Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

70 Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs + Kunci Jawabannya [Part 2] ~ sekolahmuonline.com

70 Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs + Kunci Jawabannya [Part 2] ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan Bagian Kedua (Part 2) dari contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Semua soal berbentuk soal-soal pilihan ganda atau multiple choice.
Soal Pilihan Ganda PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs lengkap dengan Kunci Jawaban dan pembahasannya [Part 2]
Contoh soal berikut tentu sangat cocok dipakai untuk Bapak dan Ibu Guru yang sedang mencari soal-soal untuk persiapan pembuatan soal PAT/UKK IPS Kelas VIII. Sekaligus dicek juga kunci jawabannya ya.

Soal-soal PAT/UKK IPS di bawah ini tentunya juga sangat cocok dipelajari oleh para pembaca (orangtua/kakak-kakak) dan khususnya adik-adik kelas 8 untuk belajar secara mandiri.

Soal Pilihan Ganda UKK/PAT IPS Kelas 8 SMP/MTs [Part 2]

Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs ini sebagaimana disebutkan dalam Bagian yang Pertama (Part 1) terdiri dari 70 soal. Semuanya berbentuk pilihan ganda. Agar tidak terlalu panjang, kami bagi menjadi 3 bagian (3 Part) yang masing-masing terdiri dari 25 soal. Sehingga total ada 70 soal pilihan ganda. Nah, berikut ini Bagian yang Kedua (Part 2).

Bagi Anda yang terlewatkan membaca Bagian Pertama (Part 1), silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:
Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat!

1. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Bangsa Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah
2) Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk mencari kekayaan
3) Bangsa Barat tidak suka dengan imperialisme modern
4) Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk mencari kejayaan
5) Bangasa Barat mengalami perkembangan Revolusi Industri

Pernyataan di atas yang menjadi faktor pendorong datangnya bangsa Barat ke Indonesia ditunjukan pada nomor…
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 3), dan 5) 

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Beberapa faktor yang menyebabkan bangsa Barat datang ke Indonesia antara lain:
1) Jatuhnya Konstantinopel yang mengakibatkan harga rempah-rempah di Eropa mahal,
2) Revolusi Industri yang mendorong terciptanya beberapa penemuan yang memicu bangsa Barat melakukan berbagai petualangan. Penemuan tersebut antara lain kompas, mesin pemintal, dan mesin uap,
3) Motivasi 3G (gold, glory, dan gospel).

2. Imperialisme yang berkembang pada masa sebelum Revolusi Industri yang terkenal dengan semboyan Gold, Gospel, dan Glory berkembang pada masa…
a. modern imperialism
b. old imperialism
c. acient imperialism
d. new imperialism

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Acient imperialism disebut juga dengan imperialisme kuno yang berkembang pada masa sebelum Revolusi Industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyebaran Agama, dan Kejayaan). Modern imperialism disebut juga dengan imperialisme modern yang betujuan untuk memperoleh kemajuan ekonomi. Muncul sesudah Revolusi Industri dalam rangka mencari bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas.

3. Tokoh penjelajah samudra yang berprofesi sebagai saudagar dari Venesia, Italia bernama…
a. John Cabot
b. James Cook
c. Amerigo Vespucci
d. Marco polo

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Marco Polo adalah seorang pedagang dan penjelajah Italia yang pernah menyusuri jalan sutera. Ia pergi ke Tiongkok semasa berkuasanya Dinasti Mongol. Ia belajar tentang perdagangan selagi ayah dan pamannya, Niccolo dan Maffeo, melakukan perjalanan melalui Asia dan tampaknya bertemu Kubilai Khan. Pada 1269, mereka kembali ke Venesia dan bertemu Marco untuk pertama kalinya. Mereka bertiga memulai sebuah perjalanan epik ke Asia, dan kembali setelah 24 tahun, menemukan Venice berperang dengan Geno. Marco dipenjarakan, dan mengisahkan cerita kepada teman satu selnya. Ia dibebaskan tahun 1299, menjadi pedagang kaya, menikah dan punya tiga anak.

- John Cabot
Giovanni Caboto atau John Cabot (skt. 1450–skt. 1499) adalah navigator dan penjelajah Italia. Ia adalah orang Eropa pertama setelah bangsa Viking yang menemukan daratan Amerika Utara. Menurut pandangan resmi pemerintah Kanada dan Britania Raya, ia mendarat di pulau Newfoundland.

