak Lurus ~ sekolahmuonline.com. Para pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Fisika kelas 10 Bab 7 yang membahas Hukum Newton pada Gerak Lurus. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. Membantu memudahkan Anda dalam belajar Fisika secara mandiri. Jika menemukan kesulitan, diskusikan dengan teman belajar atau guru fisika di kelasmu.
Rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Fisika Kelas 10 Bab 7 Hukum Newton pada Gerak Lurus
Fisika kelas 10 Bab 7 Hukum Newton pada Gerak Lurus terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran, yaitu:
- Pertama : Hukum-Hukum Newton tentang Gerak
- Kedua: Berbagai Jenis Gaya
- Ketiga: Penerapan Hukum-Hukum Newton tentang Gerak

Rangkuman Fisika Kelas X Bab 7 Hukum Newton pada Gerak Lurus

Rangkuman atau ringkasan di bawah ini disajikan per kegiatan pembelajaran. Masing-masing kegiatan pembelajaran sudah disebutkan di atas.

A. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 1: Hukum-Hukum Newton tentang Gerak

1. Gerak merupakan perubahan kedudukan suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan sendiri dapat berupa titik awal posisi benda, titik tempat pengamat atau suatu posisi lain yang dijadikan acuan. Oleh karena itu bergantung pada titik acuan, dan gerak bersifat relatif.

2. Hukum-hukum Newton tentang gerak benda (dalam hal ini benda yang bergerak lurus) terdiri atas :
a. Hukum I Newton ∑ 𝑭 = 0
“Jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada suatu benda, maka benda yang mula-mula diam akan terus diam, sedangkan benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap sepanjang garis lurus”

Pada Hukum I Newton berlaku untuk benda yang diam (v = 0) dan benda yang bergerak lurus beraturan GLB (v = konstan)

b. Hukum II Newton ∑ 𝑭 = m . a
“Percepatan (a) yang dihasilkan oleh resultan gaya (∑ 𝐹) yang bekerja pada suatu benda sebanding dan searah dengan resultan gaya tersebut, dan berbanding terbalik dengan massa benda (m)”
Pada Hukum II Newton berlaku untuk benda yang mengalami Gerak Lurus Berubah Beraturan GLBB (a = konstan)

c. Hukum III Newton ∑ 𝐅𝐚𝐤𝐬𝐢 = − ∑ 𝐅𝐫𝐞𝐚𝐤𝐬𝐢
“Setiap ada gaya aksi yang bekerja pada suatu benda, maka akan timbul gaya reaksi yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan.”

d. Sifat-sifat gaya aksi-reaksi adalah sama besar, terletak dalam satu garis kerja, berlawanan arah, dan bekerja pada dua benda yang berlainan.

B. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 2: Berbagai Jenis Gaya

1. Gaya berat merupakan gaya yang dimiliki setiap benda akibat pengaruh medan gravitasi yang arahnya selalu tegak lurus menuju pusat gravitasi.

2. Gaya normal merupakan gaya yang bekerja pada dua permukaan benda yang bersentuhan dan arahnya selalu tegak lurus terhadap bidang sentuh.

3. Gaya gesek merupakan gaya yang timbul akibat kekasaran dua permukaan benda yang saling bersentuhan. Komponen gaya gesek selalu sejajar dengan bidang sentuh dan arahnya selalu berlawanan dengan arah gerak benda. Oleh karena itu, gaya gesek bersifat menghambat gerak benda. Gaya gesek dibedakan menjadi 2, yaitu gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis.
• Gaya Gesekan Statis (fs), berlaku ketika benda dikenai gaya tetapi benda tersebut masih dalam keadaan diam sampai tepat akan bergerak arah nya selalu berlawanan dengan arah gerak benda


• Gaya Gesekan Kinetis (fk), berlaku ketika benda dikenai gaya dan benda tersebut dalam keadaan bergerak, arahnya selalu berlawanan dengan arah gerak benda


4. Gaya tegangan tali merupakan gaya yang bekerja pada tali yang menegang sebagai gaya aksi-reaksi.

C. Rangkuman Kegiatan Pembelajaran 3: Penerapan Hukum-Hukum Newton tentang Gerak

Dengan memahami esensi dari hukum-hukum Newton dan konsep berbagai jenis gaya yang bekerja pada benda pada lintsan lurus, maka banyak permasalahan/kasus tentang berbagai gerak benda yang dapat diselesaikan diantaranya:
1. Benda ketika berada di dalam elevator/ lift
2. Benda yang tertumpuk
3. Dua buah benda atau lebih yang terhubung dengan katrol yang licin
4. Permasalahan/kasus –kasus yang lebih kompleks lainnya

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan rangkuman atau ringkasan Fisika kelas 10 Bab 7 pembahasan Hukum Newton pada Gerak Lurus. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Fisika Kelas X.

Selamat dan semangat belajar putra putri Indonesia semuanya dimanapun berada. Pendidikan adalah hak semua anak bangsa Indonesia. Kalian adalah generasi-generasi penerus pengisi perjuangan. Andil dan sumbangsih kalian kelak sangat diharapkan. Agar NKRI kuat dan tetap berjaya, rakyat adil makmur sentosa. Jangan jadikan uang atau biaya menjadi alasan untuk bilang tidak bisa belajar. Di sini gratis semuanya. Tinggal mau baca atau tidak. Silahkan baca-baca juga postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Soal dan rangkuman Fiska Kelas 10:
Rangkuman Fisika Kelas 10:

Posting Komentar untuk "Rangkuman Fisika Kelas 10 Bab 7 Hukum Newton pada Gerak Lurus ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...