- James Cook
James Cook adalah seorang penjelajah dan navigator Inggris. Ia mengadakan tiga perjalanan ke Samudra Pasifik dan berhasil menentukan garis-garis pantai utamanya. Cook juga membuat peta. Cook adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Hawaii.

- Amerigo Vespucci
Amerigo Vespucci (9 Maret 1451 – 22 Februari 1512) adalah seorang pedagang, penjelajah, dan pembuat peta dari Italia. Ia memegang peranan penting dalam penjelajahan pantai timur Amerika Selatan antara tahun 1499 dan 1502. Dalam perjalanannya yang kedua, ia dikenal luas sebagai orang Eropa pertama yang menyadari bahwa Amerika Selatan memanjang ke selatan lebih jauh dari yang diperkirakan oleh orang Eropa saat itu, dan menyimpulkan bahwa wilayah itu bukanlah India, melainkan benua baru. Pada 1507, Martin Waldseemüller menerbitkan sebuah peta dunia dan memberi benua baru ini dengan nama "Amerika" berdasarkan nama Latin Amerigo Vespuci Americus sebagai penghormatan bagi pencetus benua baru, Amerika.

4. Ambisi bangsa Eropa datang ke kawasan Timur termasuk datang ke Indonesia berkaitan dengan adanya semangat bangsa-bangsa Barat untuk melanjutkan Perang Salib dan sekaligus menyebarkan agama Kristen. Hal ini merupakan faktor pendorong kedatangan bangsa Barat dari faktor…
a. glory
b. gold
c. gospel
d. good 

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Gospel adalah keinginan bangsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani khususnya agama Kristen ke bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Glory keinginan bangsa Barat untuk mencari kejayaan, dan Gold merupakan tujuan bangsa Barat ke Indonesia untuk mencari kekayaan.

5. Imperialisme modern muncul setelah terjadinya Revolusi Industri, karena bertujuan…
a. melakukan pembalasan terhadap negara dan bangsa lain
b. memperkuat pertahanan militer bagi bangsa Barat
c. menimbun kekayaan berupa logam mulia bagi bangsa Barat
d. mengembangkan perekonomian bangsa bangsa Barat

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Modern imperialism disebut juga dengan imperialisme modern yang bertujuan untuk memperoleh kemajuan ekonomi. Muncul sesudah Revolusi Industri dalam rangka mencari bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas.

6. Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia berkaitan dengan bangsa Barat yang gemar berpetualang dari tempat satu ke tempat lain sebagai wujud mencari kemuliaan, keharuman atau kejayaan. Hal ini merupakan faktor pendorong kedatangan bangsa Barat dari faktor…
a. glory
b. gold
c. gospel
d. good 

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Glory merupakan keinginan bangsa Barat untuk mencari kejayaan, dan Gold merupakan tujuan bangsa Barat ke Indonesia untuk mencari kekayaan. Sedangkan Gospel adalah keinginan bngsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Nasrani khususnya agama Kristen ke bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

7. Politik pintu terbuka yang diterapkan pemerintah Hindia Belanda mengandung arti…
a. warga negara asing bisa menanamkan modal dan mengembangkan industri di Indonesia
b. pemerintah Hindia Belanda bisa menerima setiap ide nasionalis dari penduduk asli Indonesia
c. warga pribumi berhak mendapatkan pendidikan dan informasi yang terbuka dari pemerintah Belanda
d. setiap warga negara asing bisa datang dan tinggal di Indonesia dalam jangka waktu yang lama

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Politik Pintu Terbuka memberikan hak kepada kaum pribumi untuk memiliki dan menyewakan tanah kepada pengusaha swasta. Saat itu Indonesia juga dibuka untuk kepentingan modal asing. Modal asing terutama ditambahkan dan dikembangkan dalam sektor pertanian, karet, teh, tembakau, kopi, dan pertambangan minyak bumi.

8. Pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin adalah bentuk dari…
a. Era Industri
b. Evolusi Industri
c. New Industri
d. Revolusi Industri 

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Revolusi Industri merupakan pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin. Hal ini mengakibatkan produksi lebih efisien, ongkos produksi dapat di tekan, serta barang dapat diproduksi dalam jumlah besar dan cepat.

9. Ekspedisi pertama Belanda ke Indonesia dipimpin oleh…
a. Jan Pieterszoon Coen
b. Jacob van Neck
c. Cornelis de Houtman
d. Pieter Both 

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Cornelis de Houtman adalah bangsa Belanda yang memimpin armadanya tiba di Pelabuhan Banten pada tahun 1596. Jan Pieterszoon Coen merupakan Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta). Pieter Both adalah Gubernur Jenderal VOC yang pertama. Jacob van Neck adalah seorang perwira angkatan laut berkebangsaan Belanda yang memimpin ekspedisi kedua Belanda ke Indonesia dari 1598 sampai 1599.

10. Perhatikan data berikut!
1) Perjalanan diawali dari kota Libason
2) Melakukan pelayaran pertama menyusuri pantai barat Afrika
3) Dipimpin oleh Bartholomeus Diaz

Data-data di atas, menunjukan pelayaran yang dilakukan bangsa…
a. Inggris
b. Portugis
c. Belanda
d. Spanyol 

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Perjalanan bangsa Portugis dalam mencari sumber rempah-rempah diawali dari kota Libason pada tahun 1486 yang dipimpin oleh Bartolomeus Diaz. Mereka melakukan pelayaran pertama menyusuri pantai barat Afrika bermaksud ke India namun gagal.

11. Persekutuan dagang milik Inggris bernama…
a. EIC (East Indian Company)
b. EIC (Eastern Indian Company)
c. EIC (Europen Indian Company)
d. EIC (Earned Indian Company)

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
EIC singkatan dari (East Indian Company) merupakan persekutuan dagang milik Inggris, didalamnya bergabung para pengusaha Inggris. Walaupun mereka datang ke Indonesia namun tidak terlalu banyak pengaruhnya seperti halnya Belanda.

12. Pernyataan yang benar dari kedatangan bangsa Belanda ke Indoneia yaitu…
a. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Maluku
b. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Banten
c. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Makassar
d. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Malaka

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Pada tahun 1595 seorang pelaut Belanda yang bernama Cornelis de Houtman memimpin ekspedisi ke Indonesia. Mereka mengarungi ujung selatan Afrika, selanjutnya ke timur melewati Samudra Hindia. Ahirnya pada tahun 1596 armadanya tiba di Pelabuhan Banten melalui Selat Sunda.

13. Gubernur Jenderal VOC yang pertama adalah…
a. Cornelis de Houtman
b. Pieterszoon Coen
c. Antonio de Abreu
d. Pieter Both

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Pieter Both adalah Gubernur Jenderal VOC yang pertama.
Antonio de Abreu adalah perwira kelautan berkebangsaan Portugal. Ia bersama Albuquerque dalam pendudukan Malaka tahun 1511 dan memimpin ekspedisi Eropa pertama menuju Timor dan Kepulauan Banda pada tahun 1512. Cornelis de Houtman adalah bangsa Belanda yang memimpin armadanya tiba di Pelabuhan Banten pada tahun 1596. Jan Pieterszoon Coen merupakan Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta).

14. Gubernur Jenderal yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta adalah…
a. Jan Pieterszoon Coen
b. Antonio va Diemon
c. Pieter Both
d. Fransisco Serao

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Jan Pieterszoon Coen merupakan Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta).
- Antonio van Diemen adalah Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-9. Ia memerintah antara tahun 1636 – 1645.
- Pieter Both adalah Gubernur Jenderal VOC yang pertama. Fransisco Serao adalah penjelajah Portugis dan sepupu Fernão de Magalhães. Perjalanannya pada tahun 1512 merupakan penjelajahan pertama bangsa Eropa melintasi Malaka melewati Nusantara. Ia diangkat sebagai penasihat pribadi Sultan Bayanullah dari Ternate. Ia tetap di Kesultanan Ternate hingga saat kematiannya yang bertepatan tahunnya dengan kematian Fernao de Magalhaes

15. Alasan pemindahan kantor VOC ke Jayakarta karena Jayakarta…
a. pusat rempah-rempah di Indonesia
b. pusat perdagangan di Indonesia
c. lebih strategis sebagai lalu lintas perdagangan
d. memperluas pengaruh ekonomi

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Pemindahan pusat dagang dipindahkan dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta) karena VOC memandang bahwa Jakarta lebih strategis sebagai lalu lintas perdagangan. Selain itu Belanda ingin menyingkirkan saingan mereka, yaitu Portugis di Malaka pada zaman Gubernur Jenderal VOC Jan Pieterszoon Coen.

16. Faktor-faktor yang mendorong didirikannya VOC adalah....
i. menyeragamkan komoditi dagang di Hindia Timur
ii. menghindari persaingan antarpedagang Belanda dan pedagang lain
iii. berusaha mengisi kekosongan kas Kerajaan Belanda
iv. mempererat hubungan antar pedagang Belanda

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Tujuan dibentuknya VOC antara lain untuk menghindari persaingan antarpedagang Belanda, memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa-bangsa Eropa ataupun bangsa-bangsa Asia, dan membantu pemerintah Belanda dalam berjuang menghadapi Spanyol yang masih berkuasa

17. Perhatikan kebijakan-kebijakan asing di Indonesia!
1) Melakukan pembangunan di berbagai bidang
2) Pembuatan pangkalan armada di Ujung Kulon
3) Pembuatan pabrik senjata di Semarang dan Surabaya
4) Pembangunan jalan raya Pos atau jalan dari Anyer-Panarukan
5) Melakukan pembangunan di berbagai bidang

Dari data diatas, manakah yang merupakan kebijakan dari Daendels di Indonesia….
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 3), dan 5)

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Kebijakan Daendels selain di bidang ekonomi, hukum, dan pemerintahan adalah pembuatan pabrik senjata di Semarang dan Surabaya, pembuatan pangkalan armada di Ujung Kulon, pembangunan jalan raya AnyerPanarukan, pembuatan benteng pertahanan di Jatinegara, pembangunan jalan kereta api Semarang-Jogjakarta, Batavia-Bogor, Surabaya-Malang, dan mendirikan pabrik senjata di Gresik dan Surabaya. 

18. Latarbelakang dilaksanakan landrent system oleh Rafless selama kekuasaanya di Indonesia adalah ….
a. tanah yang digunakan oleh rakyat bukan milik rakyat, sehingga rakyat wajib membantu pengembangan wilayah perdagangan Inggris
b. tanah yang digunakan rakyat bukan milik rakyat, sehingga rakyat wajib memberikan keuntungan yang besar untuk Inggris
c. tanah yang digunakan oleh rakyat bukan milik rakyat tetapi milik Raja Inggris, sehingga rakyat wajib memberikan sesuatu kepada Raja Inggris
d. tanah yang digunakan rakyat bukan milik rakyat, sehingga rakyat wajib menyiapan dana cadangan untuk pemerintah Inggris

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Teori Domein yang melatarbelakangi Raffles mengeluarkan kebijakan sistem sewa tanah, dimana dia berpendapat bahwa tanah yang dimiliki petani pada dasarnya adalah tanah para raja. Kerena kekuasaan para raja telah berpindah ke pemerintah Inggris, maka otomatis tanah tersebut menjadi milik raja Inggris. Sehingga tanah yang digunakan oleh rakyat bukan milik rakyat tetapi milik Raja Inggris, sehingga rakyat wajib memberikan sesuatu kepada Raja Inggris

19. Dibawah ini yang bukan merupakan tujuan pemerintah kolonial Belanda melaksanakan sistem tanam paksa adalah....
a. meningkatkan produksi barang ekspor
b. mengatasi kesulitan keuangan Kerajaan Belanda
c. membiayai perang yang dilakukan oleh Belanda
d. mengenalkan tanaman ekspor di Indonesia

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Belanda sedang mengalami kesulian keuangan yang besar karena menghadapi perang Eropa atau perang melawan negara Belgia dan juga perang melawan Pangeran Diponegoro. Sehingga untuk mengisi kembali pundi-pundi keuangan yang terkuras itu Belanda berusaha meningkatkannya melalui komoditas ekspor dari tanaman pertanian yang di paksa ditanam oleh para petani pribumi. 

20. Kebijakan pemerintah Portugis yang memicu perlawanan rakyat di berbagai daerah dipicu oleh…
a. ekspansi wilayah demi kelancaran pemerintahan
b. praktik diskriminasi terhadap penduduk pribumi
c. praktik monopoli perdagangan rempah-rempah
d. campur tangan terhadap masalah internal kerajaan

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Kebijakan memonopoli perdagangan rempah-rempah yang dilakukan Portugis ini sangat merugikan petani terutama adanya sistem monopoli perdagangan. Kondisi ini mengakibatkan rakyat menjadi miskin dan menderita dan memunculkan rasa persatuan untuk melawan Portugis di berbagai daerah. Sedangkan campur tangan terhadap masalah internal kerajaan itu merupakan tindakan Belanda yang suka mengadu domba rakyat Indonsia.

21. Terjadinya perlawanan rakyat Ternate yang dipimpin oleh Sultan Baabullah melawan Portugis menyebabkan Portugis harus meninggalkan Ternate. Latar belakang dari perlawanan tersebut adalah …
a. terbunuhnya Sultan Hairun secara licik oleh Portugis saat membicarakan masalah perdagangan di Ternate
b. rakyat Ternate mendapatkan dukungan dari Spanyol untuk mengusir Portugis
c. Portugis berusaha mengambil alih aktifitas perdagangan di seluruh wilayah Maluku
d. rakyat Ternate merasa sangat terhina oleh Portugis ketika dilarang berdagang di Maluku dan sekitarnya

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Terbunuhnya Sultan Hairun secara licik oleh Portugis saat membicarakan masalah perdagangan di Ternate yang selanjutnya perjuangan melawan Portugis dilanjutkan oleh Sultan Baabullah putra dari Sultan Hairun dan berakhir dengan kemenangan dapat mengusir Portugis dari Maluku.

22. Pahlawan yang terkenal dengan sebutan “Ayam Jantan dari Timur" adalah….
a. Sultan Baabullah
b. Sultan Hairun
c. Sultan Agung
d. Sultan Hasanuddin

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Sultan Baabullah adalah raja Ternate yang sangat gagah mengusir Portugis dari Kerajaan Ternate, dia merupakan putra dari Sultan Hairun. Sultan Agung merupakan raja di Kerajaan Mataram yang melakukan dua kali penyerangan terhadap VOC Belanda di Batavia.

23. Berikut yang bukan merupakan faktor gagalnya perlawanan Mataram yang kedua terhadap VOC di Batavia yaitu….
a. adanya pengkhianat di dalam pasukan Mataram
b. pasukan Belanda membakar cadangan makanan pasukan Mataram
c. kendornya semangat pasukan Mataram
d. persenjataan yang lengkap dalam pasukan Belanda

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Tahun 1629 pasukan Mataram diberangkatkan menuju Batavia. VOC mengirim kapal-kapal perang untuk menghancurkan lumbung-lumbung yang dipersiapkan pasukan Mataram berkat adanya penghianat yang menunjukan letak lumbung-lumbung padi tentara Mataram. Dengan mengandalkan persenjataan yang lebih baik dan lengkap, akhirnya dapat menghentikan serangan-serangan pasukan Mataram.

24. Rakyat Ambon tidak mau terus menerus menderita dibawah keserakahan dan kekejaman Belanda, sehingga melakukan perlawanan untuk menentang kebijakan Belanda dibawah pimpinan,…
a. Marta Kristina Tiahahu
b. Thomas Matulesi
c. Paulus Tiahahu
d. Philip Latumahina

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Thomas Matulesi atau dikenal dengan nama Pattimura memimpin perlawanan rakyat Ambon dengan dibantu pahlawan wanita yang gagah perkasa Chistina Martha Tiahau putri dari sahabatnya yang bernama Paulus Tiahahu.

25. Pahlawan wanita yang sangat gigih melawan Belanda di Ambon bernama….
a. Chistina Martha Tiahahu
b. Cut Nyak Dien
c. Cut Nyak Meutia
d. Dewi Sartika

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Chistina Martha Tiahau merupakan pahlawan wanita yang gagah perkasa berjuang melawan Belanda di Saparua Ambon membantu Pattimura.

Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs lengkap dengan kunci jawabannya Bagian yang Kedua (Part 2). Semoga bermanfaat. Soal dan jawaban Sekolahmuonline himpun dari soal-soal pilihan postingan Sekolahmuonline tiap Bab dari soal-soal IPS Kelas VIII. Selamat dan semangat belajar. Silahkan baca-baca juga postingan Sekolahmuonline yang lainnya.

Lengkap soal UKK/PAT dan kunci jawaban serta pembahasannya silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul:

Posting Komentar untuk "70 Soal PAT/UKK IPS Kelas 8 SMP/MTs + Kunci Jawabannya [Part 2] ~ sekolahmuonline.com"

Memuat...